--> Skip to main content

Apa itu Kain CVC, Kelebihan dan Jenis-jenisnya

Mengenal berbagai jenis kain menjadi suatu kewajiban dalam sebuah bisnis clothing line atau konveksi. Hal itu karena, seiring dengan banyaknya jenis kain yang ada, maka akan semakin luas pula eksplorasi terhadap kreasi pakaian yang dibuat. Eksplorasi ini memang sangat diperlukan apalagi bagi yang fokus bisnisnya tentang kaos. Dengan semakin tingginya peminat dan persaingan dalam bisnis konveksi, maka diperlukan kreasi kaos yang anti mainstream agar brand yang dimiliki bisa lebih diminati. Apabila sebelumnya kamu hanya tahu kain Cotton Combed saja untuk bahan kaos, kini kamu perlu tahu juga jenis kain yang lain untuk bahan kaos yaitu kain CVC. Nah apa itu kain CVC? Bagi kamu yang belum tahu, maka pada kesempatan ini akan kami jelaskan tentang apa itu kain katun CVC beserta kelebihan dan jenis-jenisnya.

Apa itu Kain CVC

Apa Itu Kain CVC

Apa itu kain katun CVC? CVC merupakan singkatan dari Chief Value Cotton. Kain CVC adalah sebuah jenis kain yang terbuat dari 2 macam serat yaitu cotton dan polyester. Campuran serat cotton yang terdapat pada kain CVC biasanya lebih banyak daripada serat polyesternya sehingga sering kali dikatakan CVC berbahan semi cotton atau semi katun. Sebagai contoh komposisi yang digunakan pada kain CVC yaitu 55% cotton 45% polyester atau bisa juga 60% cotton 40% polyester. Hal yang menjadi keunggulan utama pada kain CVC adalah memiliki corak yang unik. Corak pada kain CVC dihasilkan dari proses pencelupan serat benang ke warna-warna yang berbeda. Kain CVC ini cocok jika digunakan sebagai bahan untuk pembuatan kaos karena memiliki beberapa kelebihan.

Kelebihan Katun CVC

Adapun beberapa kelebihan kain CVC adalah sebagai berikut:

  • Kain bertekstur lentur tidak kaku
  • Memiliki serat benang yang lebih kuat dibandingkan kain berbahan katun lainnya
  • Kain tidak mudah kusut dan tidak mudah menyusut
  • Permukaan kain lebih tampak mengkilap
  • Kain lebih tampak tidak berbulu

Jenis Kain CVC

Kain cvc merupakan kain yang mempunyai corak yang dihasilkan dari proses pencelupan benang. Untuk bisa menghasilkan kain CVC dengan corak yang unik biasanya dilakukan proses pencelupan sebanyak satu kali hingga dua kali. Berdasarkan jumlah pencelupannya, jenis kain katun CVC terbagi menjadi 2 yaitu CVC Twotone dan CVC Threetone.

Kain CVC Twotone

Kain CVC Twotone adalah jenis kain CVC yang dalam proses pembuatannya hanya melalui satu kali proses pencelupan warna pada salah satu benang cotton atau polyester saja sehingga dapat menghasilkan 2 warna dalam satu kain. Warna yang digunakan dalam proses pencelupan bisa beragam. Jadi tidak ada warna khusus yang digunakna untuk membuat kain CVC ini. Karena proses pencelupannya hanya dilakukan satu kali, maka warna dasar serat benang yang biasanya berwarna putih masih bisa terlihat pada jenis kain CVC ini.

Kain CVC Threetone

Kain CVC Threetone adalah jenis kain CVC yang dalam proses pembuatannya melalui dua kali proses pencelupan pada kedua jenis benang menggunakan warna yang berbeda sehingga dapat menghasilkan tiga warna dalam satu kain. Karena menghasilkan tiga warna yang berbeda maka kain CVC Threetone bisa menjadi pilihan yang tepat bagi yang suka dengan kain yang bercorak unik.

Demikian penjelasan yang dapat kami tulis tentang apa itu kain CVC beserta dengan kelebihan dan jenis-jenis CVC, semoga penjelasan yang telah kami tulis dalam artikel ini dapat bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar