--> Skip to main content

Pengertian Angkat Beban Tujuan Manfaat & Cara Melakukan

Angkat beban bisa dilakukan oleh siapa saja baik itu pria maupun wanita, selain itu juga memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan. Nah seperti apa itu olahraga angkat beban? Bagi kamu yang belum tahu, pada pembahasan ini kami akan mengulas tentang pengertian angkat beban. Pada pembahasan ini tidak hanya mengulas tentang pengertian tentang angkat beban saja tetapi juga membahas tentang tujuan, manfaat dan cara melakukan angkat beban. Oke langsung saja simak pembahasannya berikut ini.

angkat beban

Pengertian Angkat Beban

Angkat beban adalah salah satu bentuk latihan paling umum dari latihan kekuatan untuk membangun kekuatan fisik dan menambah ukuran otot. Latihan angkat beban ini memanfaatkan kekuatan gaya gravitasi (berbentuk tongkat pengangkat beban yang di kanan kirinya dibebani dengan cakram beban terbuat dari logam) untuk menimbulkan daya tekanan. Latihan angkat beban dengan menggunakan berbagai jenis alat latihan beban akan menyasar pada sekelompok otot yang spesifik berdasarkan dari gerakan yang dilakukan.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Tujuan Angkat Beban

Tujuan dari latihan angkat beban adalah untuk:

  • Melatih keseimbangan otot lengan, perut dan kaki
  • Meningkatkan kekuatan pada tubuh teruama otot lengan
  • Meningkatkan daya tahan beban pada tubuh
  • Untuk mengukur kekuatan dan keseimbangan dalam mengangkat sebuah beban.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Manfaat Angkat Beban

Populernya latihan angkat beban ini bermanfaat untuk membentuk otot lengan dan memberikan kesan macho bagi seorang pria. Akan tetapi ada beberapa manfaat angkat beban untuk kesehatan yang baik untuk pria maupun wanita, diantaranya yaitu untuk:

  • Menguatkan otot
  • Menambah ketahanan atau kebugaran tubuh
  • Mencegah berkurangnya massa otot
  • Meningkatkan keseimbangan
  • Mengurangi lemak
  • Mencegah osteoporosis
  • Mempermudah gerakan tubuh
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Mengurangi risiko diabetes
  • Mengembangkan otak
  • Mencegah terjadinya cedera
  • Meningkatkan kepercayaan diri.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Cara Melakukan Angkat Beban

Bagi anda yang masih pemula anda tidak perlu bingung tentang bagaimana cara mengangkat beban. Karena di sini akan kami bagikan tips-tips tentang cara melakukan angkat beban yang benar bagi pemula.

1. Mencari tempat gym yang sesuai

Sebelum melakukan latihan angkat beban, hal terpenting yang perlu kamu lakukan adalah mencari tempat gym yang cocok dengan kamu. Cari tahu apakah gym yang kamu pilih mempunyai fasilitas yang lengkap, program yang sesuai dengan diri kamu dan pastikan juga pelatih di tempat gym tersebut professional.

2. Pengetahuan dasar tentang alat

Untuk selanjutnya, kamu harus tahu alat-alat apa saja yang dipakai dalam latihan angkat beban. Adapun macam-macam alat yang sering digunakan dalam olahraga angkat beban yaitu barbell, kettlebell dan dumbbell.

3. Seblum mulai lakukan pemanasan

Pemanasan merupakan hal yang sangat penting untuk mencegah terjadinya cedera dan membantu dalam mengeluarkan kekuatan ketika sedang melakukan angkat beban.

4. Angkat menggunakan otot

Pada saat kamu mengangkat beban, kamu tidak perlu melakukan dengan cepat. Yang terpenting adalah pastikan bahwa otot-otot kamu yang mengangkat beban tersebut dan bukan sendi. Pelu diketahui juga jangan mengayunkan lengan untuk dapat mengangkat beban.

5. Jangan menahan napas

Terkadang dalam mengangkat beban, bisa saja kamu menahan napas. Padahal kamu akan membutuhkan banyak oksigen ketika sedang mengangkat beban. Untuk itu jangan lupa tarik napas dan menghembuskan napas ketika sedang melakukan angkat beban.

6. Naikkan berat beban dengan perlahan

Saat pertama kalinya melakukan olahraga ini, kamu jangan mengangkat beban yang sangat besar. Gunakanlah beban yang kamu rasa mampu mengangkatnya secara perlahan. Kemudian tingkatkan beban ketika kamu sudah terbiasa dengan beban yang sebelumnya pernah kamu angakat. Bagi pemula, sebaiknya latihan ini dilakukan setidaknya 2 setengah jam setiap minggunya dengan repetisi dalam satu setnya sebanyak 8-12 repetisi. Sama halnya seperti berat beban, kamu juga dapat menambah jumlah repetisinya scara perlahan hingga 15 repetisi.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Itulah penjelasan singakt yang dapat kami tuliskan tentang pengertian angkat beban, tujuan, manfaat dan cara melakukan angkat beban. Semoga tulisan dalam blog temukan pengertian di atas dapat bermanfaat bagi kamu yang ingin mencoba olahraga angkat beban.

Buka Komentar
Tutup Komentar