--> Skip to main content

Tips Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

Sepertinya Bisnis online saat ini menjadi salah satu pilihan yang tepat dalam menjalankan suatu usaha. Meskipun demikian bisnis online ini dapat dibilang gampang-gampang susah. Kelihatannya mudah dan instan untuk dilakukan, akan tetapi untuk bisa melakukannya perlu fokus dan ketelatenan.

Tips Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

Bagi kamu yang tertarik untuk memulai berbisnis online, maka kamu perlu tahu dulu tips memulai bisnis online bagi pemula. Dimana dalam tips ini nantinya kamu bisa tahu apa aja yang harus kamu lakukan untuk memulai bisnis online. Nah, bagi kamu yang penasaran seperti apa tipsnya silahkan baca artikel ini sampai selesai.

Tips Memulai Bisnis Online Untuk Pemula

Berikut ini adalah beberapa tips memulai bisnis online untuk pemula yang bisa kamu lakukan.

1. Menentukan jenis bisnis yang akan dijalankan

Menentukan jenis bisnis yang akan dijalankan merupakan langkah awal yang penting untuk kamu lakukan. Tentunya dengan menentukan jenis bisnis yang akan kamu jalankan ini, kamu akan dengan mudah dalam menentukan langkah selanjutnya.

2. Menyusun business plan sederhana

Langkah selanjutnya yang tak kalah penting adalah menyusun business plan atau rencana bisnis yang harus kamu lakukan agar bisa mencapai apa yang menjadi tujuan bisnismu. Dalam hal ini biasanya terdapat beberapa faktor yang perlu kamu rencanakan, diantaranya yaitu: deskripsi bisnis, analisis pasar, produk dan layanan, rencana pemasaran, logistik dan rencana operasi, dan rencana keuangan. Rencana bisnis tersebut setidaknya telah kamu miliki sebelum kamu benar-benar memulai untuk berjualan produk secara online. Hal ini supaya bisnis yang kamu jalankan dapat berjalan dengan baik.

3. Riset pasar

Dengan melakukan riset pasar, maka kamu bisa lebih memahami tentang produk dan calon pelanggan. Riset pasar ini bisa kamu mulai dari mencari produk serupa yang dijual oleh kompetitor. Dari mulai bentuk produk, harga, hingga pelayanan penting untuk kamu ketahui. Dengan demikian kamu akan lebih mudah untuk menganalisis kelebihan dan kekurangannya serta menemukan peluang dari produk yang kamu jual.

4. Menentukan target pelanggan

Kamu perlu menentukan target pasar agar kamu tahu siapa yang akan membeli produk yang kamu jual. Dengan demikian maka kedepannya cara pelayanan hingga strategi promosi bisa kamu lakukan dengan lebih mudah. Terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam menentukan target pelanggan yaitu berdasarkan dari demografi dan juga psikografi. Adapun target pelanggan berdasarkan demografi yaitu berdasarkan usia, gender, pekerjaan, dan pendapatan. Kemudian target pelanggan berdasarkan dari psikografi yaitu berdasarkan gaya hidup, status sosial, minat dan hobi.

5. Menentukan platform yang digunakan untuk berjualan

Setlah melakukan langkah-langkah dasar dalam bisnis, maka selanjutnya yaitu langkah yang lebih ke hal teknis. Langkah tersebut yaitu menentukan platform yang sesuai untuk produk yang kamu jual. Apabila yang kamu jual adalah produk seperti barang, maka menggunakan marketplace atau e-comerce bisa menjadi pilihan yang tepat. Sedangkan apabila yang kamu jual itu bersifat jasa, mungkin menggunakan media sosial sudah cukup efektif, karena memudahkan untuk berkomunikasi secara langsung dengan para calon pelanggan. Bisa juga membuat platform sendiri dengan membangun website yang dapat kamu gunakan untuk berjualan baik itu produk berupa barang maupun jasa.

6. Maksimalkan fitur-fitur yang terdapat pada platform yang digunakan

Apabila platform yang kamu gunakan adalah marketplace atau e-commerce, jangan lupa untuk memaksimalkan berbagai fitur yang ada. Beberapa fitur yang dapat kamu maksimalkan misalnya gambar, video, deskripsi hingga kolom komentar dan rating. Jika platform yang kamu gunakan adalah media sosial, jalinlah komunikasi yang baik dengan pelanggan, buatlah konten yang menarik di media sosial untuk menarik banyak pelanggan. Kemudian, jika kamu membuat platform sendiri misalnya membuat website untuk bisnis kamu bisa mengoptimalkannya dengan menerapkan SEO agar nantinya website kamu bisa mudah ditemuan di search engine.

Demikian penjelasan tentang beberapa tips memulai bisnis online bagi pemula, semoga penjelasan tersebut dapat bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar