--> Skip to main content

Apa itu Google Play Books dan Bagaimana Cara Menggunakannya

Google mempunyai banyak aplikasi yang dapat kita gunakan sehari-hari. Beberapa aplikasi yang sering kita gunakan contohnya yaitu YouTube, Google Mpas, Gmail, dan masih banyak yang lainnya. Selain itu google juga mempunyai aplikasi yang mungkin belum banyak digunakan yaitu Google Play Books. Nah, Apa itu Google Play Books? Berikut ini adalah penjelasannya.

Apa Itu Google Play Books

Apa Itu Google Play Books

Google play books adalah aplikasi buku elektronik yang ditawarkan oleh Google yang dapat digunakan untuk membaca buku. Aplikasi ini terintegrasi dengan Google Play Store sehingga pengguna bisa membeli dan mendownload buku elektronik dari Google Play Store. Terdapat beragam genre buku elektronik yang tersedia di Google Play Books, misalnya buku tentang anak-anak, bisnis, kesehatan, teknologi, dan masih banyak yang lainnya.

Cara Menggunakan Google Play Books

Sesuai dengan namanya, melalui aplikasi google play books anda bisa menemukan beragam buku dari berbagai genre. Selain dapat digunakan untuk membaca buku, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk hal lain. Berikut ini adalah penjelasan cara penggunaan Google Play Books:

1. Untuk Membaca Buku

Untuk membaca buku di Google Play Books caranya sangat mudah yaitu:

  • Buka situs play.google.com/books atau untuk smartphone Android unduh aplikasi Google Play Books yang ada di Play Store dan untuk smartphone iOS di Apple App Store.
  • Carilah buku yang anda inginkan pada Search Bar dengan mengetikkan judul, penulis, ISBN ataupun kata kunci yang lain.
  • Apabila menginginkan hasil pencarian yang lebih rinci maka pilihlah opsi Advanced Search.
  • Apabila anda sudah mendapatkan hasil yang anda inginkan, klik buku tersebut untuk membacanya.

2. Untuk Mengunduh Buku

Apabila anda ingin menyimpan buku yang diinginkan supaya dapat dibaca dilain waktu atau dibaca ketika sedang offline, anda bisa langsung mendownloadnya. Berikut ini adalah cara download google books di Android dan iOS.

  • Bukalah aplikasi Google Play Books melalui smartphone anda.
  • Selanjutnya buka perpustakaan kalian. Apabila anda menggunakan Android, opsi Library ada di bagian bawah. Apabila anda menggunakan iPhone, anda bisa akses Library di sidebar.
  • Apabila Library tersebut masih kosong itu artinya anda harus membeli buku yang anda inginkan terlebih dahulu. Atau bisa juga anda mencari buku yang tersedia secara gratis.
  • Pilihlah buku yang ingin anda download, selanjutnya klik menu tiga titik vertikal pada bagian sisi kanan bawah buku.
  • Dari menu tersebut anda pilih opsi Download, maka buku anda akan otomatis bisa terdonwnload dan bisa anda baca meskipun dalam kondisi offline.

3. Menerjemahkan Buku

Untuk bisa menerjemahkan bagian dari buku yang ada di Google Play Books, caranya cukup mudah, yaitu:

  • Pilihlah buku yang ingin anda terjemahkan.
  • Setelah itu sorot bagian teks yang ingin anda terjemahkan.
  • Sesudah itu akan tampil menu pop up dan pilih opsi terjemahan yang tampak simbol Google Translate.
  • Terjemahan yang dihasilkan dari teks tersebut akan tampil pada bagian bawah. Perlu diketahui fitur ini hanya dapat tersedia pada buku yang dibaca dengan mode Flowing Text.

4. Mengutip Buku Untuk Daftar Pustaka

Dalam mengerjakan tugas kuliah mungkin anda pernah mengutip buku yang ada di google books? Ada cara yang sangat mudah untuk memperoleh informasi tentang bibliografinya yang dapat anda cantumkan dalam daftar pustaka atau catatan kaki.

Caranya yaitu pada buku yang anda kutip, klik menu dan pilihlah opsi About Books. Selanjutnya scroll sampai pada bagian Additional Information yang letaknya ada di bagian bawah. Dari sinilah anda bisa memperoleh informasi seperti nama penerbit, tahun terbit, ISBN, dan informasi lainnya yang terkait.

Caranya, cari buku yang telah kalian kutip kemudian klik menu dan pilih opsi About Books. Setelah itu scroll hingga bagian Additional Information yang berada di bagian bawah. Di sini kalian bisa mendapatkan informasi seperti penerbit, tahun penerbitan, ISBN dan informasi terkait lainnya.

Buka Komentar
Tutup Komentar