--> Skip to main content
Menu

Pengertian Vitamin dan Fungsi Macam macam Vitamin

Pengertian vitamin dan fungsi macam macam vitamin – Kata vitamin mungkin bukan hal yang baru kita dengar, apalagi dengan vitamin c pastinya semua orang tahu akan manfaat vitamin C. Namun vitamin tidak hanya vitamin c saja tetapi ada banyak macam-macam atau jenis-jenis vitamin. Nah sudah tahukah kamu apa itu vitamin? Apa saja macam macam vitamin dan fungsi vitamin? Bagi kamu pastinya ada yang belum tahu secara detail tentang seperti apakah vitamin itu. Untuk itulah dalam kesempatan ini kami akan mengulas tentang apa yang dimaksud vitamin dan juga menjelaskan asal kata vitamin, agar kamu yang belum bisa menjelaskan definisi dari vitamin bisa tahu seperti apa yang dimaksud dengan vitamin. Di sini selain kami jelaskan tentang arti dari vitamin juga kami berikan penjelasan tentang macam macam vitamin dan sumbernya serta fungsinya.

Pengertian Vitamin dan Fungsi Macam macam Vitamin

Pengertian Vitamin

Pengertian vitamin adalah senyawa kimia yang tidak bisa dibuat sendiri oleh tubuh, namun sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Tubuh membutuhkan vitamin dalam jumlah yang sedikit, namun secara terus-menerus. Vitamin berfungsi untuk pertumbuhan sel, untuk mengatur dan memperbaiki fungsi alat tubuh serta untuk mengatur penggunaan makanan dan juga energi. Tanpa adanya vitamin, manusia, hewan dan makhluk hidup lainnya akan mengalami gangguan kesehatan, dan kekurangan vitamin dapat menyebabkan terkena berbagai macam penyakit.

Untuk bisa memperoleh asupan vitamin tidaklah sulit, karena kebanyakan makanan yang kita konsumsi setiap hari didalamnya terkandung vitamin hanya saja mungkin kita tidak menyadari besar kecilnya vitamin yang terkandung dalam makanan yang kita konsumsi.

Asal Kata Vitamin

Kata Vitamin berasal dari gabungan kata bahasa latin yaitu vita dan amina. Vita berarti hidup dan amina atau amine yaitu mengacu pada sebuah gugus organik yang mempunyai atom nitrogen (N), karena pada mulanya vitamin dianggap demikian. Kemudian diketahui bahwa ada banyak vitamin yang sama sekali tidak mempunyai atom N. Vitamin dipandang dari sisii enzimologi yaitu kofaktor dalam reaksi kimia yang dikatalisasi oleh enzim. Senyawa vitamin ini pada dasarnya digunakan tubuh untuk bisa bertumbuh dan berkembang dengan normal.

Fungsi Vitamin Secara umum

Fungsi vitamin secara umum bagi tubuh adalah sebagai berikut ini:

  • Untuk mengatur zat yang ada dalam tubuh.
  • Mempercepat pertumbuhan.
  • Menguatkan tulang dan gigi.
  • Mempercepat proses penyembuhan penyakit.
  • Memperkuat daya tahan tubuh terhadap penyakit.
  • Memperlambat proses penuaan.
  • Meningkatkan dan menjaga kebugaran tubuh.
  • Menghilangkan rasa capek dan menjaga tubuh agar tetap segar.
  • Membangun sistem imun atau sistem kekebalan tubuh.
  • Sebagai katalisator dalam reaksi biokimia tubuh.

Macam macam Vitamin dan Sumbernya serta Fungsinya

Apa sajakah macam macam vitamin dan sumbernya serta fungsi vitamin untuk tubuh? Nah bagi kamu yang belum tahu tentang macam macam vitamin serta sumber dan fungsinya, kamu bisa menyimak penjelasan tentang macam macam vitamin beserta sumber dan fungsinya berikut ini.

1. Vitamin A

Sumber vitamin A adalah ikan, susu, hati, sayuran berwarna hijau dan kuning, buah-buahan warna merah dan kuning (wortel, cabe merah, pepaya, pisang dan lain-lain). Fungsi vitamin A adalah berperan dalam penglihatan dan juga merupakan salah satu komponen penyusun pigmen mata. Selain itu vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan, kekebalan tubuh, pertumbuhan dan perkembangan serta baik untuk menjaga kesehatan kulit.

2. Vitamin B1

Sumber vitamin B1 adalah daging, gandum, susu, beras, kacang hijau, ragi, telur dan lain-lain. Fungsi vitamin B1 adalah untuk mencegah penyakit beri-beri, menjaga kesehatan jantung dan kesehatan fungsi saraf.

3. Vitamin B2

Sumber vitamin B2 adalah kacang kedelai, sayur-sayuran segar, susu, kuning telur, dan lain-lain. Fungsi vitamin B2 adalah untuk perkembangan sistem tubuh dan untuk kesehatan kulit.

4. Vitamin B3

Sumber vitamin B3 adalah gandum, buah-buahan, hati, ragi, kentang, ginjal, ikan, daging unggas dan lain-lain. Fungsi vitamin B3 adalah untuk meningkatkan nafsu makan, sebagai pengubah kalori menjadi energi dan untuk meningkatkan sistem saraf.

5. Vitamin B5

Sumber vitamin B5 adalah susu, daging, sayur mayur hijau, kacang ijo, hati, ginjal dan lain-lain. Fungsi vitamin B5 adalah berperan dalam reaksi pemecahan nutrisi makanan dan reaksi enzim di dalam tubuh. Selain itu fungsi vitamin B5 juga berfungsi sebagai neurotransmiter antara sistem saraf pusat dan otak serta dapat membantu dalam memproduksi senyawa asam lemak dan hormon pada tubuh.

6. Vitamin B6

Sumber vitamin B6 adalah beras, jagung, kacang-kacangan, ikan hati, ragi, beras tumbuk, daging dan lain-lain. Fungsi vitamin B6 adalah berperan dalam metabolisme nutrisi dan memproduksi antibodi sebagai sistem imun atau pertahanan tubuh.

7. Vitamin B12

Sumber vitamin B12 adalah daging, hati, telur dan lain-lain. Fungsi vitamin B12 adalah untuk mencegah penyakit anemia dan untuk menjaga kesehatan sistem saraf.

8. Vitamin C

Sumber vitamin C adalah jeruk, nanas, tomat, jambu klutuk, sayur segar dan lain-lain. Fungsi vitamin C adalah untuk pembentukan sel darah merah, untuk kesehatan gigi dan gusi, untuk antioksidan dan untuk menjaga sistem imun tubuh.

9. Vitamin D

Sumber vitamin D adalah keju, telur, susu, minyak ikan dan lain-lain. Fungsi vitamin D adalah untuk pembentukan gigi dan tulang.

10. Vitamin E

Sumber vitamin E adalah kuning telur, ayam, ikan, ragi, kecambah, havermut, minyak tumbuh-tumbuhan. Fungsi vitamin E adalah untuk menjaga kesehatan kulit dan untuk mengendalikan kelebihan asam lemak.

11. Vitamin K

Sumber vitamin K adalah kuning telur, susu, sayuran segar. Fungsi vitamin K adalah untuk mencegah diabetes dan osteoporosis.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan tentang pengertian vitamin dan fungsi macam macam vitamin. Semoga pejelasan yang kami beriakan pada blog temukan pengertian ini dapat bermanfaat.