--> Skip to main content

Apa Itu eCommerce Enabler

Bagi seseorang yang sedang memulai berbisnis online tentunya ada berbagai hal yang perlu untuk dipelajari. Mulai dari pemilihan produk yang tepat, melakukan promosi yang baik hingga memperluas jangkauan bisnis menggunakan eCommerce enabler. Apa itu eCommerce enabler? Istilah tersebut mungkin bagi sebagian pebisnis online masih terasa asing. Nah, bagi yang ingin tahu lebih lanjut tentang ecommerce enabler berikut ini adalah penjelasannya.

Apa Itu eCommerce Enabler

Apa Itu eCommerce Enabler

eCommerce enabler adalah tenaga yang profesional yang berperan dalam menyediakan berbagai fasilitas untuk pengelolaan e-talling sehingga sebuah bisnis dapat dijalakan secara lebih efisien. Dapat pula didefinisikan bahwa eCommerce enabler adalah sebuah perusahaan yang menyediakan layanan secara khusus untuk para klien yang ingin berjualan online secara lebih efisien. eCommerce enabler hadir untuk menghubungkan sebuah bisnis online dengan mitra lain yang terdapat dalam rantai eCommerce, contohnya marketplace sebagai platform untuk berjualan online, third person logistic (3PL) atau penyedia jasa pengiriman pihak ketiga, dan payment gateway atau gerbang pembayaran untuk keperluan transaksi pembayaran.

Peran eCommerce Enabler

Adapun beberapa peran inti yang ada pada eCommerce enabler untuk mendukung kesuksesan sebuah bisnis adalah sebagai berikut:

Manajemen Toko Online

eCommerce enabler bisa membantu dalam menangani berbagai kegiatan operasional harian hingga promosi secara online. Tentunya ini akan membantu sebuah bisnis bisa meningkatkan penjualan sekaligus membangun brand awareness. Selain itu eCommerce enabler juga dapat membantu dalam membangun online presence secara lebih optimal.

Manajemen Produk

eCommerce enabler bisa membantu mengelola semua list produk dan harganya. Selain itu juga dapat membantu dalam memeriksa promo dan terlibat secara lebih dekat dengan berbagai platform online lain supaya bisnis tetap terlihat lebih profesional.

Iklan Digital

Saat ini pemasaran digital telah menjadi pilihan promosi yang sangat populer, bahkan jenis pemasaran ini dapat mengalahkan promosi melalui surat kabar maupun televisi. eCommerce enabler tentunya mempunyai pakar teknis yang tidak hanya dapat membantu dalam mempertimbangkan manajemen akun dan pemasaran saja, akan tetapi juga berfokus pada minat dan demografi ketika memasang iklan. Tentunya langkah ini dapat mempercepat bisnis untuk meraih kesuksesan.

Support atau Layanan Pelanggan yang Profesional

Dalam sebuah bisnis loyalitas pelanggan sangat ditentukan pada dukungan yang diberikan. Layanan pelanggan bersifat sangat menuntut dan harus dapat dilakukan secara profesional. eCommerce enabler mempunyai tim yang berpengalaman dan siap untuk membantu dalam mengelola. Dengan dukungan pelanggan yang baik, maka dapat membangun kepercayaan dan meningkatkan kepuasan para pelanggan. Hingga akhirnya, hal tersebut dapat meningkatkan citra brand.

Pengiriman Pesanan

Beberapa pebisnis online banyak yang mengalami kendala dalam pengiriman hingga akhirnya mereka ditinggalkan para pelanggannya. Keberadaan eCommerce enabler ini bisa meminimalisasi waktu pemrosesan pesanan dengan respon dan pengiriman produk yang cepat. Selain itu, eCommerce enabler juga mempunyai gudang supaya proses pemenuhan pesanan menjadi lebih singkat.

Membantu Pembuatan Laporan

Semua sektor dan jenis bisnis tentunya akan menghasilkan banyak jenis laporan, mulai dari laporan penjualan, analitik, hingga laporan keuangan. Untuk memeriksa bagaimana kemajuan bisnis, maka diperlukan laporan yang detail. eCommerce enabler yang profesional dan terampil bisa dengan tepat menyajikan data yang diperlukan untuk bisnis agar bisa tumbuh ditengah persaingan yang ketat.

Demikian penjelasan yang dapat kami tulis tentang apa itu eCommerce enabler dan peran eCommerce enabler. Semoga penjelasan yang telah kami tulis di atas dapat menambah wawasan kamu khususnya bagi yang saat ini sedang memulai berbisnis.

Buka Komentar
Tutup Komentar