--> Skip to main content

Pengertian Pergaulan Bebas Penyebab dan Dampaknya

Di zaman modern yang semakin berkembang seperti saat ini, semakin beragam pula tingkah laku dan masalah yang terdapat di lingkungan sosial kita terutama pada anak remaja. Perkembangan yang ada tidak bisa selalu membawanya ke hal-hal yang positif, ada juga hal-hal negatif yang bisa membawa anak remaja ke dalam pergaulan bebas. Dimana dalam pergaulan bebas ini dapat memberikan dampak yang buruk terhadap perkembangan anak remaja, bahkan bisa berdampak buruk pada orang lain. Lalu apa itu pergaulan bebas? Nah, bagi kamu yang belum tahu simak penjelasan tentang pengertian Pergaulan bebas, penyebab dan dampaknya berikut ini.

Pengertian Pergaulan Bebas

Pengertian Pergaulan Bebas

Pergaulan bebas berasal dari kata “pergaulan” dan “bebas”. Pergaulan artinya adalah menjalin pertemanan dalam kehidupan bermasyarakat. Sedangkan bebas artinya adalah tidak terikat atau lepas. Sehingga, pengertian pergaulan bebas adalah menjalin pertemanan dalam kehidupan bermasyarakat yang bersifat tidak terikat atau lepas.

Dapat pula didefinisikan bahwa pergaulan bebas adalah perilaku yang dilakukan oleh individu atau kelompok yang menyimpang. Sikap menyimpang tersebut telah melewati batas aturan, tuntunan, syarat, kewajiban, dan perasaan malu. Bisa juga dikatakan bahwa pergaulan bebas merupakan perilaku yang menyimpang dimana perilaku ini telah melanggar norma-norma sosial dan juga agama.

Pengertian Pergaulan Bebas Menurut Para Ahli

Terdapat beberapa pengertian pergaulan bebas menurut para ahli, beberapa diantaranya yaitu sebagai berikut:

Pengertian Pergaulan Bebas Menurut Kartono

Pengertian pergaulan bebas adalah gejala patologis sosial yang terjadi pada anak remaja disebabkan karena adanya bentuk pengabaian sosial, sehingga akibatnya mereka mengembangkan suatu perilaku yang menyimpang.

Pergaulan Bebas Menurut Santrock

Pengertian pergaulan bebas yaitu kumpulan dari berbagai macam perilaku anak remaja yang tidak bisa diterima secara sosial hingga dapat menyebabkan berbagai tindak kriminal.

Penyebab Pergaulan Bebas

Sebagai tindakan yang menyimpang dan melanggar norma serta ajaran agama, pergaulan bebas bisa muncul karena beberapa faktor. Berikut faktor penyebab terjadinya pergaulan bebas:

1. Tingkat Pendidikan Keluarga yang Rendah

Keluarga merupakan lingkungan terdekat yang dapat memberikan pengaruh yang besar terhadap perkembangan remaja. Tingkat pendidikan dalam keluarga juga dapat mempengaruhi terjadinya pergaulan bebas. Dalam hal ini tingkat pendidikan yang paling berperan adalah pendidikan agama. Keluarga yang memberikan kebebasan kepada anak tanpa adanya pengawasan dan batasan secara tegas dapat mengakibatkan anak terjerumus ke pergaulan bebas. Misalnya orangtua yang memberikan izin anaknya untuk berpacaran, namun orangtua tersebut tidak memberikan pengawasan.

2. Keluarga Broken Home

Keluarga dengan kondisi tidak harmonis atau broken home dapat berpeluang menyebabkan anak terjerumus ke dalam pergaulan bebas. Orang tua yang sering bertengkar di depan anaknya hingga mengakibatkan perceraian dapat merusak perkembangan anak dari segi psikisnya. Itulah yang dapat membuat anak cenderung lebih suka mencari kesenangan di luar rumah karena anak tidak mendapatkan kasih sayang dari kedua orang tuanya.

3. Perekonomian Keluarga

Sebuah keluarga yang tingkat ekonominya rendah dapat menyebabkan anak menjadi putus sekolah bahkan mungkin tidak bisa bersekolah. Tentunya karena anak tidak bersekolah, maka ada kemungkinan mereka anak menjadi lebih liar dan mencari kesibukan lain yang tidak jelas sehingga mereka dapat melakukan perilaku yang menyimpang yang mengarah kepada pergaulan bebas.

4. Wawasan Agama yang kurang

Wawasan dan pengetahuan tentang ilmu agama yang kurang dapat membuat anak tidak bisa mengenali hal-hal yang tidak sesuai dengan norma dan ajaran agama. Maka dari itulah, penting sekali untuk mengajarkan ilmu agama kepada anak mulai dari kecil sehinga ia tidak akan terjerumus ke hal-hal yang negatif yang dapat mengarah ke pergaulan bebas.

5. Penyalahgunaan Internet

Internet tidak hanya berfungsi sebagai sarana untuk mencari informasi, untuk pendidikan dan hiburan saja. Internet juga dapat mempengaruhi seseorang ke hal negatif karena arus peredaran informasi di internet masih masif dan tidak terhindarkan. Dimana berbagai informasi bisa diakses dengan mudah melalui internet, termasuk informasi yang negatif. Internet dapat berbahaya jika anak-anak mencari konten yang tidak pantas dan meniru melakukan apa yang ada dalam konten tersebut. Maka dari itulah, ketika anak menggunakan internet, pengawasan dari orang tua sangat penting dilakukan.

Selain beberapa penyebab tersebut, penyebab lain pergaulan bebas bisa juga karena lingkungan yang buruk, kurangnya perhatian dari orang tua, tidak berhati-hati ketika memilih teman, dan kesadaran anak yang kurang

Dampak Pergaulan Bebas

Adapun bentuk dari pergaulan bebas yang sangat perlu untuk diwaspadai di kalangan remaja yaitu seks bebas, merokok, minum miras, tawuran, hingga mengkonsumsi obat-obatan terlarang. Dimana pergaulan bebas tersebut jika tidak ditangani dengan segera, maka dapat menyebabkan berbagai dampak buruk seperti:

  • Prestasi di sekolah menjadi menurun.
  • Kehamilan remaja di luar nikah dan penyakit kelamin.
  • Timbulnya masalah dengan keluarga.
  • Mendapat stigma yang buruk dari lingkungan.
  • Cenderung untuk mencoba hal baru tanpa memikirkan bagaimana akibatnya.

Melihat berbagai damapak buruk yang ditimbulkan dari pergaulan bebas, maka sebagai orang tua hendaknya harus selalu memberikan pengawasan dan batasan kepada anak-anaknya dalam bergaul. Selain itu, sebagai orang tua hendaknya juga harus bisa mengarahkan anaknya untuk melakukan hal-hal yang positif yang bermanfaat agar anaknya tidak terjerumus ke pergaulan bebas.

Demikian penjelasan tentang pengertian pergaulan bebas penyebab dan dampaknya, semoga penjelasan tersebut dapat bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar