Pengertian Pengendalian Produksi

Advertisement
Pengertian pengendalian produksi – Dalam sebuah produksi ada yang namanya perencanaan dan pengendalian produksi. Untuk penjelasan tentang perencanaan produksi sudah kami bahas dalam artikel sebelumnya. Sedangkan untuk pen jelaskan apa yang dimaksud pengendalian produksi akan kami bahas dalam artikel ini. Tahukah kamu apa itu pengendalian produksi? Nah bagi kamu yang belum tahu apa yang dimaksud dengan pengendalian produksi simak saja penjelasannya di sini agar kamu tahu arti pengendalian produksi. Di sini selain menjelaskan tentang definisi pengendalian produksi, juga kami jelaskan tentang tahap dalam pengendalian produksi dan fungsi pengendalian produksi.
Pengertian Pengendalian Produksi

Pengertian Pengendalian Produksi

Pengendalian produksi adalah rangkaian prosedur yang diarahkan pada semua elemen dalam proses produksi, antara lain pengendalian bahan, harga beli bahan baku, proses produksi, standar kualitas produksi, tenaga kerja dan sebagainya sehingga memberikan hasil dengan ongkos terendah dalam waktu tercepat.

Pengendalian produksi yang dilakukan oleh perusahaan satu dengan yang lain tidaklah sama tergantung dari sistem kebijakan perusahaan yang digunakan. Pengendalian produksi bisa dilakukan melalui:
  • Order Control yaitu perusahaan yang beroperasi berdasarkan pesanan dari konsumen sehingga kegiatan operasionalnya tergantung dari pesanan tersebut.
  • Follow Control yaitu perusahaan yang beropeerasi untuk menghasilkan sebuah produk standar sehingga sebagian produk merupakan produk yang dijadikan sebagai persediaan dalam jumlah yang besar.
Tujuan kedua pengendalaian tersebut adalah sama, bagaimana jangka waktu arus material apakah sudah sesuai dengan apa yang direncanakan, demikian pula dengan bagaimana transportasi dari pabrik proses produksi ke gudang dan dari gudang ke tempat penyimpanan.

Tahap Dalam Pengendalian Produksi

Jelaskan tahapan dalam pengendalian produksi? Inilah 4 tahap dalam pengendalian produksi:
  • Perencanaan adalah tahap di mana para pengusaha melakukan perundingan dengan baik tentang produk yang akan dihasilkan: produk apa yang akan dibuat, untuk siapa produk tersebut, dalam jumlah berapa produk tersebut akan dikeluarkan.
  • Routing adalah sebuah tahapan untuk menentukan alat dan bahan apa saja yang nantinya akan dipergunakan untuk melakukan proses produksi.
  • Scheduling adalah sebuah tahapan untuk menentukan kapan akan dimulainya proses produksi.
  • Dispatching adalah sebuah tahapan di mana ada surat perintah bagi para anggota untuk melakukan kegiatan apapun nanti dalam produksi.

Fungsi Pengendalian Produksi

Fungsi pengendalian produksi pada sebuah perusahaan adalah sebagai berikut ini:
  • Perencanaan produksi.
  • Penentuan urutan kerja.
  • Penentuan waktu kerja.
  • Pemberian perintah kerja.
  • Tindak lanjut dalam pelaksanaan proses produksi.

Itulah penjelasan singkat dari saya, sekarang sudah tahu kan pengertian pengendalian produksi itu seperti apa. Semoga apa yang kami tulis dalam blog temukan pengertian ini bermanfaat.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru