--> Skip to main content

Tips Memilih Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh Anak

Menjaga daya tahan tubuh anak sangat penting pada usianya yang masih dalam masa pertumbuhan. Jika anak memiliki daya tahan tubuh yang kuat, si kecil akan mendapatkan tingkat pertumbuhan yang optimal. Para orangtua, harus mengupayakan berbagai cara untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya.

Tips Memilih Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh Anak

Salah satu cara yang sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuhnya, adalah memberikan gizi serta nutrisi yang seimbang. Ini akan sangat berguna untuk melengkapi apa saja yang dibutuhkan tubuh si kecil saat masa pertumbuhannya.

Selain itu, para orangtua juga bisa memberikan berbagai nutrisi seperti vitamin dan mineral yang juga sangat efektif menjaga daya tahan si kecil dari risiko terserang penyakit.

Jika ingin mengetahuinya secara lengkap mengenai bagaimana cara meningkatkan daya tahan tubuh si kecil, nutrisi apa saja yang akan dibutuhkan, serta bagaimana memilih produk yang tepat untuk nutrisi vitamin si kecil, silakan simak uraian di bawah ini, ya!

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Ada beberapa cara yang dikatakan efektif untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak. Beberapa di antaranya, memang sangat mengandalkan peran dari orangtua. Menurut informasi dari beberapa sumber, berikut ini penjelasan lengkap mengenainya.

1. Jangan Biarkan si Kecil Murung

Cara pertama yang terbilang efektif untuk menjaga daya tahan tubuh si kecil adalah menjaga suasana hatinya tetap bahagia. Cara ini bisa dilakukan dengan mengajarinya bagaimana mengekspresikan perasaan seperti kesedihan dan juga ketakutan.

Langkah lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan tidak membiarkannya sering menyendiri. Kurangnya kegiatan sosialisasi, juga akan mengubah sistem imunitas tubuh yang akan menyebabkan risiko turunnya kesehatan fisik serta mentalnya.

2. Ajak si Kecil Aktif atau Berolahraga

Cara lain untuk menjaga daya tahan tubuhnya adalah dengan mengajaknya tetap aktif. Para orangtua bisa mengajaknya untuk berolahraga ringan atau melakukan beberapa aktivitas fisik dengan durasi 1 jam dalam satu hari untuk menjaga stabilitas daya tahan tubuhnya.

3. Memastikan Asupan Vitamin dan juga Mineral

Beberapa referensi dari dunia kesehatan menyebutkan, bahwa dengan asupan mineral serta vitamin yang cukup akan sangat membantu peningkatan kekuatan imunitas seseorang. Tak terkecuali juga untuk si kecil. Daya tahannya bisa meningkat dengan pemberian asupan yang kaya dengan vitamin dan juga mineral.

Beberapa vitamin yang dibutuhkan di antaranya:

  • Vitamin A untuk menjaga pertahanan tubuh
  • Vitamin B kompleks untuk mengoptimalkan antibodi
  • Vitamin C untuk penguatan imunitas
  • Serta Vitamin E untuk menjaga kesehatan dari sel-sel kulitnya

Adapun kandungan mineral yang dibutuhkan diantaranya:

  • Zat besi
  • Selenium
  • Seng
  • Mangan

Nutrisi Penting untuk Daya Tahan Tubuh Anak

Selain nutrisi vitamin dan mineral yang telah disebutkan di atas, ada beberapa nutrisi lainnya yang juga penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh si kecil. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Zinc
  • Nutrisi yang satu ini, sangat dibutuhkan untuk mengoptimalkan fungsi dari sel darah putih. Seperti yang sudah diketahui, sel darah putih sangat bermanfaat untuk melawan berbagai serangan dari kuman yang bisa menyebabkan penyakit. Dalam sistem imun, sel darah putih merupakan komponen utama yang tentu sangat penting adanya.

    Berikan si kecil makanan yang kaya akan kandungan zinc seperti seafood, daging, kentang, susu, telur, dan juga kerang ataupun tiram.

  • Folat
  • Nutrisi lainnya yang juga dibutuhkan untuk si kecil adalah Folat. Menurut beberapa referensi, folat atau asam folat ini sangat berguna untuk memproduksi dan juga memperbaiki sel dalam tubuh yang rusak. Selain itu, asam folat juga berfungsi dalam proses pembentukan sel darah merah dan juga sel darah putih.

    Selain untuk membuat daya tahan tubuh si kecil menjadi kuat, asam folat juga penting diberikan untuk mendukung perkembangan saraf otak si kecil.

    Untuk mendapatkan kandungan asam folat, berilah si kecil dengan makanan seperti bayam, hati sapi, sawi, dan juga tomat. Asam folat juga bisa didapatkan dengan pemberian susu formula yang didalamnya terdapat asam folat untuk memperkuat daya tahan serta mengoptimalkan perkembangan saraf otaknya.

Tips Memilih Produk Vitamin untuk Anak

Bagi orang tua yang ingin mencari vitamin daya tahan tubuh untuk anak jangan lupa memperhatikan beberapa tips berikut ini, ya.

1. Pertimbangkan Aktivitas Harian dan Kebutuhan Fisiknya

Hal pertama yang harus dilakukan untuk memilih vitamin daya tahan tubuh untuk anak adalah kondisi fisik dan juga aktivitas hariannya.

Misalnya saja, bagi anak yang sangat aktif bermain, ia membutuhkan asupan seperti zat besi, kalsium, dan juga vitamin D agar aliran oksigen dalam tubuhnya bisa meningkat dan juga bisa menguatkan tulang-tulangnya.

Adapun jika si kecil memamng menjalankan pola makan vegetarian, silakan pilih tambahan vitamin B12, zat besi, vitamin D, dan juga zat besi.

2. Pertimbangkan Jenis Kelamin serta Usia

Tips selanjutnya untuk memilih vitamin daya tahan tubuh untuk anak selanjutnya adalah mempertimbangkan jenis kelamin dan juga usia si kecil.

Pertimbangan usia sangat dibutuhkan karena menurut beberapa referensi, anak yang berusia 2-3 tahun membutuhkan asupan vitamin C, sayuran, kalori, dan juga susu dengan tingkat yang lebih kecil atau lebih sedikit dibandingkan dengan anak yang sudah berusia 4-8 tahun.

Setelah usia anak sudah sampai 4-8 tahun, pertimbangan selanjutnya adalah jenis kelaminya. Menurut beberapa artikel kesehatan, anak dengan jenis kelamin laki-laki, membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak dibandingkan dengan perempuan jika masuk dalam usia tersebut.

3. Dosis dan Kebutuhan Harian Vitamin pada Anak

Pertimbangan selanjutnya adalah dosis dan juga kebutuhan vitamin hariannya. Untuk rinciannya adalah sebagai berikut:

  • Kalsium: 1000 miligram bagi anak berusia 4-8 tahun dan 1800 miligram bagi anak berusia 9-8 tahun
  • Vitamin B dan B12: untuk anak 4-8 tahun sebanyak 1,2 mikrogram dan untuk anak usia 9-18 tahun sebanyak 1,8 mikrogram
  • Vitamin D: 400 IU atau 10 mikrogram bagi anak atau bayi
  • Vitamin E: 10,4 IU untuk 4-8 tahun dan 16,4 IU untuk 9-13 tahun
  • Zat besi: 7-10 miligram untuk yang belum di usia remaja dan 15 miligram untuk perempuan yang sudah mengalami menstruasi

Dengan ini, sudah lengkap pertimbangan atau tips untuk memilih vitamin daya tahan tubuh untuk anak. Selain itu juga dijelaskan tentang kebutuhan nutrisinya. Semoga membantu.

Buka Komentar
Tutup Komentar