Skip to main content

Pengertian Saham dan Jenis jenis Saham

Pengertian saham dan jenis jenis saham - Dalam sebuah perusahaan ada yang namanya saham. Saham merupakan hal yang sangat penting yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Mungkin diantara kamu ada yang sering mendengar istilah “saham” dan sudah tahu tentang apa itu saham. Namun diantara kamu pastinya ada juga yang belum tahu tentang apa yang dimaksud saham. Untuk itulah pada pembahasan kali ini kami akan mengulas tentang apa yang dimaksud dengan saham. Di sini selain kami bahas tentang definisi dari saham juga kami bahas tentang jenis jenis saham untuk menambah wawasan kita tentang arti dari saham. Seperti apakah saham itu? Mari simak penjelasannya tentang pengertian dan jenis jenis saham berikut ini.

Pengertian Saham dan Jenis jenis Saham

Pengertian Saham

Pengertian saham adalah sertifikat yang bisa menunjukkan bukti kepemilikan dari suatu perusahaan. Sedangkan untuk pengertian saham secara singkat ialah sebuah surat tanda bukti kepemilikan dari suatu perusahaan yang telah go-public. Seorang pemegang saham mempunyai hak klaim atas aktiva dan penghasilan dari perusahaan.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Jenis jenis Saham

Adapun macam-macam saham atau jenis-jenis saham terbagi menjadi beberapa kelompok atau bagian. Untuk penjelasan tentang jenis jenis saham adalah sebagai berikut ini.

1. Jenis Saham Dari Segi Hak Tagih atau Klaim

Jenis saham ini dibagi menjadi 2 saham yaitu saham biasa dan saham preferen.

  • Saham biasa adalah jenis effek yang sering digunakan oleh emiten untuk mendapatkan dana dari masyarakat dan juga termasuk saham yang populer di pasar modal. Karakteristik saham biasa adalah sebagai berikut ini.
    • Hak akan suara proporsianal pada pemilihan direksi dan keputusan yang alin yang ditentukan ketika rapat umum pemegang saham.
    • Hak klaim terakhir terhadap perusahaan apabila perusahaan telah dilikuidasi.
    • Hak memesan efek pertama-tama sebelum efek tersebut ditawarkan ke masyarakat.
    • Deviden, jika perusahaan mendapatkan laba kemudian disetujui dalam rapat umum pemegang saham.
  • Saham preferen adalah jenis efek yang mempunyai sifat setengah saham serta setengah utang. Karena itulah karakteristik saham preferen adalah sebagai berikut ini.
    • Pembayaran deviden dalam jumlah yang tetap.
    • Apabila perusahaan dilikuidasi, maka hak klaim lebih dulu dibanding dengan saham biasa.
    • Bisa dikonversikan ke dalam saham biasa.
    • Dalam rapat umum pemegang saham tidak mempunyai hak suara.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

2. Jenis Saham Dari Segi Cara Peralihan

Jenis saham ditinjau dari segi cara peralihan dibagi menjadi saham ata sunjuk dan saham atas nama.

  • Saham atas unjuk adalah saham yang tidak tertulis nama pemiliknya, sehingga membuat saham tersebut bisa dipegang oleh investor satu ke investor yang lainnya.
  • Saham atas nama adalah saham yang nama pemiliknya tertulis dengan jelas dan dalam peralihan pemegang saham ini melalui mekanisme dan prosedur tertentu.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

3. Jenis Saham Berdasarkan Kinerja Perdagangan

Jenis saham menurut kinerja perdagangannya terbagi menjadi sebagai berikut ini.

  • Saham blue chip stock adalah saham yang mempunyai reputasi yang tinggi dan termasuk pemimpin dalam industri dengan mempunyai pendapatan yang stabil dan konsisten dalam membayar deviden.
  • Saham income stock adalahsaham emiten yang mempunyai kemampuan dalam membayar deviden melebihi rata-rata deviden dan dibayarkan di tahun sebelumnya.
  • Saham growth stock, jenis saham growth stock dibedakan menjadi 2 yaitu sebagai berikut.
    1. Well-known adalah saham suatu emiten dengan pertumbuhan pendapatan yang tinggi sebagai pemimpin suatu industri yang mempunyai reputasi tinggi.
    2. Lesser-known adalah saham suatu emiten yang tidak berperan sebagai pemimpin perusahaan atau industri.
  • Saham speculative stock adalah saham yang konsisten dengan penghasilan setiap tahun, yang diprediksi akan mempunyai penghasilan di masa yang akan datang.
  • Saham cyclical stock adalah saham yang terganggu akan kondisi ekonomi makro serta situasi bisnis secara umum.
  • Saham defensive stock adalah saham yang stabil meskipun dalam kondisi yang resi atau tidak menentu.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Itulah penjelasan dari kami tentang pengertian saham dan jenis jenis saham. Semoga apa yang kami jelaskan dalam blog temukan pengertian di atas dapat bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar