Pengertian Studi AMDAL

Advertisement
Pengertian studi AMDAL – Berbicara tentang AMDAL terdapat yang namanya studi AMDAL. Tahukah kamu arti studi AMDAL? Seperti apa itu studi AMDAL? Jika kamu belum tahu tentang apa yang dimaksud studi AMDAL, maka dalam kesempatan kali ini kami akan menuliskan tentang tentang studi AMDAL agar nantinya kamu bisa menjelaskan seperti apakah yang dimaksud dengan studi AMDAL itu. Nah dalam pembahasan ini selain kami jelaskan tentang pengertian studi AMDAL juga akan kami sampaikan mengenai tujuan dan kegunaan studi AMDAL beserta ruang lingkup studi AMDAL. Seperti apakah penjelasannya, ikuti penjelasannya berikut ini sampai selesai.
Pengertian Studi AMDAL

Pengertian studi AMDAL

Studi AMDAL adalah studi kelayakan suatu rencana kegiatan dari sudut pandang lingkungan, yang dituangkan dalam suatu dokumen AMDAL yang bersifat scientific and manageable sehingga dapat digunakan sebagai instrumen perencanaan dan manajemen lingkungan. Hal-hal yang secara substansial harus tercakup dalam studi AMDAL sebagai berikut.
  • Mendeskripsikan permasalahan lingkungan hidup yang timbul.
  • Menjelaskan kondisi yang melandasi timbulnya dampak.
  • Menyusun teori, rumusan, dan tata hubungan antarkondisi atau antarperistiwa.
  • Menyusun prediksi, estimasi, atau proyeksi mengenai peristiwa yang akan terjadi atau gejala yang akan muncul.
  • Menyusun rekomendasi dalam bentuk rencana kegiatan pencegahan, pengelolaan, pengendalian, dan pemantauan dampak lingkungan.

Tujuan dan Kegunaan studi AMDAL

Tujuan studi amdal adalah sebagai berikut ini:
  • Menyyusun RKL (Rencana Pengelolaan Lingkungan) dan RPL (Rencana Pemantauan Lingkungan untuk melakukan pengelolaan lingkungan.
  • Mengevaluasi dan memperkirakan dampak penting seta timbal balik antara lingkungan dengan kegiatan proyek.
  • Mengidentifikasi rona awal terkait dengan area kegiatan proyek baik di tapak proyek ataupun disekitar lokasi proyek.
  • Mengidentifikasi kegiatan proyek pada beberapa tahap yaitu: pra konstruksi, konstruksi, operasi dan pasca operasi. Terutama pada aspek yang diprediksi akan menimbulkan dampak yang penting terhadap lingkungan hidup.

Kegunaan studi AMDAL yaitu sebagai berikut ini
  • Untuk memberikan informasi kepada masyarakat serta pihak terkait tentang rencana kegiatan.
  • Dijadikan sebagai bahan arahan bagi pemrakarsa dalam melakukan pengelolaan serta pemantauan lingkungan.
  • Untuk memberikan masukan dalam penyusunan desain rinci proyek berhubungan dengan peralatan, pengelolaan serta pelindungan lingkungan.
  • Untuk membantu proses pengambilan keputusan mengenai kelayakan rencana sebuah proyek.

Ruang Lingkup Studi AMDAL

Ruang lingkup studi AMDAL yang harus dilaksanakan yaitu meliputi:
Pekerjaan persiapan, pengumpulan data, deskripsi tentang kegiatan, informasi mengenai renccana kegiatan kepada masyarakat, pengumpulan data sekunder, kajian tentang kualitas udara dan tingkat kebisingan, kajian tentang kualias air, kajian tentang biologi (flora & fauna), kajian tentang sosial, ekonomi serta budaya, kajian tentang kesehatan masyarakat, penyusunan KA ANDAL (Kerangka Acuan Analisis Dampak Lingkungan), penyusunan ANDAL (Analisis Dampak Lingkungan), penyusunan RKL (Rencana Pengelolaan Lingkungan), penyusunan RPL (Rencana Pemantauan Lingkungan, penyusunan Ringkasan Eksekutif AMDAL yang sudah disetujui oleh instansi berwenang.

Pendekatan studi AMDAL

Pendekatan studi amdal adalah sebagai berikut ini:
  • Pendekatan AMDAL kegiatan tunggal yaitu pendeaktan yang diperuntukkan untuk satu jenis usaha di bawah satu instansi yang membidangi dalam usaha tersebut.
  • Pendekatan AMDAL kegiatan multisektor atau terpadu yaitu pendekatan yang diperuntukkan untuk jenis usaha yang mempunyai sistem terpadu atau yang melibatkan lebih dari satu instansi yang membidangi dalam usaha tersebut.
  • Pendekatan AMDAL kegiatan dalam kawasan yaitu pendekatan yang diperuntukkan untuk jenis usaha yang lokasinya berada di dalam satu kawasan zona pembangunan wilayah pada satu hamparan ekosistem.
  • Pendekatan AMDAL kegiatan regional yaitu pendekatan yang diperuntukkan untuk jenis usaha yang saling terkait serta merupakan kewenangan lebih dari satu instansi, wilayah administratif serta hamparan ekosistem.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan tentang Pengertian Studi AMDAL. Mudah-mudahan penjelasan dalam blog temukan pengertian di atas bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru