Pengertian Pengawasan Produksi

Advertisement
Pengertian pengawasan produksi - Dalam sebuah produksi ada yang namanya perencanaan produksi, pengendalian produksi dan pengawasan produksi. Untuk perencanaan dan pengendalian produksi sudah kami bahas dalam artikel sebelumnya. Sedangkan pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai apa yang dimaksud dengan pengawasan produksi. Tahukah kamu seperti apa pengertian sistem pengawasan produksi? Nah bagi kamu yang belum tahu bisa menyimak penjelasan yang kami tuliskan ini agar nantinya kamu bisa tahu definisi pengawasan produksi. Selain itu di sini juga kami jelaskan tentang fungsi kegiatan pengawasan produksi dan jenis jenis pengawasan produksi.
Pengertian Pengawasan Produksi

Pengertian Pengawasan Produksi

Pengawasan produksi adalah kegiatan yang dilakukan untuk menjamin terlaksananya kegiatan sesuai dengan yang direncanakan, yaitu memproduksi dengan cara yang terbaik dan biaya serendah-rendahnya, serta tepat waktu. Atau pengertian pengawasan produksi yaitu sebuah kegiatan untuk mengordinir aktivitas-aktivitas pengelolaan atau pengerjaan supaya waktu penyelesaian yang sudah ditentukan terlebih dahulu bisa dicapai secara efiktif dan efisien.

Fungsi Kegiatan Pengawasan Produksi

Berikut ini adalah beberapa fungsi pengawasan dalam kegiatan produksi:
  • Routing merupakan fungsi yang menentukan serta mengatur urutan-urutan kegiatan operasi ayang akan dimulai, dilalui dari mulai bahan sampai barang itu selesai dikerjakan menjadi sebuah barang jadi. Routing merupakan dasar dari fungsi scheduling dan dispatching.
  • Scheduling merupakan sebuah usaha untuk menentukan urutan-urutan operasi yang akan dilewati, sehingga bisa dilakukan pengalokasian bahan baku, bahan pembantu dan fasilitas yang lain serta kapan pekerjaan-pekerjaan tersebut harus dapat selesai.
  • Dispatching adalah pemberian perintah-perintah kepada para pekerja yang sudah ditentukan untuk mengerjakan aktivitas tertentu. Perintah-perintah tersebut berasal dari order set yang sebelumnya sudah disusun.
  • Follow-up adalah fungsi penelitian serta pengecekan terhadap seluruh aspek yang mempengaruhi kelancaran dari kegiatan produksi.

Jenis Jenis Pengawasan Produksi

Terdapat beberapa macam-macam pengawasan produksi. Berikut ini adalah jenis-jenis pengawasan produksi:
  • Order Control (pengawasan pengerjaan pesanan) yaitu pengawasan produksi yang dilakukan terhadap produk yang dikerjakan, shingga produk tersebut bisa sesuai dengan keinginan pemesan baik dari jenis, bentuk serta kualitasnya.
  • Load Control merupakan pengawasan terhadap pengaturan pembebanan mesin-mesin yang dipakai untuk mengerjakan produk-produk dari berbagai variasi dan ukuran (contohnya penerbitan, percetakan dan lain-lain).
  • Block Control, ialah pengawasan ini mengelompokkan order-order berdasarkan ukuran, model dan style tertentu yang selanjutnya menggabungkannya menjadi secar block. Sebuah block yaitu sejumlah produk yang bisa diproduksii pabrik dalam periode tertentu misalkan sehari (kegiatan produksi pakaian jadi).
  • Flow Control (pengawasan arus) yaitu pengawasan produksi yang dilakukan terhadap arus pekerjaan sehingga bisa menjamin kelancaran proses pengerjaan.

Demikian yang bisa kami jelaskan tentang pengertian pengawasan produksi. Semoga yang kami tulis di blog temukan pengertian ini dapat memberikan manfaat kepada anda.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru