--> Skip to main content

Pengertian Personal Growth Manfaat dan Cara Mendapatkan

Seiring dengan pentingnya kemampuan personal growth ketika memasuki dunia kerja membuat pelatihan personal growth Jakarta semakin banyak dicari. Selain itu, dengan kemampuan ini juga dapat memberikan gambaran tentang kelebihan dan kukurangan yang dimiliki. Lalu apa itu personal growth? Nah, bagi kamu yang belum tahu, berikut ini adalah penjelasan tentang pengertian personal growth yang bisa kamu simak.

Pengertian Personal Growth

Personal growth adalah pertumbuhan atau perkembangan diri yang merupakan proses berkelanjutan yang ada dalam kehidupan setiap orang agar bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya. Dapat dikatakan bahwa personal growth adalah cara setiap orang dalam belajar dan tumbuh baik itu secara emosional, intelektual maupun profesional dengan berbagai keterampilan yang positif.

Selain itu kemampuan personal growth juga melibatkan cara menilai keterampilan, kualitas diri, passion, dan kemampuan untuk berhasil dalam hidup serta menjalin hubungan baik dengan orang lain. Biasanya perkembangan yang dirasakan muncul dalam berbagai bentuk. Contohnya, cara pengambilan keputusan yang relevan dengan pemberdayaan diri, rasa kepercayaan diri yang baik dan sifat kompetitif yang sehat. Bentuk personal growth dalam kehidupan profesional yang dapat kamu raih adalah kematangan diri secara emosional dan pengembangan karier di tempat kamu bekerja.

Manfaat Personal Growth

Personal growth memang bisa memberikan perspektif terkait dengan kelebihan dan kekurangan diri sendiri. Tetapi personal growth juga memiliki beberapa manfaat lain yang tentunya sangat menguntungkan untuk karier. Berikut ini adalah beberapa manfaat personal growth yang bisa dirasakan.

  • Dapat memberikan motivasi kerja.
  • Sebagai cara untuk menambah wawasan dan skill baru.
  • Dapat mempererat hubungan dengan sesama rekan di kantor.
  • Dapat menjadikan seorang pekerja yang baik di mata atasan.
  • Meningkatkan fokus untuk dapat meraih tujuan karier.
  • Sebagai cara untuk memberdayakan kesehatan yang baik dan efektif.

Cara Mendapatkan Personal Growth

Personal growth bisa memberikan pandangan yang lebih baik terkait cita-cita dan tujuan dalam kehidupan yang profesional. Untuk mendapatkan personal growth kamu tidak hanya megandalkan mengikuti pelatihan personal growth atau mengikuti seminar pengembangan diri saja tetapi ada beberapa hal yang juga perlu kamu lakukan untuk meraih personal growth dengan baik.

1. Terus Belajar

Agar bisa mendapatkan pengetahuan dan skill yang baru terutama pada saat berada di tempat kerja, maka yang perlu dilakukan adalah terus berusaha dan belajar. Selain itu, juga harus siap untuk menerima kritik dan saran dari orang lain sebagai pembelajaran untuk menjadi lebih baik.

2. Memprioritaskan Kesehatan

Meskipun kerja keras dapat membuahkan hasil, akan tetapi jangan sampai mengorbankan waktu istirahat hanya untuk mengejar cita-cita karir. Ada waktu dimana tubuh dan mental harus beristirahat beberapa waktu meskipun banyak pekerjaan. Alasannya yaitu jika tubuh kurang sehat karena teralalu memaksakan diri untuk bekerja maka kualitas pekerjaan juga akan menurun. Maka dari itulah memprioritaskan kesehatan itu sangat penting. Ingatlah bahwa personal growth adalah mengambil keputusan yang menguntungkan diri.

3. Evaluasi diri secara rutin

Melakukan evaluasi diri secara rutin bisa membantu dalam mempelajari kelebihan dan kekurangan diri sendiri. Apalagi sebagai seorang pekerja harus mempunyai kemampuan tertentu agar dapat meraih kesuksesan, termasuk jenjang karir yang terus naik. Meskipun tidak semua hal bisa dikuasai, tetapi selalu ada cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan kemampuan diri.

4. Membuat list apa saja yang ingin dicapai

Jika sering melakukan evaluasi diri, maka akan bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan yang ada dalam diri. Dari sinilah kamu bisa membuat list apa saja yang akan kamu kembangkan dari diri sendiri berdasarkan prioritas sehingga bisa membuat perencanaan sistematis. Misalnya, kamu mengalami kegagalan pada suatu pekerjaan tertentu. Setelah melakukan evaluasi diri, kamu dapat mengetahui permasalahan yang ada dan akhirnya terbentuk list personal growth sehingga di kesempatan berikutnya kamu bisa berhasil menyelesaikan pekerjaan tersebut.

5. Meminta Bantuan

Jika telah membuat list dan mengetahui apa saja yang ingin dicapai, jika kamu mengalami kesulitan untuk meraihnya maka kamu bisa meminta bantuan orang lain. Misalnya jika kamu bingung dengan pekerjaan yang kamu kerjakan maka kamu bisa bertanya atau meminta bantuan dari rekan kerja, teman maupun atasan.

6. Menghargai Diri Sendiri

Kesalahan yang banyak dilakukan oleh para pekerja adalah kurangnya memberikan apresiasi terhadap pencapaian yang telah diraihnya. Banyak orang yang beranggapan bahwa pencapaian kecil bukanlah sesuatu yang perlu dirayakan. Nah, pemikirin seperti inilah yang perlu diluruskan karena menghargai pencapaian yang berhasil diraih itu sangat penting meskipun itu kecil.

Demikian penjelasan yang dapat kami tulis tantang pengertian personal growth manfaat dan cara mendapatkannya, semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar