--> Skip to main content
Menu

Pengertian Alat Musik Ritmis dan Contohnya

Pengertian alat musik ritmis dan contohnya - Alat musik ritmis merupakan salah satu jenis alat musik yang dipakai dalam permainan musik. Apabila dilihat dari bentuk dan cara bermainnya, alat musik ritmis ini berbeda dengan alat musik lainnya. Alat musik ritmis ini diketahui dikelompokan menjadi 2 macam kelompok besar yaitu alat musik ritmis tradisional dan alat musik ritmis modern. Tentunya, tiap-tiap kelompok besar ini mempunyai jenis alat musik sendiri. Supaya bisa tercipta komposisi musik yang pas, dibutuhkan keterampilan dan teknik yang baik dalam memainkannya. Dengan begitu maka bisa digunakan untuk membentuk irama, untuk mengiringi tarian dan lagu.

Pengertian alat musik ritmis dan contohnya

Pada pembahasan kali ini kami akan menyampaikan uraian tentang seputar alat musik ritmis. Pembahasan yang kami sampaikan ini meliputi pengertian alat musik ritmis, contoh alat musik ritmis, gambar alat musik ritmis, dan cara memainkan alt musik ritmis. Di bagian contoh nanti, teknik penyajian dilakukan dengan mengelompokan alat musik ritmis sesuai kelompoknya yaitu apakah termasuk jenis tradisional atau jenis modern. Untuk penjelasan lebih lanjut silahkan simak pembahasannya berikut ini.

Pengertian Alat Musik Ritmis

Tahukah kamu apa itu alat musik ritmis? Alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak memiliki nada, namun untuk mengeluarkan suara irama hanya mempunyai perbedaan tinggi bunyi. Fungsi alat musik ritmis ini sebagai pembentuk irama dan pengiring sehingga karya musik yang dimainkan bisa stabil. Untuk mengenali alat musik ritmis bisa dikenali dari cara memainkannya, yaitu dengan cara dipukul, ada juga yang dikocok. Yang diutamakan dalam memainkan alat musik ritmis yaitu keteraturan ketukan atau ketepatan irama mengikuti ritme subuah lagu. Terciptanya musik dari gabungan bunyi-bunyi alat musik ritmis bisa disebut dengan musik ritmis. Suatu benda yang bisa mengeluarkan bunyi juga bisa dipakai untuk musik ritmis.

Contoh Alat Musik Ritmis

Alat musik ritmis dikelompokan menjadi 2 jenis yaitu jenis alat musik ritmis tradisional dan jenis alat musik ritmis modern. Tiap-tiap jenis alat musik ritmis mempunyai alat musik sendiri-sendiri. Di bawah ini adalah beberapa contoh alat musik ritmis yang perlu kamu ketahui:

A. Contoh Alat Musik Ritmis Tradisional

Ada begitu banyak alat musik ritmis tradisional di dunia ini, baik itu yang berasal dari luar maupun dalam negeri sendiri. Di bawah ini kami akan menampilkan beberapa di antaranya:

1. Tifa

Pengertian alat musik ritmis dan contohnya

Alat musik tifa adalah alat musik ritmis tradisional yang asalnya dari daerah Papua. Bahan dasar pembuatan alat musik pukul ini berasal dari bahan dasar kayu yang isinya dikosongkan dan pada salah satu ujungnya ditutup menggunakan kulit hewan. Di bagian samping tifa dipasangi pegangan supaya dapat ditenteng. Untuk memainkan tifa caranya yitu dengan cara menentengnya sambil memukul alat musik tersebut dalam tarian.

2. Gendang

Pengertian alat musik ritmis dan contohnya

Alat musik gendang atau kendang atau kendhang adalah alat musik ritmis dalam kelompok tradisional yang asalnya dari Jawa. Kepopuleran alat musi ini yaitu sejak abad ke-9 M pada Massa berkuasanya Majapahit. Bahan dasar alt musik ini yaitu dari kulit hewan sebagai membrannya dan kayu. Dalam permainan gamelan gendang banyak digunakan. Cara memainkan gendang yaitu dengan meletakkannya di atas dudukan khusus, kemudian kedua tangan memukul secara bergantian pada membran kecil dan besar.

3. Bongo

Pengertian alat musik ritmis dan contohnya

Alat musik Bongo merupakan alat musik ritmis tradisional yang berasal dari kuba tetapi ada juga yang menyebut kalau alat musik ini berasal dari Afrika. Alat musik ini berkembang sejak abad ke-19. Alat musik Bongo ini terdiri atas sepasang gendang (besar dan kecil) yang pada bagian bawah tidak tertutup. Cara memainkan alat musik ini yaitu dengan meletakkan di antara kaki. Gendang besar dikempit menggunakan betis, sedangkan gendang kecil disandarkan pada satu paha.

B. Contoh Alat Musik Ritmis Modern

Sebelum kami berikan contoh alat musik ritmis modern. Perlu kamu ketahui kenapa bisa disebut alat musik ritmis modern? Disebut demikian karena bahan dasar yang digunakan untuk membuat alat musik ritmis dan kepopulerannya datangnya belakangan yaitu di era modern. Berikut ini adalah contoh-contoh alat musik ritmis modern.

1. Drum

Pengertian alat musik ritmis dan contohnya

Salah satu alat musik ritmis modern yang merupakan pengembangan dari alat musik pukul tradisional adalah Drum. Tampilan alat musik ini modern karena bahan yang digunakan untuk membuat alat musik ini bukan kulit dan juga bukan kayu tetapi menggunakan bahan dasar plastik. Biasanya drum modern ini tampil satu set yang terdiri dari banyak drum dengan dimensi yang beragam ada yang kecil dan ada yang besar. Saat ini musik-musik modern (pop dan rock) banyak memakai alat musik yang satu ini. Untuk memainkan alat musik ritmis drum ini dengan cara memukul membran dengan menggunakan stick yang berbahan dari kayu.

2. Triangle

Pengertian alat musik ritmis dan contohnya

Alat musik Triangle adalah jenis alat musik ritmis modern yang bentuknya segitiga. Bahan untuk membuat alat musik ini adalah logam, baik dari logam baja maupun dari logam yang lainnya. Alat musik ini juga diberi gantungan dari nilon atau kawat untuk pegangan. Kinerja alat musik Triangle menghasilkan bunyi dari getaran semua badan instrumen (idiofoni). Untuk memainkan Triangle caranya yaitu dengan memukul pada bagian sisi dalam ataupun luar triangle dengan begitu maka akan bisa menghasilkan bunyi.

Itulah sedikit penjelasan yang dapat kami berikan tentang Pengertian alat musik ritmis dan contohnya, semoga bisa bermanfaat.