Skip to main content

Memilih Jasa Pembuatan Website, Ini Tipsnya!

Memilih Jasa Pembuatan Website, Ini Tipsnya!
Kita tahu bahwa sekarang ini website sudah menjadi sebuah kebutuhan wajib bagi hampir semua orang. Entah itu yang menjalankan usaha, atau untuk website personal. Kebanyakan dari mereka menggunakan website untuk mencari uang, atau membangun kredibilitas di mata klien. Ada beberapa yang, karena tidak memiliki budget cukup, memilih membuat website template yang ada di WordPress. Tapi ada beberapa juga yang memilih jasa pembuatan website untuk membuat website mereka.Nah, bicara soal jasa pembuatan website, jasa tersebut sekarang bisa dibilang memiliki market yang sangat baik. Setiap perusahaan yang sedang ingin membuat sebuah website, dan ingin websitenya tampil sesuai yang mereka butuhkan, pasti menyewa seorang atau sebuah perusahaan pembuat website. Tapi kalau bicara soal pembuat website ini, bagaimana sih cara memilih mereka? Apa saja yang perlu diperhatikan ketika memilih jasa pembuatan website? Berikut tipsnya!

Memilih Jasa Pembuatan Website Dengan Analisa Website Si Pembuat

Memilih Jasa Pembuatan Website, Ini Tipsnya!
Tips pertama ketika kamu ingin menjatuhkan pilihan pada salah satu web developer adalah dengan menganalisa website si penyedia layanan tersebut. Kenapa harus menganalisa website mereka? Jawabannya sederhana. Mereka kan pembuat website, kalau website mereka sendiri bagus, baik secara desain atau struktur, maka sudah pasti hasil buatan mereka bagus juga.

Ini adalah salah satu tips paling mudah untuk tahu mana yang akan kamu pilih. Ketika website si penyedia jasa pembuatan website yang kamu kunjungi itu tidak bagus secara desain, atau terlalu lama loadingnya, atau menemui masalah sejenis, maka kamu bisa menimbang lagi. Apakah iya, kamu akan mengambil jasa mereka, atau tidak?Sementara kalau websitenya terlihat bagus, secara desain oke, simple, tapi langsung mengena, efektif, dan tidak lemot, maka bisa jadi produk mereka juga bagus. Dengan ada bukti nyata semacam itu, maka kamu akan lebih mudah menjatuhkan pilihan kan? Tips yang pertama ini adalah tips wajib. Jadi pastikan kamu memperhatikan dulu website si penyedia jasanya ya!

Pelajari Company Profile-nya

Tips kedua untuk tahu mana penyedia jasa pembuatan website terbaik adalah dengan mempelajari Company Profile mereka. Para penyedia jasa pembuatan website ini pastinya memiliki sebuah tim dan juga company profile. Dimana mereka membuat itu untuk menggaet klien agar mau membuat website di tempat mereka. Biasanya company profile itu berisi siapa saja orangnya, sudah pernah menggarap apa saja, dan lain sebagainya.Nah, company profile ini wajib kalian lihat dengan seksama agar kalian tahu track record dari si penyedia website. Karena setelah kalian tahu track record mereka, katakanlah kalian tahu siapa saja yang pernah jadi klien mereka, kalian bisa mengunjungi website klien itu. Dari sana kalian bisa membuktikan sendiri, benar atau tidak. Bukan cuma benar atau tidak, tapi desainnya bagus atau tidak? Bukan hanya tata letak dan warna atau yang lain, tapi juga kecepatan mengakses, kemudahan mengakses, apakah lemot atau tidak websitenya, dan lain sebagainya.Lalu kalau kalian menemui perusahaan yang tidak memiliki Company Profile? Apa yang harus kalian lakukan? Kami menyarankan untuk tidak memilih perusahaan tersebut. Karena itu terlalu beresiko. Jadi lebih baik pastikan dulu, kalau perlu minta dulu company profile mereka. Atau setidaknya mintalah portofolio mereka dulu. Jangan sampai salah pilih lho ya!
Memilih Jasa Pembuatan Website, Ini Tipsnya!

Memilih Jasa Pembuatan Website Dengan Memperhatikan Testimoni

Tips selanjutnya adalah dengan melihat testimoni dari orang-orang yang pernah menggunakan jasa si pembuat website. Dari testimoni itu kalian bisa mengetahui apakah pelayanan mereka benar-benar bagus atau tidak? Kalian bisa mengecek testimoni di website resmi si penyedia jasa. Tapi hati-hati!Testimoni dalam website resmi itu sangat bisa dimanipulasi. Jadi pastikan kamu juga mengecek testimoni secara daring lewat Google. Kalian tinggal mengetik saja keyword “testimoni pembuat website A”. Bisa dipastikan nanti akan muncul testimoni yang lebih jujur. Nah, dari testimoni tersebut, kalian bisa mempertimbangkan, kira-kira si pembuat website ini benar-benar bagus atau tidak sih? Kalau banyak yang puas, berarti dijamin bagus, seperti IDwebhost. Kalau tidak banyak yang puas, atau malah banyak yang komplain, maka kalian perlu berhati-hati.Melihat testimoni ini juga tidak hanya untuk memastikan pelayanan bagus. Kalian bisa menilai tingkat profesionalitas si penyedia jasa pembuatan website ini. Apakah mereka cukup kooperatif, atau mereka tidak bisa diajak kerja sama denganmu yang ingin membuat website terbaik untuk usahamu? Nah, kamu bisa menilai dari testimoni tersebut.

Memilih Jasa Pembuatan Website Dengan Melihat Fitur

Ketika kamu ingin mendapatkan sebuah website yang benar-benar memiliki kualitas, maka kamu harus mempelajari fitur yang mereka miliki. Fitur-fitur itu nantinya akan membantumu untuk membuat websitemu lebih baik. Tapi alangkah baiknya, pastikan dulu fitur apa yang kamu butuhkan. Ketika kamu tahu fitur apa yang kamu butuhkan, maka kamu bisa melihat fitur yang penyedia jasa itu miliki dan lebih mengerti.Ketika kamu lebih mengerti fitur apa yang kamu butuhkan, dan mereka memiliki banyak fitur, kalian tidak akan mudah terpesona. Karena kalian tahu apa kebutuhan kalian, dan bisa melihat berdasarkan kebutuhan kalian, bukan atas dasar banyak sedikitnya fitur yang mereka miliki. Jadi pastikan kalian tahu fitur yang kalian butuhkan. Kemudian cek fitur yang mereka punya. Sesuai, maka kamu bisa memilih mereka sebagai pembuat websitemu.

Garansi dan Konsultasi

Tips kelima untuk memilih pembuat website terbaik adalah dengan melihat apakah kalian mendapatkan garansi atau tidak. Bukan hanya garansi, tapi juga waktu untuk konsultasi. 2 hal itu sangatlah penting untuk perkembangan websitemu. Pertama soal garansi, ini wajib. Bayangkan, kalau tidak ada garansi, dan tiba-tiba websitemu down, atau bermasalah. Maka kamu tidak bisa menuntut apapun pada si penyedia jasa itu. Tapi kalau mereka memberikan garansi, kamu bisa lebih tenang.Perhatikan juga berapa lama durasi garansi yang mereka berikan. Dengan tahu berapa lama durasi garansi tersebut, kamu bisa memperkirakan apa yang akan kamu lakukan dalam masa garansi itu. Bukan hanya untuk mengetes, tapi sekaligus mempelajari struktur dari website tersebut. Selanjutnya adalah konsultasi. Ini penting. Obrolan soal bagaimana baiknya sebuah website itu juga penting.Ketika mereka menyediakan layanan konsultasi semacam itu, maka kalian bisa lebih tahu harus ngapain untuk website kalian. Apakah kalian akan membuat sebuah website yang asal megah, sementara yang kalian kejar trafik. Dan trafik membutuhkan website yang sederhana tapi cepat. Sementara keinginan kalian akan membuat website kalian lelet.

Nah, hal semacam itu perlu dikonsultasikan. Bagaimana pun, terkadang penyedia jasa ini lebih tahu dari kamu. Tapi pada beberapa momen mereka tidak lebih tahu dari kamu.  
Memilih Jasa Pembuatan Website, Ini Tipsnya!

Pastikan Mendapat Maintenance

Perawatan atau maintenance ini sangatlah penting. Maintenance ini penting untuk kamu yang baru memulai website dan tidak tahu bagaimana cara memelihara websitemu. Memelihara disini mulai dari update plugin, memperbaiki bug yang ada di website, dan lain sebagainya.Masalah pasti akan muncul ketika websitemu sudah berjalan. Nah, masalah itu coba untuk diselesaikan dengan maintenance. Kalau kamu sudah mengerti cara merawat website, maka bagus. Tidak perlu bergantung pada penyedia jasa itu. Tapi kalau tidak tahu caranya, pastikan penyedia jasa itu punya layanan maintenance.Beberapa penyedia jasa juga memberikan maintenance yang tidak terbatas, ada juga yang terbatas. Perhatikan itu juga. Kalau tidak terbatas, maka waktu yang tidak terbatas itu bisa kalian pakai untuk belajar agar kalau sudah lewat waktunya bisa memelihara websitemu sendiri.

Pilih yang Reputasinya Baik

Tips terakhir adalah memilih web developer yang memiliki reputasi baik. Reputasi baik ini bisa kalian lihat di testimoni, banyaknya portofolio, dan poin-poin yang sudah kami sebutkan di atas tadi. Ketika kamu menjatuhkan pilihan pada yang memiliki reputasi baik, maka bisa dipastikan websitemu juga akan baik-baik saja.Itu tadi penjelasan soal cara memilih web developer. Jadi, jangan sampai salah pilih ya!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar