--> Skip to main content

Pengertian Whatsapp Web dan Cara Menggunakannya

WhatsApp merupakan sebuah aplikasi layanan perpesanan yang diluncurkan untuk pengguna smartphone andoid dan juga iOS. Saat ini aplikasi ini telah popular digunakan untuk melakukan pengiriman pesan baik itu pesan teks, suara, maupun video, melakukan penggilan suara dan video hingga berbagi momen keseharian.

Pengertian Whatsapp Web

Nah, bagi kamu yang sering melakukan aktivitas di depan layar komputer tentunya akan sangat merepotkan jika mengakses komputer sekaligus menggunakan smartphone untuk menggunakan Whatsapp. Namun, kini kamu tidak akan repot lagi karena Whatsapp telah menyediakan solusi untuk meningkatkan koordinasi layanannya dengan perangkat komputer yaitu dengan hadirnya WhatsApp Web.

Dilansir dari situs Tempo, WhatsApp web ini merupakan aplikasi web yang telah dirilis pada bulan februari tahun 2018. Aplikasi ini menawarkan berbagai macam fitur maupun fungsi yang serupa dengan aplikasi WhatsApp seluler, namun dapat di gunakan di komputer karena berbasis web. Lalu apa itu WhatsApp web? dan bagaimana cara menggunakannya? Simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian WhatsApp Web

Pengertian WhatsApp Web adalah sebuah layanan yang dapat memungkinkan para penggunanya menjalankan WhatsApp menggunakan browser pada komputer, baik itu desktop maupun laptop. Pengguna bisa mengirim pesan dan membaca pesan menggunakan peramban web (browser) secara langsung pada komputer desktop maupun laptop, setelah pengguna mengaktifkan aplikasi WhatsApp pada smartphonenya.

Hal tersebut perlu dilakukan dikarenakan pada WhatsApp Web ini menggunakan mekanisme mirroring dari aplikasi WhatsApp yang terinstall pada smartphone pengguna. Perlu untuk diingat bahwa sejatinya aplikasi WhatsApp itu merupakan aplikasi yang berbasis mobile.

Seluruh pesan di WhatsApp terkait ke nomor telepon pengguna dan hanya tersimpan secara local saja di smartphone, tidak tersimpan di server WhatsApp. Maka dari itulah, WhatsApp Web perlu mengambil semua pesan-pesan tersebut dari smartphone. Jadi, pada saat smartphone dimatikan, maka secara otomatis WhatsApp Web akan berhenti menerima pesan dan pengguna juga tidak bisa mengirimkan pesan melalui layanan WhatsApp Web.

Cara Menggunakan WhatsApp Web

Untuk dapat menggunakan WhatsApp Web, kamu harus melakukan beberapa langkah seperti yang kami jelaskan berikut ini:

  • Langkah pertama, silahkan kamu buka browser pada komputer desktop atau laptop kamu. Setelah itu ketikkan URL https://web.whatsapp.com pada address bar, lalu enter. Maka selanjutnya akan tampil sebuah kode QR di layar komputer atau laptop kamu.
  • Bukalah aplikasi WhatsApp pada smartphone kamu, lalu pilih ikon titik 3 yang letaknya berada di bagian pojok kanan aplikasi WhatsApp.
  • Bagi pengguna Android, pilihlah opsi Linked devices lalu pilih tombol Link a device agar scanner atau kamera pemindai kode QR bisa aktif. Sedangkan bagi pengguna iOS bisa dengan memilih menu settings pada bagian pojok kanan bawah dengan ikon roda gigi, setelah itu pilih menu Link a device, lalu OK.
  • Langkah selanjutnya, kamu arahkan kamera pemindai yang terdapat pada smartphone kamu ke kode QR yang ditampilkan pada WhatsApp web di komputer/ laptopmu.
  • Jika sudah, maka WhatsApp di smartphonemu secara otomatis akan tersambung dan sinkron dengan WhatsApp web yang ada di komputer atau laptopmu.
  • Jika ingin logout atau keluar dari WhatsApp Web, kamu bisa memilih ikon titik 3 yang berada di WhatsApp Web, lalu klik Log out.

Itulah penjelasan yang dapat kami tuliskan tentang pengertian whatsapp web dan cara menggunakannya, semoga apa yang telah kami tulis dalam blog temukan pengertian ini dapat memberikan manfaat bagi kamu semua.

Buka Komentar
Tutup Komentar