Pengertian Identifikasi Dampak Lingkungan

Advertisement
Pengertian identifikasi dampak lingkungan - Dalam studi AMDAL terdapat yang namanya identifikasi dampak lingkungan. Seperti apakah yang dimaksud dengan identifikasi dampak lingkungan itu? Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan proses identifikasi dampak lingkungan. Mungkin diantara kamu ada yang pernah mempelajarinya namun lupa atau mungkin malah belum pernah mempelajarinya sama sekali. Untuk itulah pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang apa itu identifikasi dampak lingkungan. Selain itu di sini kami juga menjelasakan tentang metoda identifikasi dampak lingkungan.
Pengertian Identifikasi Dampak Lingkungan

Pengertian Identifikasi Dampak Lingkungan

Identifikasi dampak lingkungan adalah pengenalan terhadap penyebab dampak dan komponen yang diduga terkena dampak. Identifikasi dampak yang merupakan awal dari proses analisis dampak mempunyai kedudukan yang sangat menentukan. Baik buruknya atau tajam tidaknya kajian dampak lingkungan bergantung pada identifikasi dampak. Oleh karena itu, pada tahap ini perlu adanya banyak diskusi dari para ahli/ pakar.

Dalam pelaksanaan studi AMDAL, identifikasi dampak umumnya difokuskan pada kegiatan suatu usaha atau proyek yang diperkirakan akan menjadi sumber dampak serta komponen-komponen/ parameter-parameter lingkungan yang diperkirakan akan mengalami perubahan mendasar akibat rencana kegiatan/ usaha/ proyek. Dalam proses identifikasi dampak, penyusun studi AMDAL harus dapat menetapkan apa yang menjadi penyebab dampak atau sumber perubahan lingkungan serta sekaligus menetapkan dengan cermat bagaimana proses yang akan terjadi pada komponen-komponen lingkungan yang akan mengalami dampak. Dari hasil identifikasi ini kemudian dicari upaya penanganan dampak lingkungan baik berupa upaya pencegahan, penanggulangan, maupun pengendalian. Upaya-upaya ini diarahkan agar dapat mengurangi dampak-dampak yang bersifat negatif serta mengembalikan dampak-dampak yang bersifat positif.

Metoda Identifikasi Dampak Lingkungan

Metoda identifikasi dampak lingkungan merupakan sebuah proses awal dari kegiatan analisis dampak rencana kegiatan terhadap komponen lingkungan. Langkah awal dalam melakukan identifikasi dapat dimulai dnegna cara menyimak masalah utama yang diduga akan muncul dari hasil proses perlingkupan.

Proses identifikasi dampak bisa dilakukan dengan dengan 3 tahapan kegiatan sebagai berikut ini:
  • Membuat uraian mengenai rona lingkungan hidup awal.
  • Menentukan komponen-komponen kegiatan yang dapat menimbulkan dampak.
  • Menentukan komponen lingkungan yang berubah akibat dari rencana kegiatan.

Metoda identifikasi dampak yang sederhana dan mudah digunakan yaitu metoda check-list, yang berisi daftar atau informasi menganai:
  • Rincian tahapan serta jenis rencana kegiatan yang menimbulkan dampak.
  • Rincian komponen mmaupun sub komponen atau parameter lingkungan yang diprediksi akan terkena dampak.

Dengan metode check-list proses identifikasi ini hasilya bisa dituangkan dalam matrik interaksi antara komponen rencana kegiatan dengan komponen lingkungan. Selaing dengan menggunakan check-list dan matrik interaksi juga bisa menggunakan diagram alir dampak untuk memperhatikan alur dampak, dengan begitu maka akan terlihat gradasi orde dampak primer, sekunder, tersier dan setrusnya yang mempunyai manfaat dalam penentuan prioritas pengelolaan serta pemantauan dampak.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang apa pengertian identifikasi dampak lingkungan, semoga penjelasan yang kami tulis dalam blog temukan pengertian di atas dapat memberikan manfaat.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru