Pengertian Identifikasi dampak

Pengertian Identifikasi dampakIdentifikasi dampak adalah/ Identifikasi dampak yaitu/ Identifikasi dampak merupakan/ yang dimaksud Identifikasi dampak/ arti Identifikasi dampak/ definisi Identifikasi dampak.
Pengertian Identifikasi dampak

Identifikasi dampak adalah pengenalan terhadap penyebab dampak dan komponen yang diduga terkena dampak. Identifikasi dampak yang merupakan awal dari proses analisis dampak mempunyai kedudukan yang sangat menentukan. Baik buruknya atau tajam tidaknya kajian dampak lingkungan bergantung pada identifikasi dampak. Oleh karena itu, pada tahap ini perlu adanya banyak diskusi dari para ahli/ pakar.
Dalam pelaksanaan studi AMDAL, identifikasi dampak umumnya difokuskan pada kegiatan suatu usaha atau proyek yang diperkirakan akan menjadi sumber dampak serta komponen-komponen/ parameter-parameter lingkungan yang diperkirakan akan mengalami perubahan mendasar akibat rencana kegiatan/ usaha/ proyek. Dalam proses identifikasi dampak, penyusun studi AMDAL harus dapat menetapkan apa yang menjadi penyebab dampak atau sumber perubahan lingkungan serta sekaligus menetapkan dengan cermat bagaimana proses yang akan terjadi pada komponen-komponen lingkungan yang akan mengalami dampak. Dari hasil identifikasi ini kemudian dicari upaya penanganan dampak lingkungan baik berupa upaya pencegahan, penanggulangan, maupun pengendalian. Upaya-upaya ini diarahkan agar dapat mengurangi dampak-dampak yang bersifat negatif serta mengembalikan dampak-dampak yang bersifat positif.
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang apa yang dimaksud Identifikasi dampak, semoga dapat memberikan manfaat.

Artikel Terkait