--> Skip to main content

Pengertian Berita Dan Macam-Macam Topik Berita

Berita menjadi sebuah informasi yang penting untuk diketahui masyarakat agar tidak ketinggalan informasi. Berita sendiri ada bermacam-macam, misalnya berita olah raga yang menyajikan Berita Bola, bulu tangkis, motogp, pencak silat dan lain-lain. Nah, supaya lebih mengerti dengan apa yang dimaksud dengan berita, kamu harus tahu pengertian berita dan macam-macam topik berita. Berikut ini adalah penjelasannya.

Pengertian Berita

Pengertian Berita

Berita adalah laporan tentang suatu kejadian atau peristiwa yang aktual atau terbaru, laporan tentang fakta-fakta yang aktual, dinilai penting, dan menarik perhatian. Dapat pula didefinisikan bahwa berita yaitu laporan mengenai fakta atau ide terbaru yang bersifat benar, menarik, dan penting untuk sebagian besar masyarakat.

Dalam proses pembuatan berita, para jurnalis melakukan pencarian berita dengan mengumpulkan berbagai fakta yang ditemukannya di lapangan. Selanjutnya disusun dan dilaporkan kepada masyarakat sebagai berita melalui media masa baik itu media cetak maupun media elektronik.

Pengertian Berita Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa penjelasan tentang definisi berita menurut para ahli:

1. Pengertian Berita Menurut Nasution

Berita yaitu suatu laporan tentang peristiwa yang terjadi dan secara umum ingin diketahui, sifatnya aktual, berhubungan dengan tokoh yang terkemuka, telah terjadi pada lingkungan pembaca, dan akibat dari peristiwa tersebut dapat memberikan pengaruh pada pembaca berita.

2. Pengertian Berita Menurut Jani Yosef

Berita adalah sebagai laporan terkini mengenai fakta menarik atau penting bagi khalayak, yang disebarluaskan melalui media massa.

3. Pengertian Berita Menurut Djuraid

Berita adalah pemberitahuan atau laporan tentang terjadinya peristiwa atau keadaan yang baru terjadi dan sifatnya umum yang disampaikan oleh seorang wartawan dari media massa.

4. Pengertian Berita Menurut Sumadiria

Berita adalah laporan tercepat melalui media berkala, tentang fakta atau ide terbaru yang menarik, benar, dan juga penting untuk sebagian besar khalayak.

5. Pengertian Berita Menurut Paul De Maeseneer

Berita yaitu informasi tentang kejadian baru yang bersifat penting dan bermakna yang dapat memberikan pengaruh pada para pendengarnya serta relevan dan layak untuk dinikmati oleh pendengarnya.

Macam-Macam Topik Berita

Ada bermacam-macam topik berita yang biasa di baca atau ditonton oleh masyarakat, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Berita Olahraga

Berita yang menyajikan tentang hal-hal yang berkaitan dengan olahraga, misalnya berita pertandingan sepak bola Liga Champions, Liga Inggris, liga spanyol, liga italia, piala dunia dan lain-lain.

2. Berita politik

Berita yang menyajikan kegiatan politik, seperti berita tentang partai politik, berita tentang pemilihan presiden, tentang pilkada, lembaga masyarakat, pemerintahan, pejabat, DPR, MPR dan lain-lain.

3. Berita teknologi

Berita yang berhubungan dengan teknologi informasi misalnya berita yang mengulas tentang dunia internet, gadget, komputer, software, hardware, social media, game, aplikasi, fotografi, dan lain-lain.

4. Berita ekonomi

berita yang berkaitan dengan masalah ekonomi seperti berita bisnis, makro, keuangan, investasi, harga emas, saham, tanah, kurs nilai tukar, pajak dan lain-lain.

5. Berita pendidikan

Berita pendidikan adalah berita yang berkaitan dengan masalah pendidikan seperti berita beasiswa, berita siswa berprestasi, berita kurikulum, berita sekolah favorit dan lain-lain.

6. Berita kesehatan

Berita yang menyajikan informasi tentang kesehatan, misalnya berita tentang vaksin, berita tentang wabah penyakit, berita tentang pencegahan dan pengendalian penyakit, tips hidup sehat dan lain-lain.

Demikian penjelasan tentang pengertian berita dan macam-macam topik berita yang dapat kami sebutkan, yang sebenarnya masih banyak topik-topik berita yang lainnya. Semoga penjelasan yang telah kami tulis di atas dapat bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar