--> Skip to main content
Menu

Pengertian Kesehatan Mental dan Cara Menjaganya

Seperti halnya kesehatan fisik, setiap orang juga memiliki kesehatan mental yang harus dijaga dengan baik. Apabila kesehatan mental terganggu, maka kondisi fisik dan kualitas hidup bisa menjadi menurun. Untuk mengetahui lebih jauh tentang apa itu kesehatan mental, maka pada pembahasan kali ini akan kami ulas tentang pengertian kesehatan mental. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya.

Pengertian Kesehatan Mental

Mental merupakan sesuatu yang berhubungan erat dengan batin dan watak manusia. Sehingga dapat dikatakan bahwa pengertian kesehatan mental adalah kondisi ketika batin dan watak seseorang dalam keadaan normal, merasa tentram dan tenang, sehingga bisa menjalani berbagai aktivitasnya dan menikmati kehidupannya sehari-hari.

Kesehatan mental merupakan suatu hal yang bersifat pribadi dan individu. Dimana dalam hal ini dapat menentukan tentang bagaimana seseorang bisa berhubungan dengan orang lain, mengatasi stres dan menentukan pilihan. Jadi kesehatan mental adalah cara dalam berpikir, merasakan dan cara bertindak.

Apabila kesehatan mental seseorang terganggu, maka bisa menimbulkan penyakit mental atau gangguan mental pada diri seseorang. Gangguan mental bisa mempengaruhi cara seseorang dalam berhubungan dengan orang lain, mengatasi stres, dan menentukan pilihan hingga memicu hasrat untuk menyakiti diri sendiri. Maka dari itulah penting sekali untuk selalu menjaga kesehatan mental.

Cara Menjaga Kesehatan Mental

Seperti yang telah disebutkan diatas, bahwa menjaga kesehatan mental itu sangat penting dilakukan oleh setiap orang. Karena, dengan menjaga kesehatan mental maka kita bisa menikmati dan menjalani kehidupan sehari-hari dengan baik serta bisa terhindar dari berbagai macam penyakit.

Agar bisa mendapatkan manfaat tersebut, maka perlu memperhatikan beberapa langkah atau cara menjaga kesehatan mental berikut ini:

  • Berbicara atau curhat tentang perasaan yang kamu alami kepada orang terdekat atau orang yang kamu percaya, dapat membantumu merasa mendapat dukungan dan tidak merasa sendirian.
  • Berpikir positif, karena pikiran yang negatif dapat mempengaruhi kesehatan mentalmu.
  • Bisa menerima dan mensyukuri segala sesuatu yang telah kamu miliki.
  • Lakukanlah aktivitas yang kamu sukai, yang bisa menyenangkan dan tentunya menyehatkan.
  • Menjaga pola makan sehat agar fungsi otak dan organ tubuh yang lain bisa selalu terjaga dengan baik dengan demikian kesehatan mental juga terjaga.
  • Aktif berolahraga, karena dengan berolahraga maka suasana hati bisa lebih meningkat.
  • Dapatkanlah vitamin D alami dari sinar matahari di pagi hari. Vitamin D baik sekali untuk menjaga kesehatan mental, karena dapat membantu otak dalam melepaskan bahan kimia yang bisa meningkatkan mood.
  • Hindari merokok, mengkonsumsi alkohol bahkan narkoba yang bisa mempengaruhi kesehatan mental dan merusak organ tubuh.
  • Beristirahat atau tidur yang cukup agar suasana hati dan emosi lebih terkendali untuk mencegah gangguan kecemasan dan depresi.
  • Bersosialisasi dan menjaga hubungan baik dengan keluarga atau kerabat agar tetap terhubung dengan mereka.
  • Jika mengalami kesulitan untuk melakukan suatu hal atau mengatasi sesuatu, jangan sungkan untuk meminta bantuan kepada orang terdekat seperti keluarga atau kerabat mungkin juga teman.
  • Selain meminta bantuan, penting juga bagi kamu untuk membantu teman yang sedang mengalami kesulitan.

Demikian penjelasan tentang pengertian kesehatan mental dan cara menjaganya. Dimana dengan menerapkan cara-cara tersebut kamu bisa mendapatkan manfaat yang optimal untuk menjaga kesehatan mental. Tetapi, jika kamu merasa mengalami tanda-tanda gangguan mental, seperti merasa ada perubahan suasana hati yang parah, merasa putus asa, hingga memiliki kecenderungan untuk menyakiti diri sendiri dan orang lain, maka sebaiknya kamu perlu berkonsultasi ke ahlinya yaitu ke psikolog atau psikiater. Dilansir dari situs Suara.com peran psikolog atau psikiater sangatlah penting untuk pemulihan mental bagi seseorang yang mengalami ganguan kesehatan mental.