Skip to main content

Pengertian Software

Pengertian software – Dalam belajar tentang dunia teknologi informasi dan komunikasi kita sering mendengar istilah hardware dan software. Hardware dan software merupakan pengetahuan dasar tentang komputer. Nah untuk hardware sebelumnya sudah kami bahas dalam artikel yang berjudul: Pengertian Hardware. Lalu apa itu software? Seperti apakah itu software? Nah dalam pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang arti dari software, agar nantinya kamu yang belum tahu dengan apa yang dimaksud software, bisa mengetahui apa yang dimaksud dengan software. Di sini selain membahas definisi software secara umum, juga kami bahas tentang pengertian software menurut para ahli, fungsi software, jenis jenis software dan contoh software agar bisa lebih memahami seperti apa software itu.
Pengertian Software

Pengertian Software

Software merupakan perangkat lunak. Pengertian software adalah perangkat yang menghubungkan antara komputer dengan pengguna, sofware digunakan untuk mengkontrol perangkat keras (hardware) atau bisa juga digunakan untuk menghasilkan data informasi, memproses data, menganalisa data, menghasilkan data, banyak kegunaannya tergantung tipe software untuk tujuan apa dari sang pembuatnya.

Atau definisi software adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer yang berupa program atau instruksi yang bisa menjalankan suatu perintah. Dengan adanya perangkat lunak atau software inilah sebuah komputer bisa menjalankan suatu perintah. Adapula yang menyebutkan software ialah sebuah data yang diprogram, diformat serta disimpan secara digital, yang tidak berbentuk secara fisik namun bisa dioperasikan seorang pengguna melalui perangkat komputer.

Software merupakan suatu jembatan penghubung antara pengguna dengan hardware sehingga bisa melakukan suatu perintah tertentu. Jadi tanpa adnaya sebuah software maka komputer hanyalah mesin yang tidak dapat menjalankan perintah dari pengguna (user).

Pengertian Software Menurut Para Ahli

Definisi software menurut para ahli adalah sebagai berikut ini:
  • Pengertian perangkat lunak menurut Roger S Pressman (2002), software adalah sebuah perintah program dalam komputer yang jika dieksekusi oleh penggunanya, maka akan memberikan fungsi serta ujuk kerja seperti yang diharapkan oleh penggunanya. Dengan kata lain, fungsi software atau perangkat lunak yaitu untuk memberikan perintah kepada komputer supaya bisa berfungsi secara optimal sesuai dengan perintah pengguna (user).
  • Pengertian software menurut Wiwit Siswanto, software ialah nyawa dari suatu hardware atau komputer, sebab tanpa adanya software/ perangkat lunak, maka komputer hanyalah sebuah hardware yang mati tidak bisa digunakan.
  • Pengertian software menurut Melwin Syafrizal Daulay (2007), software yaitu sebuah perangkat yang fungsinya sebagai pengatur aktivitas kerja komputer dan semua instruksi mengarah pada sistem komputer dan menjembatani antara pengguna (user) degnan komputer.
  • Pengertian software menurut Wilman dan Riyan, bahwa software adalah suatu perangkat operasi kerja yang berfungsi untuk menjalankan berbagai macam komponen pada hardware yang mempunyai sifat maya atau tidak terlihat namun bermanfaat bagi penggunanya.
  • Pengertian software menurut Imam Prayogo Pujiono, software adalah sebuah program dalam komputer yang dirancang sedemikian rupa, yang apabila dijalankan akan memberi perintah ke hardware/ komputer/ software yang lain dalam rangka menyelesaikan pekerjaan dan tugas serta tuntutan tertentu seperti yang diharapkan oleh pengguna atau user.

Fungsi Software

Fungsi utama software pada dasarnya yaitu untuk mmembuat sebuah komputer bisa menjalankan perintah dari pengguna. Mengacu dari pengertian software yang sudah dijelaskan di atas, adapun fungsi dari software ialah sebagai berikut ini.
  • Menyediakan fungsi dasar dari sebuah komputer, sehingga bisa dioperasikan. Contohnya ketersediaan sistem operasi dan sistem pendukung pada komputer.
  • Untuk mengatur setiap hardware yang terdapat pada komputer sehingga bisa bekerja secara simultan.
  • Sebagai penghubung antara beberapa perangkat lunak yang lain dengan hardware yang terdapat pada komputer.
  • Sebagai penerjemah sebuah perintah software lain ke dalam bahasa mesin, sehingga bisa dimengerti oleh hardware.
  • Untuk mengidentifikasi sebuah program yang terdapat pada sebuah komputer.
  • Berdasarkan dari penjelasan beberapa fungsi software tersebut, maka tidak salah apabila software dianggap sebagai nyawa dari sebuah komputer. Bagaimanapun juga sebuah komputer hanya bisa dioperasikan jika terdapat hardware dan software.

Jenis jenis Software

Jenis jenis software berdasarkan fungsinya adalah sebagai berikut
  • Sistem operasi (Operating System) adalah software yang fungsinya untuk mengelola dan mengkondisikan setiap komponen dan fungsi komputer. Contoh sistem operasi diantaranya yaitu Windows, DOS, Linux dan UNIX.
  • Bahasa pemrograman (Programming Language) adalah software ang fungsinya sebagai pemberi instruksi standar yang melibatkan sintak dan semantik yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah program aplikasi komputer. Contoh bahasa pemrograman diantaranya yaitu Java, PHP, Microsoft Visual Basic.
  • Program Aplikasi (Aplication Program) adalah software yang mempunyai fungsi tertentu. Misalnya yaitu software untuk akuntansi, untuk presentasi dan lain-lain. Contoh software merupakan program aplikasi yaitu Microsoft Office Excel, Microsoft Office Word, OpenOffice.org, MYOB dan lain-lian.
Jenis-jenis software berdasarkan distribusinya adalah sebagai berikut:
  • Freeware adalah software yang bisa dimiliki dan digunakan secara gratis tanpa adanya batasan waktu tertentu. Software jenis ini biasanya mempunyai fitur yang kurang lengkap dan kurang maksimal.
  • Adware adalah software yang bisa diperoleh dan digunakan secara gratis, tetapi dengan kompensasi adanya iklan yang muncul pada komputer user.
  • Spyware adalah software yang dirancang khusus untuk memata-matai segala bentuk aktivitas pengguna komputer. Software jenis ini bisasanya banyak disalahgunakan, misalnya yaitu digunakan untuk mencuri data dari komputer lain.
  • OpenSource adalah software yang kode sumbernya bisa dibuka, diubah, ditingkatkan dan bisa disebar luaskan. Software jenis ini biasanya bisa didapat secara gratis dan bisa dikembangkan oleh orang lain dengan menggunakan lisensi GPL (General Public License).
  • Shareware adalah software yang dapat digunakan untuk keperluan tertentu yang dibagikan secara gratis. Biasanya software jenis ini sebagai demonstrasi dengan fitur yang terbatas dan penggunaannya dibatasi waktu misal 30 hari.

Contoh Software

Terdapat banyak sekali contoh software yang digunakan oleh pengguna komputer untuk menunjang kegiatannya sehari-hari, baik itu software gratis maupun software berbayar. Yang termasuk contoh software adalah sebagai berikut ini.
  • Microsoft Windows adalah software sistem operasi komputer yang berbasis command-line.
  • Microsoft Office PowerPoint adalah software yang digunakan untuk membuat presentasi, video dan yang lainnya.
  • Microsoft Office Word addalah software yang digunakan untuk membuat serta mengedit sebuah dokumen.
  • Photoshop adalah software yang digunakan untuk membuat dan mengedit gambar maupun foto.
  • Google Chrome adalah software yang fungsinya sebagai internet browser.
  • FastStone Image Viewer adalah software yang digunakan untuk membuka dan mengedit gambar pada komputer.
  • VLC Media Player adalah software yang digunakan untuk memutar video.

Seperti itulah penjelasan yang dapat kami tuliskan tentang pengertian software, semoga penjelasan yang kami tulis dalam blog temukan pengertian ini dapat memberikan manfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar