Pengertian Prakiraan Dampak

Advertisement
Pengertian Prakiraan Dampak – Tahukah kamu apa itu pengertian prakiraan dampak AMDAL? Seperti apa itu prakiraan dampak? Teman-teman tentunya ada yang sudah tahu seperti apa yang dimaksud dengan prakiraan dampak itu, namun tentunya ada juga yang belum tahu seperti apa yang dimaksud prakiraan dampak. Oleh karena itulah pada kesempatan kali ini kami akan membahasnya. Di sini selain membahas tentang apa yang dimaksud dengan proses prakiraan dampak juga kami jelaskan tentang prinsip dasar prakiraan dampak dan juga metode prakiraan dampak AMDAL. Berikut ini adalah penjelasannya silahkan dibaca dan dipahami dengan baik.
Pengertian Prakiraan Dampak

Pengertian Prakiraan Dampak

Prakiraan dampak adalah sebuah proses untuk memperkirakan atau menduga perubahan atau respen sebuah parameter lingkungan terentu akibat dari adanya kegiatan tertentu, pada perspektif ruang serta waktu tertentu. Pada hakekatnya prakiraan munculnya suatu dampak merupakan jawaban dari pertanyaan tentang besar perubahan yang ditimbulkan pada setiap komponen lingkungan akibat dari adanya aktivitas pembangunan. Jadi yang menjadi sasaran menduga atau memprakirakan  dampak yaitu mencari besar dampak terhadap setiap komponen lingkungan. Hal tersebut diperhitungkan pada komponen-komponen fisik biotik serta sosial ekonomi budaya serta kesehatan masyarakat. Biasanya dampak terhadap lingkungan berpengaruh pada kesejahteraan dan kesehatan manusia.

Atau Prakiraan dampak yaitu melakukan pengkajian tingkat kedalaman terjadinya perubahan lingkungan dari segi kualitas yang dikarenakan pembangunan sebuah proyek, baik proyek pra-konstruksi, proyek konstruksi, ataupun proyek pasca-konstruksi. Tindakan yang harus dilakukan dalam prakiraan dampak yaitu menyusun berbagai dampak besar yang akan timbul dan menuliskan semua aktivitas pembangunan yang akan menimbulkan dampak. Kriteria dampak penting dan besar, yaitu memberikan dampak langsung terhadap komponen fisik, sosial, maupun kimia, setelah itu memunculkan rangkaian dampak lanjutan terhadap komponen sosial dan biologi.

Dalam studi AMDAL, tahap prakiraan dampak merupakan langkah yang dipandang paling sulit, karena metode atau teknik prakiraan dampak ini sangat bergantung pada kemajuan tiap ilmu yang digunakan dan penguasaan dari tiap anggota tim dalam bidangnya masing-masing. Oleh karena itu, prakiraan dampak sering disebut fase krisis dan merupakan ciri khas yang membedakan dokumen AMDAL dari dokumen hasil penelitian lainnya. Masalah lainnya, prakiraan dampak suatu aspek tertentu diperhitungkan dan dibahas lebih dari sekedar teoretis, tetapi juga kemungkinan realitanya.

Prakiraan munculnya suatu dampak pada hakikatnya merupakan jawaban dari pertanyaan mengenai besar perubahan yang timbul pada komponen lingkungan sebagai akibat dari aktivitas pembangunan. Pendugaan dampak dilakukan terhadap setiap komponen atau parameter lingkungan. Misalnya, air limbah buangan pabrik akan mengurangi kualitas air dan menimbulkan dampak pada perairan dan akan berdampak pula terhadap kondisi ekonomi masyarakat nelayan.

Prinsip Dasar Prakiraan Dampak

Terdapat 3 prinsip dasar prakiraan dampak lingkungan, diantaranya yaitu sebagai berikut ini:
  • Merujuk kepada batasan mengenai dampak lingkungan yang digunakan dalam AMDAL, maka prakiraan dampak lingkungan harus dilakukan melalui pendekatan “dengan dan tanpa proyek”.
  • Keterkaitan dokumen KA (Kerangka Acuan).
  • Keterkaitan antar komponen lingkungan yang terkena dampak.

Metode Prakiraan Dampak AMDAL

Ada 2 macam metode prakiraan dampak amdal yaitu metode formal dan metode informal.

Metode formal terdiri dari:
  • Model prakiraan cepat.
  • Model matematik.
  • Model Fisik.
  • Model eksperimental.

Metode informal dilakukan dengan instuisi, pengalaman serta analogi proses pelaksanaan prakiraan dampak. Metode informal terdiri dari:
  • Teknik/ Cara sederhana = dikenalkan berbagi teknik seperti analogi, ad hock, intuitive dan delphi.
  • Teknik/ cara pemodelan = dikenalkan berbagai teknik model statistik hubungan regresi, statik garis dan korelasional, model matematis.
  • Teknik/ cara pertimbangan keahlian profesi (profesional judgment) = merupakan kombinasi dari cara di atas yang dilakukan oleh pakar dalam bidang tertentu terhadap sebuah komponen lingkungan tertentu.

Itulah yang dapat kami jelaskan tentang pengertian Prakiraan dampak. Semoga penjelasan di atas yang kami tulis dalam blog temukan pengertian ini dapat memberikan manfaat.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru