--> Skip to main content

Cara Mengatasi Dan Menghilangkan Bau Ketiak

Bau ketiak dengan aroma tidak sedap ternyata dapat membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. Selain itu juga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu agar masalah ini tidak membuat anda menjadi risau, maka anda perlu mengetahui cara menghilangkan bau ketiak.

Bau ketiak

Biasanya, cara mengatasi dan menghilangkan bau ketiak menjadi salah satu topik yang sering dibicarakan, terutama bagi anak-anak yang sedang memasuki masa puberitas. Pada masa inilah bau ketiak tidak sedap biasanya mulai muncul.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara mengatasi bau ketiak, terlebih dahulu anda perlu tahu beberapa penyebab bau ketiak. Adapun beberapa penyebab bau ketiak diantaranya yaitu sebagai berikut ini:

  • Kurang menjaga kebersihan tubuh.
  • Keringat berlebih.
  • Kelebihan berat badan.
  • Malas menjaga kebersihan ketiak.
  • Mengenakan pakaian yang ketat atau terbuat dari bahan yang kurang dapat menyerap keringat.
  • Tidak membersihkan pakaian dengan benar.
  • Mengkonsumsi jenis makanan dan minuman tertentu yang dapat memicu bau badan.
  • Mengonsumsi Obat-obatan tertentu dalam waktu yang cukup lama.

Cara Mengatasi Dan Menghilangkan Bau Ketiak

Supaya dapat beraktivitas tanpa kehilangan rasa percaya diri, maka anda perlu melakukan beberapa hal untuk mengatasi dan menghilangkan bau ketiak.

1. Menjaga kebersihan tubuh

Untuk menjaga kebersihan tubuh setidaknya anda harus mandi 2 kali sehari yaitu di waktu pagi dan sore. Ini bertujuan untuk mengurangi tumbuhnya bakteri pada kulit. Ketika mandi, bersihkanlah tubuh secara menyeluruh dengan menggunakan sabun kemudian pastikan anda juga membersihkan area ketiak dengan benar. Untuk hasil yang lebih maksimal, anda dapat mencoba menggunakan sabun antibakteri.

2. Menggunakan deodorant

Sesudah mandi, keringkanlah tubuh menggunakan handuk kemudian pada bagian ketiak oleskan deodorant atau antiperspiran. Deodoran dan antipersiran dalam mencegah bau badan mempunyai fungsi yang berbeda.

Deodoran dapat membuat suasana kulit menjadi lebih asam, sehingga bakteri tidak akan mudah tumbuh. Sedangkan antiperspiran mengandung senyawa yang berbasis alumunium yang berfungsi untuk mengurangi produksi keringat yang berlebih.

3. Mencukur bulu ketiak secara teratur

Salah satu pemicu munculnya bau ketiak adalah karena bulu ketiak yang tumbuh lebat, sehingga penguapan keringat akan tertahan di ketiak. Itulah yang membuat membuat ketiak menjadi lembab dan bakteri penyebab bau badan berkembang lebih cepat. Oleh karena itu anda perlu mencukur bulu ketiak secara teratur agar masalah tersebut dapat teratasi.

4. Menggunakan pakaian yang dapat menyerap keringat

Pakailah pakaian longgar yang elastis, tidak teralalu tebal dan berbahan yang mudah menyerap keringat. Beberapa bahan pakaian yang efektif menyerap keringat diantaranya adalah bahan katun dan linen, katun jepang, sutra, cotton combed dan viscose. Dengan mengenakan pakaian yang dapat menyerap keringat maka akan membuatmu nyaman dan bebas bergerak tanpa terganggu oleh keringat berlebihan yang menjadi pemicu bau ketiak.

5. Menghindari pakaian yang lembap

Saat beraktivitas jangan menggunakan pakaian yang lembab. Hal itu karena pakaian yang lembab rentan terhadap bau apek, selain itu juga dapat menyebabkan bakteri penyebab bau tidak sedap cepat berkembang. Sebaiknya pakailah pakaian yang bersih dan yang telah dijemur sampai benar-benar kering kemudian disetrika agar tidak mudah dihinggapi oleh bakteri. Selain itu, apabila pakaian yang anda pakai telah terbasahi oleh keringat maka usahakan mengganti pakaian sesegera mungkin.

6. Menjaga pola makan

Sebenarnya bau badan anda juga dipengaruhi oleh makanan yang anda konsumsi. Oleh karena itu untuk mengatasi bau badan, batasi atau kurangi makanan pedas yang beraroma tajam, seperti kari dan bawang, karena makanan-makanan tersebut bisa membuat bau keringat menjadi lebih menyengat. Bahkan, bau keringat juga dapat dipengaruhi karena mengkonsumsi alkohol.

Agar masalah bau ketiak dapat teratasi sebaiknya terapkanlah cara mengatasi dan menghilangkan bau ketiak secara teratur. Apabila cara-cara tersebut sudah anda terapkan namun bau ketiak masih saja mengganggu, sebaiknya berkonsultasilah ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Buka Komentar
Tutup Komentar