--> Skip to main content

Pengertian Android Emulator Dan Macam Macam Android Emulator

Android mempunyai beragam fitur yang dapat memenuhi berbagai keperluan. Sehingga, untuk berselancar di Internet, belanja online, membuka sosial media maupun aktivitas lain, seseorang tidak harus duduk di depan PC atau laptop karena semua ini bisa dilakukan dengan mudah melalui ponsel. Akan tetapi, pada saat tertentu atau hal tertentu orang lebih memilih menggunakan PC atau laptop dibanding dengan menggunakan ponsel android. Agar bisa menggunakan Android pada sebuah PC atau laptop, maka bisa menggunakan bantuan software android emulator. Apa itu android emulator? Simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Android Emulator

Pengertian Android Emulator

Android emulator adalah software yang dapat memungkinkan komputer (PC atau Laptop) berperilaku seperti ponsel android. Android emulator dapat memungkinkan komputer menggunakan kemampuannya untuk menjalankan aplikasi yang terdapat pada ponsel android. Berkat kemajuan teknologi, komputer menjadi kuat untuk bisa menjalankan android emulator dengan lancar.

Biasanya orang-orang menginstal android emulator di komputer untuk menjalankan game-game android dan juga untuk menginstall aplikasi android contohnya Whatsapp. Selain itu, juga karena baterai ponsel yang cepat habis sedangkan komputer tidak mempunyai masalah akan hal itu sehingga dengan komputer bisa bermain game android lebih lama. Tidak hanya itu saja bagi seseorang yang suka menginstall banyak aplikasi yang sama, juga perlu android emulator, misalnya menginstall Whatsapp banyak dengan nomor yang berbeda-beda untuk keperluan bisnis.

Macam Macam Android Emulator

Terdapat banyak pilihan android emulator yang dapat digunakan untuk menjalankan android di komputer. Adapun macam macam emulator android untuk laptop atau PC adalah sebagai berikut inI:

1. BlueStacks

BlueStacks merupakan emulator Android yang lebih memfokuskan ke arah gaming. Meskipun demikian, kamu masih tetap bisa menggunakannya untuk menginstall aplikasi lainnya di PlayStore. BlueStacks menawarkan berbagai alat yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna saat memainkan game apapun, selain itu juga dapat menjamin performa terbaik ketika memainkannya.

2. LDPlayer

LDPlayer merupakan emulator baru dalam dunia per-emulator-an Android. Meskipun demikian, LDPlayer percaya diri mengklaim mempunyai performa gaming dan optimasi yang baik. Emulator ini mendukung keyboard mapping, high-fps gaming, gamepad, dan lain-lain. Tidak hanya itu saja, LDPlayer juga mampu membuka beberapa game dan aplikasi secara bersamaan. Menariknya lagi di LDPlayer ini terdapat fitur alokasi RAM dan CPU berdasarkan dari penggunaan.

3. AMIDuOS

AMIDuOS merupakan android emulator yang memiliki kinerja yang relatif baik pada perangkat PC versi Windows. AMIDuOS tersedia untuk 2 pilihan sistem operasi Android, yaitu Lollipop dan Jelly Bean dan juga mendukung Windows 64-bit dan 32-bit. Adapun keunggulan yang terdapat pada android emulator ini yaitu memiliki antarmuka yang user-friendly dan juga mendukung pinch to zoom dan multi-touch. Sehingga AMIDuOS ini sangat bermanfaat untuk kamu yang mempunyai laptop layar sentuh.

4. Leapdroid

Leapdroid merupakan android emulator yang dilengkapi dengan berbagai tweak dan optimasi sehingga dapat berjalan dengan mulus dan lancar, memiliki skor benchmark gaming yang cukup impresif. Selain itu dengan menggunakan Leapdroid ini kamu dapat menjalankan 2 game secara berdampingan, sehingga dalam satu tampilan kamu bisa memainkan game yang sama dengan menggunakan akun yang berbeda.

5. Andy

Andy merupakan android emulator yang lebih fleksibilitas digunakan untuk menjelajahi berbagai fitur Android. Emulator ini mendukung antarmuka android yang lengkap, selain itu juga bisa menjadikan smartphone sebagai alat pengontrol dengan cara menghubungkannya melalui Wifi atau Bluetooth.

Sebenarnya masih banyak macam-macam android emulator yang lainnya yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu dalam artikel ini. Bagi kamu yang ingin tahu emulator android yang lainnya kamu bisa mencarinya di website matob. Demikian penjelasan yang dapat kami tulis dalam artikel ini, semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar