Skip to main content

Pengertian Besaran Pokok dan Besaran Turunan

Pengertian Besaran Pokok dan Besaran Turunan - Dalam kehidupan kita, mengukur adalah sebuah kegiatan yang sederhana namun begitu penting. Pengertian mengukur yaitu membandingkan sebuah besaran dengan besaran lain sejenis yang digunakan sebagai satuan standar. Melakukan pengukuran dilakukan dengan alat-alat ukur dapat menghasilkan data yang sifatnya kuantitatif, contohnya pengukuran panjang menggunakan mistar dan pengukuran massa menggunakan neraca. Untuk menyatakan hasil pengukuran tersebut, bagaimanakah caranya? Perhatikan uraian berikut ini untuk lebih memahami tentang pengukuran.

Pengertian Besaran Pokok dan Besaran Turunan

Pengertian Besaran Pokok

Pada prinsipnya besaran yang biasa dipakai dalam fisika terdapat 7 besaran yang disebut dengan besaran pokok. Pertama kalinya besaran pokok dicetuskan pada waktu konferensi ilmuwan di Paris di tahun 1960,  Besaran pokok adalah sebuah besaran yang satuannya telah ditetapkan atau ditentukan terlebih dahulu. Besaran pokok merupakan besaran yang tanpa adanya turunan dari besaran-besaran yang lain sehingga disebut sebagai besaran yang berdiri sendiri.

Yang termasuk besaran pokok adalah besaran panjang, massa, suhu, kuat arus lisstrik, waktu, jumlah zat dan intensitas cahaya. Dalam penentuan besaran pokok, juga ditetapkan satuannya yang disebut dengan satuan dasar atau satuan pokok. Tujuan dari penetapan tersebut supaya bisa diterima oleh semua orang dan tidak mengakibatkan kesulitan.

Pengertian Besaran Pokok dan Besaran Turunan
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Pengertian Besaran Turunan

Besaran turunan adalah sebuah besaran yang bisa diturunkan atau penjabaran dari besaran pokok. Besaran turunan dalam penjabaran bisa diturunkan dari satu ataupun lebih besaran pokok.

Yang termasuk dalam besaran turunan antaralain adalah luas, volume, kecepatan, masa jenis, gaya, energi dan usaha, daya, tekanan, frekuensi, muatan listrik, potensial listrik, hambatan listrik, kapasitansi, medan magnetik, fluks magnetik, dan induktansi. Untuk satuan, simbul satuannya bisa kalian lihat dalam gambar berikut ini.

Pengertian Besaran Pokok dan Besaran Turunan
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Demikian artikel yang dapat kami bagikan tentang Pengertian Besaran Pokok dan Besaran Turunan.Semoga penjelasan dalam blog temukan pengertian ini dapat memberikan manfaat buat kalian.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar