--> Skip to main content

Cara Memulai Bisnis Recruitment/Headhunter

Cara Memulai Bisnis Recruitment/Headhunter

Layanan headhunter atau recruitment saat ini mulai banyak digunakan oleh berbagai bisnis di tanah air mulai dari perusahaan kecil hingga besar untuk mendapatkan calon kandidat terbaiknya. Namun, untuk memulai bisnis agensi recruitment tentu bukan perkara sepele, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui.

Langkah Memulai Bisnis Headhunter atau Recruitment Terbaik

  1. Menyusun Tim Agensi
  2. Sebagai seorang headhunter, Anda bertugas untuk merekrut karyawan baru bagi perusahaan yang merupakan klien Anda. Sebagai pihak luar yang tidak berhubungan langsung dengan perusahaan, jasa perekrutan eksternal harus sangat berkompeten dalam mengenali kandidat yang diinginkan perusahaan.

    Untuk dapat menjalankan bisnis agensi rekrutmen eksternal ini dengan optimal, tentu langkah pertama yang harus Anda persiapkan adalah menyusun tim agensi. Namun, tim agensi yang Anda persiapkan tidak boleh tim agensi yang sembarangan.

    Ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan dalam menyusun tim pengelola agensi. Tim pengelola agensi haruslah terdiri dari orang-orang yang memang ahli di bidang perekrutan ataupun bidang lain namun mendukung kinerja agensi.

    Sebagai agensi recruitment, pastikan Anda mencari anggota terbaik yang memang berkompeten dalam hal penyeleksian kandidat bagi perusahaan. Kandidat yang memiliki pengalaman di bidang HRD tentu menjadi pilihan utama.

  3. Membangun Profil yang Meyakinkan
  4. Langkah berikutnya bagi agensi baru adalah membangun profil yang meyakinkan untuk calon kliennya. Anda bisa memulainya dengan membangun website serta akun media sosial yang resmi. Dari situs resmi inilah orang-orang dan calon klien Anda mengenal lebih lanjut bisnis yang Anda tawarkan.

    Situs beserta akun media sosial yang Anda kembangkan tersebut haruslah tampak sangat profesional, kredibel dan dapat dipercaya. Informasi yang diberikan juga harus jelas dan mudah diakses.

  5. Menggunakan Bantuan Aplikasi
  6. Tips berikutnya yang harus Anda lakukan adalah menggunakan bantuan tools yang berfungsi untuk memudahkan proses recruitment. Aplikasi rekrutmen akan membantu agensi Anda bekerja lebih cepat, tepat dan efisien dalam melakukan penyaringan kandidat yang sesuai dengan kriteria perusahaan.

Shortlyst, Bantu Kembangkan Bisnis Recruitment Menjadi Lebih Baik

Anda yang ingin mengembangkan bisnis recruitment harus sangat mempertimbangkan penggunaan software berbasis AI saat ini. Penggunaan tools berbasis kecerdasan buatan akan sangat membantu pekerjaan Anda menjadi lebih cepat, efisien, tepat sasaran dan mudah.

Namun, tidak semua tools yang mengklaim dapat membantu proses recruitment bisa digunakan. Pastikan Anda menggunakan aplikasi untuk recruiter terbaik yakni Shortlyst. Shortlyst adalah tools berbasis kecerdasan buatan yang akan secara otomatis membantu Anda menemukan kandidat terbaik.

Karena bekerja menggunakan prinsip AI, Shortlyst dapat mencari kandidat paling tepat yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan oleh klien Anda. Tools Shortlyst akan menyediakan lebih dari 600 juta data profil kandidat yang dapat diakses dari seluruh negara.

Profil tersebut juga bisa dengan mudah Anda integrasikan ke berbagai platform seperti WhatsApp, Slack, email dan LinkedIn. Software Shortlyst juga dilengkapi oleh fitur yang menarik yang akan mempermudah proses perekrutan seperti fitur rekomendasi kandidat, hingga fitur saling tag antara rekruter dan kandidat.

Meski ada segudang fitur yang ditawarkan oleh Shortlyst, namun Anda bisa menggunakan software ini dengan biaya yang sangat murah yakni 23 USD saja. Biaya ini hanya 5% saja dari harga tools serupa yang bisa Anda temukan di pasaran.

Gunakan bantuan tools terbaik untuk membantu Anda memulai dan mengembangkan bisnis recruitment atau headhunter. Dengan bantuan tools berbasis kecerdasan buatan, bisnis recruitment Anda akan lebih dipercaya oleh klien yang ingin melakukan perekrutan kandidat baru.

Buka Komentar
Tutup Komentar