--> Skip to main content

Pengertian Blog, Fungsi dan Jenis Blog

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk memperoleh sumber informasi secara cepat tanpa harus datang ke perpustakaan. Salah satu cara yang paling cepat yaitu mengakses internet yang memuat berbagai informasi di dalamnya. Mengakses sebuah blog di internet menjadi salah satu cara paling efektif untuk memperoleh informasi secara cepat dari berbagai narasumber yang bisa kamu tentukan sendiri. Nah, apa itu blog? Bagi kamu yang belum tahu tentang apa yang dimaksud dengan blog berikut ini akan kami jelaskan tentang pengertian blog, jenis dan juga fungsinya.

Pengertian Blog

Pengertian Blog

Pada dasarnya blog merupakan singkatan dari “web log”. Web artinya website, sedangkan log artinya adalah catatan. Jadi “we blog” adalah website yang memuat atau menyimpan catatan yang dikelola oleh satu atau beberapa orang blogger. Dari penjelasan tersebut maka pengertian blog adalah sebuah website atau jurnal online yang di dalamnya memuat tampilan informasi yang berupa artikel, foto, video maupun tautan atau link.

Sekarang ini ada berbagai platform yang bisa digunakan untuk membuat blog dengan mudah dan cepat. Untuk membuat blog kamu bisa menggunakan platform seperti Blogger (Blogspot) atau Wordpress tanpa harus mahir bahasa pemrograman. Nah, agar sebuah blog lebih terlihat professional biasanya dibelikan sebuah domain seperti .com, co.id, .net, .me, .site, .org dan lain-lain. Untuk contoh blog yang sudah dicustom domain misalnya: medianetral.site

Mengenai struktur blog, secara umum struktur blog dapat didefinisikan seperti berikut ini:

1. Navbar

Navbar merupakan bagian yang dapat membantu untuk memilih konten dan mempermudah dalam kebutuhan navigasi setiap halaman blog.

2. Header

Header merupakan bagian yang memuat judul, deskripsi, dan menu pada halaman artikel.

3. Main Blog

Main blog merupakan bagian yang memuat section atau konten utama yang berisi tentang informasi penting berbentuk artikel disertai dukungan gambar, video, dan link pada sebuah blog.

4. Sidebar

Sidebar merupakan bagian yang memuat beberapa rekomendasi seperti artikel popular dan artikel terbaru.

5. Footer

Footer merupakan bagian yang berisi informasi tentang kontak, penulis, dan form subscription.

Fungsi Blog

Setelah tahu seperti apa pengertian blog, maka selanjutnya masuk ke pembahasan fungsi blog. Adapun fungsi blog adalah sebagai berikut ini:

1. Meningkatkan Brand Awareness

Mengembangkan artikel melalui proses writing yang tepat dengan pengaturan SEO yang baik, maka akan meningkatkan brand awareness pada blog. Sehingga, nantinya blog akan mendapatkan dukungan trafik yang tinggi sesuai dengan personal branding blog.

2. Sebagai Media Publikasi

Fungsi blog sebagai sarana media publikasi memang cukup efektif tanpa perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Jenis publikasi menggunakan blog ini lebih mengutamakan akan peningkatan pengunjung melalui metode pencarian organik tanpa perlu memasang iklan ataupun menggunakan teknik Search Engine Marketing (SEM).

3. Menampilkan Informasi Teraktual

Blog dapat menampilkan informasi maupun berita terbaru secara cepat dan menjangkau target pengguna yang lebih luas.

Jenis-Jenis Blog

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi kini blog memiliki berbagai jenis sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini adalah beberapa jenis blog yang perlu kamu ketahui.

1. Blog Pribadi

Blog pribadi merupakan blog yang hanya sekedar memberikan informasi terbaru berdasarkan dari pengalamannya atau menambahkan kutipan yang berasal dari narasumber terpercaya. Selain hal tersebut, blog pribadi juga tidak terlalu terikat dengan aturan karena lebih bebas menuangkan atau mengekspresikan pikiran dengan tepat.

2. Blog Bisnis

Blog bisnis merupakan blog yang lebih cenderung mengarah ke pembuatan konten artikel tentang pemasaran digital atau yang dikenal dengan content marketing. Blog bisnis ini diharapkan dapat memperoleh trafik atau pelanggan sebanyak-banyaknya. Salah satu caranya bisa dengan meningkatkan posisi rangking di search engine dengan memanfaatkan kualitas konten yang baik dan teknik SEO yang tepat.

3. Blog Profesional

Blog profesional merupakan blog yang bertujuan untuk meningkatkan branding sesuai dengan skill atau kemampuan. Cara seperti ini memang terbukti efektif, tetapi mempunyai batasan-batasan tertentu sebelum melakukan publikasi konten artikel kepada pembaca blog.

Demikian penjelasan yang dapat kami tuliskan tentang pengertian blog, fungsi dan jenis blog, semoga penjelasan yang kami tulis dalam artikel ini dapat bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar