--> Skip to main content

Mengenal Masakan Padang Yang Sangat Populer

Selain masakan rumahan yang biasa kamu makan sehari-hari, kamu juga perlu tahu berbagai macam masakan padang. Padang meruapkan salah satu daerah di Indonesia yang mempunyai beragam budaya, tempat wiisata hingga kuliner. Ada berbagai macam masakan khas padang yang sangat populer di Indonesia bahkan hingga di luar negeri.

Masakan Padang

Masakan padang selama ini dikenal sebagai masakan yang memiliki cita rasa khas yang dapat menggugah selera makan. Masakan padang merupakan masakan yang identik dengan bumbu rempahnya yang melimpah, dengan proses memasaknya yang cukup lama sehingga dapat membuat masakannya matang dengan sempurna dan menghasilkan cita rasa yang khas.

Masakan Padang yang Populer

Masakan padang tidak hanya populer di padang saja tetapi juga di seluruh wilayah Indonesia. Untuk mengetahui apa saja masakan padang yang populer, berikut ini adalah beberapa masakan khas padang yang sangat populer dan menggugah selera.

Rendang

Rendang merupakan masakan pertama khas padang yang sangat populer. Rendang tidak hanya populer di Indonesia saja, di luar negeri pun juga sangat populer dan digemari para pecinta kuliner. Bahkan berdasarkan versi CNN, masakan rendang ini telah dinobatkan menjadi satu dari seratus makanan yang terlezat di dunia.

Soto Padang

Masakan padang yang populer selanjutnya adalah soto padang. Soto padang mempunyai ciri-ciri menggunakan dendeng atau daging goreng sebagai topingnya.

Sate Padang

Selain terkenal dengan masakan rendang dan masakan sotonya, padang juga terkenal dengan satenya yang khas. Sate padang mempunyai cita rasa yang sangat khas dan begitu menggugah selera makan. Sate padang dibuat dengan menggunakan bumbu rempah pilihan yang lebih komplit apabila dibandingkan dengan umumnya sate lain.

Dendeng Batokok

Masakan padang yang populer selanjutnya yaitu dendeng batokok. Yang membedakan antara dendeng batokok dengan dendeng yang lain adalah proses pembuatannya. Dimana dalam proses pembuatannya dagingnya diketok-ketok atau digepuk-gepuk terlebih dahulu sebelum akhirnya dimasak bersama dengan bumbunya.

Ayam Goreng Laos

Ayam goreng laos merupakan ayam goreng khas padang yang mempunyai ciri-ciri tersendiri yaitu terdapat bumbu laos dan lengkuasnya. Bumbu laos dan lengkuas pada ayam goreng ini mampu menciptakan cita rasa yang sangat khas. Ayam akan terasa semakin gurih apalagi kalau dimakan bersama dengan nasi putih hangat dengan ditambahkan taburan lengkuas parut yang garing dan renyah.

Kalio Dagiang

Selanjutnya masakan khas padang yang juga populer adalah kalio dagiang. Kalio dagiang adalah makanan yang mirip seperti rendang akan tetapi bumbunya lebih encer dan lebih cerah. Kalio dagiang tidak hanya dibuat menggunakan daging merah saja, tetapi ada juga yang dibuat dari daging ayam, hati ayam, hati sapi, limpa sapi dan ada juga yang dari kentang.

Nasi Kapau

Masakan khas padang berikutnya yaitu nasi kapau. Nasi kapau merupakan nasi yang ada warna kuningnya karena ada penggunaan kunyit di dalamnya. Biasanya nasi kapau disajikan bersama dengan rendang, ayam goreng, dendeng, telur atau lauk ikan asin.

Demikianlah penjelasan yang dapat kami tulis tentang beberapa masakan khas padang yang sangat populer. Selain beberapa yang telah kami sebutkan di atas, padang juga masih punya banyak masakan khas yang lainnya seperti nasi sala, cancang, pinyaram, sala lauak, lompong sagu, teh talua, palai rinuak, gulai paku dan lain-lain. Dari sekian banyaknya masakan padang, ngomong-ngomong mana saja sih yang menjadi favoritmu? Tulis di komentar ya.

Buka Komentar
Tutup Komentar