--> Skip to main content

Pengertian dari Yoga, Tujuan, Manfaat Dan Jenis-Jenis Yoga

Pada saat merasa lelah dengan rutinitas harian yang membuat stress, pastinya anda merasa butuh dengan olah tubuh rutin yang tidak hanya menyehatkan tetapi juga dapat membuat tubuh menjadi rileks. Melakukan yoga bisa menjadi salah satu jawaban dari masalah tersebut. Lalu apa itu yoga? Seperti apa yang dimaksud dengan yoga? Dalam pembahasan kali ini kami akan mengulas tentang apa pengertian dari yoga. Selain membahas tentang pengertian atau definisi yoga, di sini juga kami bahas tentang tujuan, manfaat dan jenis-jenis yoga. Berikut ini adalah pembahasannya.

pengertian dari yoga

Pengertian dari Yoga

Secara etimologi kata yoga berasal dari kata yuj yang artinya union (penyatuan diri). Yoga mempunyai 3 arti yang berbeda yaitu Yujiyate (penyerapan), Yunakti (Menghubungkan) dan Yojyanti (pengendalian). Tetapi makna kunci yang sering digunakan adalah dhyana (meditasi) dan Yukti (penyatuan).

Pengertian dari yoga adalah ilmu tentang keterkaitan antara fisik, mental dan juga spiritual manusia untuk dapat mencapai sistem kesehatan yang menyeluruh (Holistik). Dapat pula dikatakan bahwa pengertian yoga secara umum adalah aktivitas olah tubuh dan pikiran yang berfokus pada kekuatan, fleksibilitas dan pernapasan untuk meningkatkan kualitas fisik dan mental.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Tujuan Yoga

Tujuan yoga bagi manusia adalah untuk perluasan kesadaran manusia sampai sebegitu jauh sehingga bisa disamakan dengan kesadaran alam semesta. Tentunya hal itu harus dilakukan dengan realisasi prinsip spiritual dalam tubuh yang meliputi prinsip fisik dan mental dan sebetulnya merupakan kepribadian diri kita sendiri yang benar dan abadi.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Manfaat Yoga

Tidak hanya sekedar olah tubuh saja, karena terdapat beragam manfaat yoga dalam kehidupan sehari-hari yang bisa kita dapatkan. Berikut ini adalah manfaat dari yoga:

  • Sebagai sarana relaksasi
  • Meningkatkan kebugaran tubuh
  • Membangun fleksibilitas dan kekuatan tubuh
  • Untuk meningkatkan keseimbangan
  • Memperbaiki postur tubuh dan meningkatkan masa otot
  • Menurunkan berat badan
  • Membantu mengatasi masalah kesehatan
  • Mengurangi risiko akibat penyakit kronis.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Jenis-jenis Yoga

Terdapat macam macam jenis yoga yang berkembang di masyarakat. Adapun jenis-jenis yoga adalah sebagai berikut ini:

Iyengar Yoga

Iyengar yoga adalah jenis yoga yang lebih berfokus pada penyusunan gerakan yang sempurna melalui teknik kesejajaran (alignment) pada presisi yang tinggi untuk memperoleh manfaat secara maksimal bagi kesehatan.

Ananda Yoga

Ananda yoga merupakan jenis yoga yang berfokus pada postur lembut yang dirangkai untuk memindahkan energi ke otak dan mempersiapkan tubuh untuk bermeditasi. Jenis yoga ini berfokus pada keselarasan tubuh yang tepat dan pengendalian pernapasan.

Bikram Yoga

Bikram yoga adalah jenis latihan yoga yang dilakukan di dalam ruangan yang dipanaskan sekitar 36 sampai 42 derajat celcius. Tujuannya adalah untuk menstimulasi tubuh agar mengeluarkan toksin-toksin lewat keringat dan membantu dalam meregangkan tubuh lebih jauh. Setiap latihan terdiri atas 2 teknik pranayamna dan 24 jenis asana.

Kundalini Yoga

Kundalini yoga adalah jenis yoga yang menggabungkan gerakan yang repetisi, latihan, nyanyian pujian-pujian dan meditasi untuk membangkitkan energi spiritual yang konon berbaring di dasar tubuh manusia (lantai panggul manusia).

Jivamukti Yoga

Jivamukti yoga adalah jenis yoga yang mengungkapkan aspek spiritual dan etika praktek dalam yoga. Jenis yoga ini merupakan bentuk asana yang kuat dengan penekanan pada studi agama, nyanyian sansekerta, vegetarian, non-kekerasan, meditasi dan pengabdian kepada Sang Pencipta.

Ashtanga Yoga

Ashtanga yoga adalah adalah jenis yoga yang menekankan kekuatan fisik karena melibatkan sinkronisasi pernapasan dengan seri progresif. Jenis yoga ini dapat membantu dalam memperbaiki sirkulasi, stamina, fleksibilitas, pikiran yang tenang dan cahaya kebatinan yang kuat.

Kripalu Yoga

Kripalu yoga merupakan jenis yoga yang tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran. Yoga jenis ini lebih menekankan kesadaran napas, pergerakan dan kelurusan.

Sivananda Yoga

Sivananda yoga adalah jenis yoga yang mencakup gerakan fisik dan bakti yoga (mengutamakan pembaktian). Setiap latihan yoga jenis ini meliputi latihan pranayamna, asana dan relaksasi.

Meditation Yoga

Meditation yoga merupakan jenis yoga yang dilakukan dengan cara relaksasi mengkosongkan pikiran dari semua hal yang menarik, mencemaskan, maupun membebani dalam kehidupan sehari-hari.

Acroyoga

Acroyoga adalah jenis yoga yang setiap gerakan yang dilakukan terdapat unsur akrobatik.

Prenatal Yoga

Prenatal yoga adalah jenis yoga khusus bagi ibu hamil dengan menggunakan teknik dan intensitas yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan fisik dan psikis dari ibu hamil dan janin yang ada dalam kandungannya.

Viniyoga

Viniyoga merupakan jenis yoga yang diguanakn untuk praktek terapi bagi orang yang sedang cidera atau setelah operasi. Viniyoga mempunyai gerakan yang lembut, penyembuhan disesuaikan dengan jenis tubuh setiap orang dan kebutuhan ketika mereka tumbuh dan berubah.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Itulah penjelasan yang dapat kami tulis tentang pengertian dari yoga, tujuan, manfaat dan jenis-jenis yoga. Semoga penjelasan yang sudah kami tulis di blog temukan pengertian ini dapat bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar