--> Skip to main content

Pengertian Bisnis Online Dan Contohnya

Disaat situasi new normal seperti yang terjadi saat ini, kita tidak tahu sampai kapan situasi seperti ini akan selesai. Untuk itulah, kita harus bisa bangkit dan berkreativitas tanpa batas. Meskipun hanya dari rumah, kita dapat mencoba usaha bisnis online untuk mendapatkan uang tambahan bahkan bisa juga menjadi penghasilan utama. Nah, apa itu bisnis online? Mungkin kamu sering mendengar tentang bisnis online, namun belum tahu secara betul seperti apa yang dimaksud dengan bisnis online itu. Untuk itulah di sini kami akan membahas tentang pengertian bisnis online dan contohnya.

Pengertian Bisnis Online Dan Contohnya

Pengertian Bisnis Online

Pengertian bisnis online secara umum adalah segala bentuk kegiatan atau aktivitas bisnis yang dilakukan secara online. Dengan kata lain pengertian bisnis online adalah sebuah bisnis yang dijalankan oleh seseorang dengan memanfaatkan internet dan sebuah perangkat seperti komputer, laptop, maupun smartphone. Biasanya pelaku bisnis online disebut sebagai internet marketer.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Pengertian Bisnis Online Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa penjelasan tentang definisi bisnis online menurut ahli:

  • Menurut Hunt & Uwick, bahwa pengertian bisnis online ialah sebuah kegiatan dimana ada sebuah perusahaan yang memproduksi barang atau jasa.
  • Menurut L.R Dicksee, pengertian bisnis online yaitu suatu kegiatan yang mempunyai suatu keutamaan atau hasil akhir sebuah laba atau keuntungan.
  • Menurut Owen, pengertian bisnis online adalah sebuah perusahaan yang berhubungan dengan proses produksi dan distribusi.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Contoh Bisnis Online

Saat ini ada banyak sekali macam-macam bisnis online, hampir semua bisnis yang ada di kehidupan nyata bisa dijadikan sebagai bisnis online. Adapun beberapa contoh bisnis online adalah sebagai berikut ini:

1. Menjadi Ads Publisher (Penerbit Iklan)

Kamu bisa membuat sebuah website yang berisi berbagai konten yang menarik. Tetapi, jangan lupa menentukan target pembacanya supaya bisa tepat sasaran. Pada website tersebut nanatinya dapat ditambahkan sebuah iklan (ads). Dari iklan tersebutlah nantinya kamu akan mendapatkan uang atau penghasilan. Pastikan websitemu memiliki jumlah visitor yang signifikan agar penghasilan yang kamu peroleh juga signifikan.

2. Menjadi Affiliate Marketer

Affiliate marketer adalah salah satu program yang paling efektif untuk mendapatkan penghasilan yang lumayan melalui Internet. Cara kerjanya cukup mudah, kamu hanya perlu menjalankan tugas untuk menjual produk yang memiliki program afiliasi kepada para konsumen. Apabila terjadi penjualan maka kamu akan mendapatkan komisi sesuai dengan ketentuan pada program afiliasi yang kamu ikuti.

3. Membangun Online Shop (Toko Online)

Umumnya, toko merupakan sebuah bangunan yang di dalamnya terdapat barang-barang dagangan yang tertata rapi. Lain halnya dengan toko online yang dapat dijalankan tanpa harus membutuhkan toko fisik (sebuah bangunan toko). Jadi kamu bisa memanfaatkan gadget untuk menjual berbagai macam produk atau barang. Yang terpenting pastikan spesifikasi barang yang kamu jual sesuai dengan aslinya. Hal itu untuk menjaga reputasi toko onlinemu sehingga para pelanggan tidak kecewa dan akan memberikan testimoni yang baik tentang toko onlinmu.

4. Content Writer (Penulis Konten)

Menjadi seorang penulis konten merupakan suatu pekerjaan yang tidak memerlukan modal yang banyak, yang terpenting adalah pengetahuan yang luas, ketelitian dan tentunya mempunyai gaya menulis yang baik. Dari kemampuan kamu menjadi seorang penulis ini, kamu bisa mendapatkan uang yang lumayan.

5. Menawarkan Jasa atau Menjual Jasa

Melalui internet kamu bisa menawarkan jasa berbagai macam keahlian, misalnya jasa SEO, desain website, desain logo, jasa pembuatan aplikasi dan lain-lain. Jadi melalui keahlian yang kamu tawarkan di internet tersebut kamu akan mendapatkan sebuah penghasilan yang lumayan.

Jika kamu tertarik untuk menjalankan sebuah bisnis online, agar hasilnya bisa lebih maksimal maka kamu bisa belajar pada: Mentor Belajar Bisnis Online.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Itulah penjelasan tentang pengertian bisnis online dan contohnya, semoga apa yang telah kami tulis dalam blog temukan pengertian ini dapat bermanfaat bagi teman-teman semua.

Buka Komentar
Tutup Komentar