--> Skip to main content

Pengertian Company Profile, Manfaat, Dan Cara Membuatnya

Identitas tidak hanya diperlukan oleh seorang individu saja, akan tetapi sebuah perusahaan juga perlu memiliki identitas yang jelas, sehingga dapat menjelaskan secara detail tentang perusahaan tersebut seperti tentang tujuan, posisi, pelayanan, dan lain-lain. Tetapi sayangnya, tidak jarang sebuah perusahaan yang sudah lama berdiri namun belum memiliki company profile, padahal company profile itu sangat penting. Dengan dibuatnya company profile, maka akan lebih memudahkan dalam menjelaskan tentang perusahaan tersebut secara umum. Nah, apa itu company profile? Berikut ini akan kami jelaskan tentang pengertian company profile, manfaat dan cara membuat company profile.

Pengertian Company Profile

Pengertian Company Profile

Pengertian company profile adalah deskripsi atau ringkasan tentang perusahaan yang mencerminkan kualitas atau kinerja dari suatu perusahaan. Dapat pula dikatakan bahwa company profile itu campro, yaitu jiwa perusahaan yang menggambarkan tentang diri secara umum dari suatu perusahaan, seperti sejarah berdirinya suatu perusahaan, tujuan perusahaan, apa yang dilakukan perusahaan, layanan yang ditawarkan perusahaan, bagaimana perusahaan dapat dikenal publik dan lain-lain.

Intinya, company profile itu informasi umum secara menyeluruh tentang suatu perusahaan. Company profile identik dengan kerangka dasar untuk menjalankan proses bisnis dalam suatu perusahaan. Oleh karena itu, company profile harus mencakup identitas diri dari suatu perusahan misalnya sejarah, visi dan misi, tagline, nilai, produk dan jasa, dan lain-lain. Untuk jenis dari company profile biasanya dapat berupa video, desain visual dalam bentuk ppt atau pdf, dan website.

Manfaat Company Profile

Adapun beberapa manfaat company profile bagi perusahaan diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Dapat merepresentasikan identitas suatu perusahaan secara jelas.
  • Dapat meningkatkan profesionalisme dan kredibilitas suatu perusahaan.
  • Dapat menjadi media komunikasi terbaik bagi suatu perusahaan kepada seluruh pihak yang memerlukannya.
  • Dapat dijadikan sebagai media branding, tools marketing, dan publikasi.

Karena Keberadaan company profil ini sangat penting, maka dalam pembuatan company profile harus dipersiapkan dengan matang. Bahkan, apabila perlu bisa juga dipercayakan pada Jasa desain company profile profesional, agar hasilnya bisa lebih maksimal.

Cara Membuat Company Profile

Sebelum membuat company profile terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan company profile, diantaranya yaitu:

  • Mempunyai desain menarik, elegan, dan profesional. Serasikan warna yang digunakan dengan logo perusahaan sehingga branding terlihat lebih kuat.
  • Penyusunan dan isinya pastikan terlihat jelas dan rapi.
  • Mencakup poin-poin penting tentang perusahaan agar dapat dijadikan sebagai sumber informasi yang terpercaya.
  • Sertakan gambar, foto, atau ilustrasi yang bisa menggambarkan informasi yang tertera supaya pembaca lebih mudah dalam memahaminya.
  • Cetak menggunakan material yang berkualitas.

Sebenarnya dalam pembuatan company profile tidak ada standar yang baku, karena pembuatannya tergantung pada tujuan dan kebutuhan masing-masing perusahaan. Namun, agar profil perusahaan yang dibuat dapat mewakili dan memperkenalkan identitas perusahaan dengan baik, maka memiliki company profil yang bagus tentunya akan lebih bisa menarik perhatian orang untuk mengetahui isi dari company profile. Nah, berikut ini kami tuliskan cara membuat company profile professional yang mungkin bisa kamu jadikan sebagai referensi.

1. Buatlah Company Profile secara singkat, jelas dan padat

Ketika kamu berencana untuk membuat company profile, maka posisikan dirimu sebagai pembaca company profile. Biasanya orang akan merasa jenuh jika melihat company profile yang memiliki tulisan yang sangat banyak. Maka dari itu mempersingkat dan memperjelas materi bisa menjadi solusinya. Jadi cobalah untuk membuat company profile yang isinya singkat, jelas dan padat. Pilihlah poin-poin yang kamu anggap penting untuk disajikan kepada pembaca.

2. Masukan data yang Akurat dan Terupdate

Seiring dengan berjalannya waktu, tentunya perusahaan akan mengalami berbagai perubahan misalnya perubahan pertofolio perusahaan, struktur organisasi, laporan keuangan, kegiatan operasional, dan lain-lain. Maka dari itu agar company profile dapat menarik pembaca sebaiknya selalu update data sesuai dengan keadaan dan perkembangan perusahaan.

3. Buatlah Company Profile Sekreatif & Seexclusive Mungkin

Hal yang paling mudah diingat oleh orang adalah tampilan visual, oleh karena itu buatlah desain company profile sekreatif dan seexclusive mungkin. Buatlah pembaca langsung tertarik dan takjub saat pertama kali melihat desain company profile

Selain itu perhatikan juga dalam pemilihan penggunaan bahasa, gunakanlah bahasa yang verbal dan visual. Dengan begitu company profile yang kamu buat dapat dinikmati dan diterima pembaca sehingga pada akhirnya dapat membangkitkan minat, perhatian dan kesan yang positif.

Jika kamu tidak mau ambil pusing dalam pembuatan company profile yang professional, maka percayakan saja pembuatan company profile pada berdikari media, agar hasilnya bisa lebih maksimal. Berdikari media dapat membantumu dalam pembuatan company profile sesuai dengan kebutuhan dan tujuanmu.

Demikian penjelasan tentang pengertian company profile, manfaat, dan cara membuatnya. Semoga penjelasan yang telah kami tulis dalam artikel ini dapat bermanfaat untuk kamu semua.

Buka Komentar
Tutup Komentar