--> Skip to main content

Pengertian Web Browser Fungsi Manfaat dan Contohnya

Pengertian web browser fungsi manfaat dan contohnya - Di Internet, kita sering melakukan yang namanya browsing untuk mencari informasi/ hanya sekedar facebookan. Kita melakukan itu semua tentunya menggunakan sebuah aplikasi Web Browser. Nah apa itu web browser? Seperti apakah web browser itu? Bagi kamu yang belum tahu dengan apa yang dimaksud dengan web browser, maka kamu bisa menemukan jawaban tentang definisi web browser di sini. Tidak hanya itu saja dalam artikel ini juga kami bahas tentang fungsi web browser, manfaat web browser, contoh web browser dan cara kerja web browser.

Pengertian web browser fungsi manfaat dan contohnya

Pengertian Web Browser

Dalam bahasa Indonesia, arti dari web browser adalah peramban web. Apabila dilihat dari frasa katanya, kata web adalah singkatan dari website. Sedangkan kata browser adalah media penjelajah. Maka secara singkatnya web browser yaitu alat penjelajah halaman website di internet.

Jadi pengertian web browser adalah program aplikasi/ software komputer yang digunakan untuk membaca, menampilkan halaman Web dan menjelajahi Internet. Atau pengertian dari web browser adalah sebuah software/ perangkat lunak yang dapat digunakan untuk mengakses, mengambil dan menyajikan konten atau informasi yang ada di jaringan internet (www).

Web browser (peramban web) bisa mengidentifikasi sumber informasi dengan pengidentifikasian sumber yang seragam, yakni berupa halaman website, gambar, video ataupun jenis konten yang lainnya.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Fungsi Web Browser

Dalam melakukan aktifitas di internet, para pengguna internet tentunya sering menggunakan web browser karena mempunyai berbagai fungsi yang menarik. Adapun fungsi web browser dalam internet adalah sebagai berikut.

1. Membuka Halaman Website

Fungsi utama dari web browser adalah digunakan untuk membuka sebuah halaman website di internet. Dengan menggunakan web broser, pengguna internet bisa membuka website dengan mengetikkan alamat website yang ingin diakses. Bisa juga dengan mengetikan kata kunci (keyword) pada mesin pencari (search engine), maka ia akan mendapatkan beberapa website sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan.

2. Memastikan Keamanan Suatu Website

Umumnya sebagian besar web browser terdapat proses verifikasi (authentication) terhadap suatu halaman website untuk memastikan kalau halaman tersebut aman dan tidak berbahaya bagi pengguna apabila dikunjungi. Tentunya proses verifikasi atau authentication ini bertujuan untuk menghindarkan perangkat komputer atau gadget dari virus yang bisa merusak sistem komputer.

4. Mengumpulkan Data dan Memaksimalkan Tampilan

Umumnya sebuah web browser mempunyai fungsi untuk mengumpulkan seluruh data yang ada pada suatu website termasuk juga efek yang terdapat di dalamnya sehingga halaman website bisa ditampilkan dengan baik dan maksimal. Web browser bisa menampilkan konten yang berupa teks, foto, video dan audio pada suatu halaman website.

3. Mendukung Permintaan Data

Fungsi lain dari web browser yaitu untuk mendukung permintaan data yang diperlukan oleh pengguna (requesting supporting data item). Sebagian besar alamat web yang ada di internet bisa diakses dengan menggunakan web browser, dan konten yang terdapat pada suatu halaman website bisa disimpan secara langsung (download) ke dalam dokumen komputer.

5. Mendukung Penggunaan Search Engine

Search engine (mesin pencari) dan web browser merupakan 2 hal yang tidak bisa dipisahkan. Hal itu karena search engine merupakan bagian dari web browser yang memberikan kemudahan bagi pengguna dalam mencari data atau informasi yang ada di internet. Dengan adanya search engine, pengguna internet dapat menjelajahi website dengan cepat tanpa harus tahu alamat website dan mengetikkan alamatnya di address bar, karena cukup mengetikkan kata kunci apa yang ingin dicarinya lalu membukanya.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Manfaat Web Browser

Apakah manfaat yang dapat diperoleh ketika menggunakan web browser? Manfaat menggunakan web browser yaitu:

  • Untuk memudahkan pengguna dalam mengakses berbagai informasi yang ada di internet.
  • Dapat membantu pengguna dalam menyimpan berbagai konten yang ada di internet ke dalam dokumen komputer.
  • Untuk membuka berbagai situs web yang bermanfaat bagi manusia baik itu mengenai pendidikan maupun non pendidikan.
  • Mempermudah kita dalam mengakses media-media seperti situs, blog, gambar, video dan lain-lain.
  • Web browser dapat digunakan sebagai media untuk mengakses jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, dan lain-lain.
  • Untuk mem-bookmark situs yang dianggap penting agar bisa kita kunjungi kembali di lain waktu.
  • Untuk mengakses search engine (mesin pencari) seperti google, bing, yahoo yang dapat kita manfaatkan untuk mencari informasi.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Contoh Web Browser

Setelah kita mengetahui pengertian fungsi dan manfaat web browser, tentunya kita juga perlu tahu contoh dari web browser yang digunakan pengguna internet. Contoh web browser adalah sebagai berikut ini:

1. Google Chrome

Google Chrome adalah web browser yang diciptakan oleh Google dan saat ini paling banyak digunakan oleh pengguna internet. Web browser ini digunakan sekitar 60% pengguna internet di seluruh penjuru dunia.

2. Mozilla Firefox

Mozilla Firefox adalah web browser lintas platform bebas dan terbuka yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan para sukarelawan. Saat ini web browser ini berada di urutan yang kedua yang paling banyak digunakan di seluruh penjuru dunia.

3. Opera

Opera adalah web browser yang merupakan perangkat lunak internet antar-platform yang didesain untuk menjelajah internet dengan cepat dan aman. Web browser opera ini banyak digunakan oleh pengguna mobile karana bisa membuka sebuah laman web dengan cepat.

4. Safari

Safari adalah web browser yang diciptakan oleh perusahaan Apple Inc. yang mulanya ditujukan secara khusus untuk sistem operasi Mac OS. Pada tahun 2003 dirilis untuk perangkat komputer, dan pada tahun 2007 dirilis untuk perangkat mobile. Saat ini web browser opera dapat di gunakan di semua jenis perangkat.

5. Internet Explorer

Internet Explorer atau yang disingkat dengan IE adalah web browser yang diciptakan oleh Microsoft. Bagi pengguna windows tentunya sudah tidak asing lagi dengan Internet Explorer karena web browser ini adalah browser bawaan Windows.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Cara Kerja Web Browser

Cara kerja dari web browser yaitu sebagai betikut ini:

Sebelumnya dalam perangkat kita, harus ada software atau aplikasi web browser yang terinstal di perangkat (komputer, laptop, maupun gadget). Jika software web browser telah terinstall, selanjutanya pengguna bisa membuka aplikasi web browser tersebut.

Setlah membuka aplikasi web browser, pengguna bisa mengetikkan alamat website pada bagian address bar, biasanya berada di bagian atas. Setelah memasukkan alamat website dan enter, maka aplikasi web browser akan bekerja mengambil data yang ada pada alamat website yang dituju. Sebagai contoh kita memasukkan facebook.com pada address bar aplikasi web browser, maka browser akan membuka website Google setelah melewati verifikasi.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Itulah penjelasan yang bisa kami bagikan kepada teman-teman tentang pengertian web browser fungsi manfaat dan contohnya. Semoga penjelasan yang ada dalam blog temukan pengertian ini bermanfaat bagi kita.

Buka Komentar
Tutup Komentar