Skip to main content

Pengertian Gaya: Apa yang dimaksud Gaya?

Pengertian Gaya: Apa yang dimaksud Gaya? - Gaya merupakan salah satu fenomena yang sering kita temui pada kehiduan kita. Tahukah kamu apa itu gaya? Inilah pertanyaan yang akan kami bahas dalam kesempatan ini. Materi tentang pengertian gaya yang kami uraikan ini sering dipelajari pada pelajaran ilmu fisika. Pada uraian ini tidak hanya membahas pengertian gaya saja, tetapi juga akan kami bahas siapa penemu gaya, alat ukur gaya, lambang dan juga satuan gaya. Berikut ini penjelasan selengkapnya tentang Apa itu Gaya.
Pengertian Gaya: Apa yang dimaksud Gaya?

Menu Pembahasan

Pengertian Gaya

Pengertian gaya adalah dorongan atau tarikan yang bisa mempengaruhi keadaan sebuah benda. Penentuan besar kecilnya sebuah gaya ditentukan kuat lemahnya dorongan/ tarikan. Untuk melakukan suatu gaya dibutuhkan sebuah tenaga. Semakin besar tenaga yang digunakan maka semakin besar gaya tersebut. Jadi, ada gaya yang lemah dan ada gaya yang kuat. Dalam kehidupan sehari-hari sering kita jumpai gaya. Contohnya: adik kecil yang mendorong mobil-mobilan, kuda yang menarik delman. Mendorong dan menarik itulah yang bisa disebut dengan gaya. Ada juga pengertian lain dari gaya, gaya adalah penyebab terjadinya percepatan dan perlambatan. Pertamakalinya gaya ditemukan oleh seorang yang bernama Sir Isaac Newton. Sir Isaac Newton merupakan seorang ilmuan Fisika berasal Inggris yang berjasa dalam merumuskan pengetahuan mengenai gaya yang sampai sekarang masih dipakai.
Pengertian Gaya: Apa yang dimaksud Gaya?
Sir Isaac Newton

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Alat Pengukur Gaya

Alat pengukur gaya adalah dinamometer atau disebut neraca pegas. Kegunaan dan bentuk dinamometer ini berbeda-beda. Dinamometer ada yang dipakai untuk mengukur kekuatan tarikan dan ada juga yang dipakai untuk mengukur kekuatan genggaman. Gaya merupakan besaran vektor hal ini dikarenakan gaya memiliki besar dan arah.

Lambang gaya adalah Force (F). Lambang yang umum dipakai gaya adalah F. Tetapi ada beberapa jenis gaya dan tidak semuanya memiliki lambang F. Satuan internasional gaya adalah Newton (N) atau kg.m/s2.
Pengertian Gaya: Apa yang dimaksud Gaya?
Neraca Pegas atau dinamometer
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Demikian uraian yang dapat kami bagikan tentang Pengertian Gaya: Apa yang dimaksud Gaya?. Semoga uraian diatas dalam blog temukan pengertian ini bisa menambah wawasan kita.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar