Pengertian Laporan Perubahan Modal

Advertisement
Pengertian laporan perubahan modal – Dalam sebuah usaha perlu sebuah modal, dan dalam permodalan itu sendiri terdapat sebuah laporan yaitu laporan perubahan modal. Bisakah kamu menjelaskan apa itu laporan perubahan modal? Nah bagi kamu tentunya sudah ada yang tahu seperti apakah yang dimaksud laporan perubahan modal itu, namun tak sedikit juga yang masih belum tahu seperti apakah yang dimaksud dengan laporan perubahan modal. Maka dari itulah pada kesempatan ini kami akan menguraikan tentang apa yang dimaksud dengan laporan perubahan modal. Di sini selain membahas tentang definisi laporan perubahan modal atau arti dari laporan perubahan modal juga kami bahas tentang tujuan laporan perubahan modal, unsur-unsur laporan perubahan modal, hal hal yang terdapat dalam laporan perubahan modal.
Pengertian Laporan Perubahan Modal

Pengertian Laporan Perubahan Modal

Laporan perubahan modal merupakan ikhtisar yang menyajikan modal perusahaan beserta perubahannya dalam suatu periode tertentu. Dalam laporan perubahan modal terdapat unsur-unsur: jumlah modal awal, penambahan modal (investasi) jika ada, sisa laba atau rugi, dan pengambilan untuk kepentingan pribadi (prive).

Atau pengertian dari laporan perubahan modal adalah laporan keuangan yang di dalamnya menyajikan informasi tentang perubahan modal pada sebuah perusahaan akibat dari kegiatan-kegiatan pokok operasi perusahaan dalam suatu periode akuntansi terentu. Laporan perubahan model bisa juga diartikan sebagai sebuah ikhtisar mengenai perubahan jumlah modal yang terjadi dalam periode tertentu. Laporan perubahan modal suatu perusahaan erat hubungannya dengan laporan laba atau rugi karena laba bersih yang didapat perusahaan akan dapat menambah akun modal. Atau sebaliknya, apabila suatu perusahaan mengalami kerugian bersih secara otomatis akan mengurangi akun modal. Sehingga laporan perubahan modal bisa disusun sesudah adanya laporan laba rugi.

Tujuan Laporan Perubahan Modal

Tujuan penyusunan laporan perubahan modal adalah sebagai berikut ini:
  • Sebagai media untuk menyajikan pengungkapan perubahan modal kerja.
  • Untuk dapat mengikhtisarkan aktiva pembayaran, investasi dan dana yang dihasilkan selama satu periode akuntansi.

Unsur-unsur Laporan Perubahan Modal

Dalam menyusun laporan perubahan modal sebenarnya mudah dilakukan oleh seorang akuntan jika memahami unsur-unsur dalam laporan. Unsur unsur laporan perubahan modal adalah sebagai berikut ini:
  • Laba tidak di bagi per awal tahun (awal periode)
  • Laba neto periode akuntansi.
  • Laba tidak dibagi per akhir periode.
  • Dividen yang diumumkan.

Hal hal yang Terdapat Dalam Laporan Perubahan Modal

Hal hal yang terdapat dalam laporan perubahan modal adalah sebagai berikut ini:
  • Laba/ rugi bersih periode yang berkaitan.
  • Setiap pos pendapatan serta beban, keuntungan dan kerugian beserta jumlahnya yang berdasarkan PSAK terkeit diakui dengan langsung dalam PSAK.
  • Pengaruh kumulatif dari suatu perubahan kebijakan akuntansi serta perbaikan perubahan terhadap suatu kesalahan mendasar sebagaimana yang telah diatur dalam Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan terkait.
  • Transaksi modal dengan pemilik serta distribusi kepada pemilik.
  • Saldo akumulasi laba dan rugi di awal ekuitas periode serta perubahannya dan rekonsiliasi antara nilai yang tercatat di tiap-tiap jenis modal saham, agio serta cadangan di awal maupun di akhir periode yang menjelaskan secara terpisah setiap perubahan.

Contoh Laporan Perubahan Modal

Di bawah ini adalah beberapa contoh laporan perubahan modal. Dari contoh di bawah ini kita dapat lihat akun-akun apa saja yang termasuk di dalam laporan tersebut.
Pengertian Laporan Perubahan Modal

Pengertian Laporan Perubahan Modal

Pengertian Laporan Perubahan Modal

Pengertian Laporan Perubahan Modal

Demikian informasi yang dapat kami bagikan tentang apa pengertian laporan perubahan modal. Semoga penjelasan yang kami tulis dalam blog temukan pengertian dapat memberikan manfaat bagi anda.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru