--> Skip to main content

Pengertian Website Tujuan dan Unsur-unsur Website

Pengguna internet yang terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, membuat banyak orang membicarakan tentang jenis, manfaat dan pengembangan website. Akan tetapi, tidak sedikit orang yang masih belum mengetahui apa yang dimaksud website sebenarnya. Nah, bagi kamu yang belum tahu apa itu website, maka dalam pembahasan ini kami akan menjelaskan tentang pengertian website dan contohnya. Oke langsung saja berikut ini penjelasannya.

Pengertian Website

Pengertian Website

Pengertian website adalah kumpulan dari halaman dalam suatu domain yang berisi tentang berbagai macam informasi, baik itu bersifat statis maupun dinamis, bisa berupa teks, gambar, suara maupun video. Informasi pada website tersebut dapat diakses oleh pengguna internet dengan mengetikkan alamat website atau domain pada browser atau dengan menelusurinya melalui mesin pencari.

Tampilan awal suatu website saat diakses nama domainnya disebut dengan homepage. hompege tersebut terdapat halaman-halaman turunan yang saling terhubung satu dengan yang lainnya, dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan yang dikenal sebagai hyperlink.

Website disebut juga web yang dapat pula didefinisikan sebagai kumpulan dari halaman situs yang terangkup dalam suatu domain atau bisa juga subdomain, lebih tepatnya berada dalam World Wide Web (www) yang dapat diakses menggunakan jaringan internet. Biasanya halaman website berupa dokumen ditulis dengan menggunakan format HTML (Hyper Text Markup Language), yang dapat diakses melalui HTTP atau HTTPS. HTTP atau HTTPS sendiri merupakan protokol yang berfungsi menyampaikan berbagai informasi dari sebuah server web untuk dapat ditampilkan kepada para pengguna internet melalui browser.

Tujuan Dibuatnya Website

Berikut ini adalah beberapa tujuan mengapa banyak orang membuat suatu website:

  • Website Pribadi, merupakan website yang tujuan penggunaannya adalah untuk kebutuhan pribadi atau aktivitas pribadi. Sebagai contohnya personal web, yang dapat dibuat secara gratis maupun berbayar.
  • Website Bisnis, tujuannya penggunaannya adalah untuk kepentingan usaha dan bisnis. Contohnya situs profil perusahaan, e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Blibli, toko online seperti Lapak Satria yang menjual berbagai produk digital.
  • Website kantor, biasanya tujuan dibuatnya website kantor adalah untuk menampilkan profil lembaga dan aktivitas yang dilakukannya. Contoh website kantor adalah situs Polri dan situs KPU.
  • Website akademik, tujuan pembuatannya adalah ditujukan untuk keperluan sekolah, kampus atau lembaga pendidikan. Biasanya website akademik berisi tentang jadwal pelajaran/ mata kuliah, kurikulum, tenaga pengajar, kalender, nilai ujian dan lain-lain.
  • Website UKM, tujuan dibuatnya website ini adalah untuk mengakomodir informasi tentang kewirausahaan.
  • Website belajar, tujuan pembuatannya yaitu untuk membantu para pelajar atau mahasiswa atau siapa saja yang ingin belajar. Contohnya website pembelajaran desain grafis yang dapat diakses saat ingin belajar desain grafis.

Unsur-unsur website

Setelah mengetahui pengertian, dan tujuan website, selanjutnya masuk ke pembahasan tentang unsur-unsur website itu sendiri. Adapun unsur-unsur pembentuk website diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Domain

Domain adalah alamat website yang biasanya diakhiri ekstensi (.com, .co.id, .co, .me, dan lain-lain) yang diketikkan di kolom alamat pada browser untuk membuka suatu website. Contoh domain adalah lapaksatria.com.

2. Hosting

Hosting adalah tempat yang digunakan untuk menyimpan semua file atau data website sehingga bisa diakses oleh banyak orang lewat internet. File atau data website tersebut dapat berupa teks, gambar video, script, email, database, dan aplikasi.

3. Konten

Konten adalah isi dari sebuah website yang bisa berupa teks, gambar, video yang dapat diakses oleh pengunjung website.

Demikian penjelasan yang dapat kami tuliskan tentang pengertian website tujuan dan contohnya. Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar