--> Skip to main content

Pengertian Permalink dan Cara Memperbaiki Permalink

Bagi kamu yang memiliki website atau blog, penting bagi kamu untuk memahami hal-hal dasar yang ada dalam website salah satunya yaitu tentang apa itu permalink. Permalink memiliki peranan yang penting dalam hal SEO. Selain itu, jika permalink tidak dibuat dengan benar, maka dapat menyebabkan berbagai masalah pada website, misalnya seperti bounce rate yang tinggi dan broken link. Untuk itulah kamu harus tahu pengertian permalink dan cara memperbaiki permalink yang rusak.

Pengertian Permalink

Pengertian Permalink

Permalink merupakan singkatan kata dari permanent link. Permalink adalah URL lengkap yang dijadikan sebagai identitas dari suatu halaman pada sebuah website. Permalink merupakan struktur pemberian alamat url untuk halaman pada suatu website. Permalink mempunyai struktur yang beragam. Ada yang menggunakan tambahan angka, tanggal, bulan, tahun, nama postingan ataupun custom structure.

Sesuai dengan namanya, permalink ini sifatnya adalah tetap, setiap halaman pada sebuah website itu mempunyai permalink yang tidak sama. Permalink merupakan url secara lengkap yang terdiri dari gabungan antara nama domain dengan slug. Slug merupakan bagian dari permalink yang merujuk ke konten yang lebih spesifik. Sebagai contoh permalink temukanpengertian.com/2022/12/pengertian-permalink-dan-cara-memperbaiki-permalink.html domain: temukanpengertian.com dan slug: 2022/12/pengertian-permalink-dan-cara-memperbaiki-permalink.html.

Pada website yang menggunakan platform WordPress, semua itu dapat ditemukan dan diatur di dalam halaman Permalink Settings pada Dashboard. Dengan menggunakan permalink, tentunya pengunjung akan lebih mudah untuk mengakses halaman website tersebut kapan saja. Selain itu, permalink yang baik juga dapat mempermudah search engine dalam mencari halaman konten yang relevan dengan keyword yang diketikkan oleh pengguna. Sayangnya, website yang menggunakan platform WordPres terkadang ada masalah yaitu tidak bisa diakses dengan keterangan error 404. Hal tersebut dapat terjadi karena permalink WordPress mengalami kerusakan. Jika sudah seperti itu, lalu bagaimana cara mengatasinya?

Cara Memperbaiki Permalink yang Rusak

Pesan error ”404 Page Not Found” menandakan bahwa kemungkinan ada masalah dari permalink. Untuk mengatasinya terdapat 3 cara yang bisa dilakukan.

1. Reset atau atur ulang struktur Permalink

Cara ini merupakan cara yang paling sederhana untuk memperbaiki permalink yang rusak. Caranya yaitu:

  • Silahkan login dulu ke Dashboard WordPress. Bukalah Settings/ Pengaturan -> Permalinks.
  • Ubahlah dari pengaturan standar ke pengaturan lainnya. Sebagai contoh, apabila kamu sekarang ini menggunakan pengaturan hari dan nama, maka, ubahlah ke yang lain, misalnya Nama pos.
  • Jika sudah, ubahlah kembali ke struktur standar (hari dan nama), lalu pilih Simpan Perubahan.

Jika url sudah dapat diakses, itu berarti permalink telah berhasil kamu perbaiki. Namun, jika masih muncul 404 Page Not Found”, kamu dpat mencoba cara selanjutnya.

2. Nonaktifkan Plugin

Untuk memperbaiki permalink kamu dapat mencoba untuk menonaktifkan plugin satu per satu yang baru diperbarui atau baru diinstal, karena ada kemungkinan hal tersebut yang memicu terjadinya kerusakan permalink. Cara menonaktifkan plugin yaitu:

  • Silahkan buka menu Plugin pada dashboard WordPress lalu pilih Installed Plugin.
  • Pilih tombol Deactive yang berada di sebelah nama plugin.
  • Jika sudah, setel ulang struktur permalink dengan menggunakan cara sebelumnya.

Jika kedua cara tersebut masih belum dapat mengatasi kerusakan permalink, maka ada kemungkinan terjadinya error tersebut itu karena ada kesalahan setting WordPress pada file .htaccess. Maka kamu harus mengganti file .htaccess.

3. Mengganti File .htaccess

Cara mengganti file .htaccess agar permalink bisa diperbaiki adalah sebagai berikut:

  • Bukalah cPanel, lalu pilih File Manager.
  • Masuklah ke folder utama website WordPress kamu.
  • Jika sudah, carilah file .htaccess, lalu klik kanan pada file .httaccess dan rename menajdi .htaccess1 supaya file tersebut tidak aktif.
  • Setelah itu buatlah file baru beri nama .htaccess lalu edit file .htaccess yang baru saja dibuat.
  • Salin kode default file .htaccess berikut ini.
  • # BEGIN WordPress

    RewriteEngine On

    RewriteBase /

    RewriteRule ^index\.php$ – [L]

    RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f

    RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d

    RewriteRule . /index/php [L]

    #END WordPress
  • Jika sudah klik save.

Cobalah akses url yang sebelumnya tidak bisa diakses. Nah, bagaimana sekarang sudah bisa kan? Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan tentang pengertian permalink dan cara memperbaiki permalink, semoga bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar