--> Skip to main content
Menu

Pengertian Ekstasi Dampak Negatif dan Pemulihan Kecanduan Ekstasi

Ekstasi merupakan salah satu jenis narkoba atau obat terlarang yang bisa sangat merugikan jika digunakan karena dapat menyebabkan kecanduan. Selain itu, ekstasi juga dapat menyebabkan halusinasi dan perubahan emosi yang secara drastis. Namun, meskipun demikian masih banyak juga yang menyalahgunakannya untuk mendapatkan sensasi sesaat tertentu. Oleh karena itulah penting untuk mengetahui tentang pengertian ekstasi dan cara pemulihan kecanduan ekstasi.

Pengertian Ekstasi Dampak Negatif

Pengertian Ekstasi

Ekstasi adalah obat yang memiliki nama lengkap Methylene Dioxy Meth Amphetamin (MDMA) dengan memiliki bentuk tablet, pil atau kapsul dengan dengan ciri khas warna-warni. Ekstasi sendiri termasuk kedalam zat psikotropika golongan 1 yang dapat memberikan efek ketergantungan yang sangat kuat sehingga menyebabkan kecanduan. Selain itu juga bisa menyebabkan halusinasi dan perubahan emosi yang secara drastis, maka dari itulah penyalahgunaan obat ini sangat dilarang.

Seseorang yang mengkonsumsi ekstasi secara berlebihan dapat menyebabkan mengalami overdosis. Sehingga hal tersebut bisa membahayakan kesehatan maupun nyawa orang yang mengkonsumsinya. Jadi, efek samping dari zat adiktif ekstasi ini dapat menyebabkan kerugian yang besar bagi penggunanya karena dapat memberikan dampak negatif.

Dampak Negatif Penggunaan Ekstasi

Jika seseorang mengkonsumsi obat terlarang ini tentunya akan ada banyak dampak negatif yang akan dialaminya baik itu secara fisik maupun psikisnya. Maka dari itulah jangan sekali-kali menggunakan obat ini karena dapat berdampak buruk. Adapun beberapa dampak negatif yang ditimbulkan dari penggunaan ekstasi diantaranya adalah sebagai berikut:

Bibir kering dan pecah pecah

Hal ini dapat terjadi karena cairan di dalam tubuh telah berkurang digunakan untuk mencerna ekstasi sehingga dapat menyebabkan tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi, mengalami bibir kering dan pecah-pecah serta merasa kehausan. Sehingga hal ini menyebabkan wajah terlihat pucat.

Muncul Perasaan Bahagia Semu

Kebahagiaan tersebut hanya bisa dirasakan sementara karena terjadi perubahaan emosi sesaat atau semu. Mulai dari hilangnya perasaan cemas, sedih maupun depresi yang membuat pengguna seolah-olah merasa senang. Meskipun demikian, obat terlarang ini tetap saja tidak dapat menyelesaikan masalah seseorang dan justru dapat berdamapak buruk .

Terjadi Kerusakan Organ Tubuh

Dibalik munculnya perasaan senang yang sesaat, organ-organ yang ada di dalam tubuh akan dipaksa untuk bekerja secara ekstra selama 3-4 jam. Tentunya hal ini dapat menyebabkan organ-organ dalam tubuh mengalami kerusakan. Itulah kenapa sangat dianjurkan untuk menjauhi obat terlarang ini.

Kerusakan Otak

Terjadinya kerusakan otak dapat disebabkan karena mengkonsumsi obat terlarang dalam jangka panjang atau dalam jumlah yang berlebihan. Efek yang ditimbulkan dari kerusakan otak ini yaitu dapat memicu penyakit stroke, kelumpuhan otak hingga membuat daya ingat menjadi menurun. Bahkan, apabila sudah parah maka bisa menyebabkan kematian.

Pemulihan Kecanduan Ekstasi

Cara pemulihan kecanduan ekstasi adalah dengan menjalani program rehabilitasi narkoba di tempat rehabilitasi narkoba. Program rehabilitasi narkoba merupakan upaya pemulihan secara terpadu melalui metode dan tahapan yang tepat. Program rehabilitasi narkoba menurut UU tentang narkotika pasal 54, itu mencakup 2 hal, yaitu rehabilitasi medis dan rehabilitasi sosial. Dimana, dalam program rehabilitasi medis ini program yang dijalankan dapat berupa pemeriksaan kesehatan, intake, skrining, asesmen, serta konseling medis. Sementara, rehabilitasi sosial dapat berupa orientasi program, konsultasi dengan psikolog, individual konseling, serta asesmen sosial. Untuk menjalani kegiatan rehabilitasi narkoba diperlukan niat yang kuat dan memerlukan waktu yang tidak sebenatar selama proses pemulihan agar pecandu bisa merasakan manfaat rehabilitasi yang telah dijalaninya sehingga nantinya bisa menjadi pribadi baru, yang sehat dan produktif. Selain itu, peran penting dari orang terdekat seperti keluarga maupun sahabat sangat diperlukan supaya proses pemulihan bisa berjalan lebih lancar dan bisa terbebas dari jerat obat terlarang tersebut.

Demikian informasi tentang pengertian ekstasi, dampak negatif dan pemulihan kecanduan ekstasi yang dapat kami tuliskan di sini. Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat.