--> Skip to main content

Pengertian Gaji, Fungsi, Bentuk dan Faktor yang Mempengaruhi

Informasi seputar gaji memang sangat penting bagi kamu yang baru saja menyelesaikan pendidikan dan akan bekerja di sebuah perusahaan. Dalam mencari sebuah pekerjaan, biasanya orang akan mempertimbangkan gaji yang akan didapatkannya. Sehingga, memahami tentang apa itu gaji akan membuat kamu lebih mudah dalam menetapkan gaji yang ingin kamu dapatkan dari perusahaan.

Pengertian Gaji

Pengertian Gaji

Gaji adalah pembayaran yang dilakukan oleh perusahaan secara rutin kepada karyawannya untuk pekerjaannya baik itu dibayarkan harian, bulanan bahkan tahunan. Tetapi, rata-rata kebanyakan perusahaan memberikan Gaji Karyawan itu setiap bulan. Dalam hal ini karyawan akan dibayar dengan sejumlah uang yang tetap untuk setiap bulannya.

Gaji menjadi sesuatu yang sangat penting bagi setiap karyawan yang bekerja pada sebuah perusahaan, karena dengan diberikannya gaji seseorang karyawan dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam memberikan gaji sebagian perusahaan ada yang menyesuaikan dengan UMP (Upah Minimum Provinsi) dan ada juga yang menyesuaikan dengan UMK (Upah Minimum Kabupaten).

Fungsi Gaji

Adapun beberapa fungsi gaji diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Gaji dapat menarik seorang pekerja yang memiliki skil keahlian tertentu ke dalam perusahaan.
  • Gaji dapat mendorong karyawan supaya bekerja lebih giat dan semakin menunjukan prestasinya.
  • Gaji dapat memelihara prestasi karyawan selama masa priode yang panjang.

Bentuk–bentuk Gaji

Ada beberapa bentuk gaji yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawannya. Adapun beberapa bentuk-bentuk gaji diantaranya adalah sebagai berikut ini.

1. Gaji Pokok

Gaji pokok merupakan besarnya gaji yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan sesuai dengan jabatan dan juga jasa yang diberikan oleh karyawan kepada perusahaan. Maka dari itulah, pada waktu karyawan tersebut pertama kali bekerja telah ditetapkan gaji pokok minimumnya.

2. Gaji Tunjangan

Gaji tunjangan dapat diberikan oleh perusahaan kepada karyawannya berdasarkan dari kebutuhan dan biasanya dapat diberikan sebesar gaji karyawan satu bulan.

3. Gaji Insentif

Gaji insentif merupakan gaji yang diberikan perusahaan kepada karyawan dalam bentuk uang makan, uang transport dan juga uang lembur.

4. Gaji Bonus Tahunan

Merupakan sebuah bonus yang diberikan perusahaan kepada karyawan dalam setahu yaitu setiap bulan dsember jika perusahaan dalam posisi untung atau laba. Biasanya besarnya bonus tahunan yang diberikan ini sesuai dengan prestasi setiap karyawan.

Faktor Yang Mempengaruhi Gaji

Ada berbagai faktor yang mempengaruhi gaji karyawan diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Kemampuan Perusahaan

Skala bisnis perusahaan dan kondisi finansial perusahaan sangat berpengaruh terhadap kemampuan perusahaan dalam menggaji karyawannya. Sehingga besarnya gaji karyawan juga tergantung dari kemampuan perusahaan tempatnya bekerja.

2. Jabatan dan Tanggung Jawab

Jabatan dan tanggung jawab seorang karyawan di sebuah perusahaan berpengaruh pada gaji yang diterimanya. Jadi, semakin tinggi jabatan dan semakin besar tanggung jawabnya maka gaji yang diterimanya akan lebih besar.

3. Produktivitas & Penilaian Kerja

Besarnya gaji yang diterima karyawan biasanya tergantung juga pada produktivitas kerja dan juga penilaian kerjanya. Misalnya pencapaian target dalam menyelesaikan pekerjaan, hasil pekerjaan, kedisiplinan, dan lain-lain.

4. Masa Kerja

Biasanya masa kerja seorang karyawan juga dapat mempengaruhi besarnya gaji yang diterima. Perusahaan memberikan kenaikan gaji kepada karyawan yang masa kerjanya lama adalah sebagai bentuk penghargaan perusahaan kepada karyawannya. Hal tersebut karena karyawan telah memberikan kontribusi dan loyalitas terhadap perusahaan selama masa kerjanya.

5. Regulasi Pemerintah

Setiap tahunnya pemerintah mengumumkan besarnya Upah Minimum Provinsi (UMP) dan juga Upah Minimum Kabupaten (UMK). Biasanya perusahaan akan memberikan gaji kepada karyawan berdasarkan besarnya UMP atau UMK untuk karyawan dengan posisi terendah.

Jadi, besarnya Gaji karyawan setiap perusahaan di Indonesia itu berbeda-beda karena ada berbagai faktor yang mempengaruhinya. Demikianlah penjelasan yang dapat kami tulis tentang pengertian gaji, fungsi, bentuk dan faktor yang mempengaruhinya. Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar