--> Skip to main content

Pengertian Paper Bag – Fungsi dan Kelebihannya

Tas merupakan sesuatu yang dapat menunjang berbagai aktivitas kita dalam sehari-hari. Tas sendiri memiliki jenis yang beragam, salah satunya yaitu Paper Bag. Diantara kamu mungkin ada yang sudah sering mendengar istilah paper bag baik itu di tempat pusat perbelanjaan, di pameran, maupun di acara-acara ulang tahun. Namun, tahukah kamu apa itu paper bag? Bagi kamu yang mungkin belum tahu, kamu bisa menyimak penjelasan tentang pengertian paper bag berikut ini.

Pengertian Paper Bag

Pengertian Paper Bag

Paper bag atau yang dikenal sebagai paper sack adalah kemasan berbentuk tas yang terbuat dari bahan dasar kertas. Kertas yang digunakan untuk membuat paper bag berupa kertas tebal yaitu bisa berupa kertas hard cover, kertas pelangi, kertas karton, kertas manila, kertas kalender dan berbagai jenis kertas yang lain. Yang terpenting kertasnya adalah kertas yang tebal dan tidak mudah sobek.

Jika dibandingkan kantong plastik, paper bag atau ini jauh lebih simple dan modern ketika dibawa. Hadirnya paper bag ini tentu memberikan fungsi kepraktisan, seperti lebih memudahkan ketika membawa barang bawaan, tanpa takut jebol atau rusak. Lebih kuat dan tentunya ukurannya ada berbagai variasi.

Fungsi Paper Bag

Untuk paper bag yang ukurannya kecil dapat digunakan sebagai wadah atau tempat barang-barang kecil seperti makanan kecil, kosmetik, aksesoris, maupun sebagai wadah souvenir pada acara-acara pernikahan. Sementara paper bag yang berukuran besar dapat digunakan untuk membawa kertas, buku, kain, makanan, dan lain-lain. Tentunya barang yang di bawa tidak memiliki berat yang besar. Untuk lebih detailnya, berikut ini adalah beberapa fungsi Paper Bag atau Paper Sack yang sering kita jumpai :

Tas souvenir

Entah itu dalam acara pernikahan, seminar, maupun berbagai acara lain.

Bungkus makanan

Beberapa pedagang yang menggunakan paper bag untuk membungkus makanan adalah pedagang roti, gorengan, dan sebagainya. Dengan menggunakan paper bag untuk membungkus makanan, tentu akan lebih praktis dan bisa terhindar dari bahaya bahan tertentu yang terkandung pada kantong plastik.

Tempat untuk membawa bekal yang paling praktis

Untuk membawa bekal, kamu tidak perlu menenteng membawa kantong plastik yang warnanya hanya itu-itu saja. Kamu dapat menggunakan paper bag yang menarik untuk membawa bekalmu.

Sebagai sarana untuk promosi usaha

Kamu dapat melakukan promosi secara mudah dengan menempel brand kamu di badan paper bag. Sekarang ini paper bag selain digunakan untuk mengemas produk juga telah menjadi media promosi terbaik yang tentunya bisa desain sesuai apa yang akan dipromosikannya.

Kelebihan Paper Bag

Dari beberapa fungsi tersebut tentu paper bag memiliki banyak kelebihan, diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • Jika dibawa kemana-mana lebih modis dan praktis.
  • Banyak pilihan bentuk dan ukurannya.
  • Ada banyak variasi warnanya.
  • Banyak variasi gambar dan lebih mudah untuk didesain dengan gambar sesuai keinginan.
  • Lebih awet, karena tidak hanya dipakai sekali dua kali saja, namun bisa berulang-kali.
  • Harganya terjangkau, tidak jauh beda dengan kantong plastik.
  • Lebih ramah terhadap lingkungan, karena berbahan kertas jadi bisa lebih cepat terurai.

Kelebihan Paper Bag Dari Tas Plastik

Penggunaan paper bag ini lebih praktis dan modis dibandingkan dengan menggunakan kantong plastik. Selain itu, hadirnya paper bag ini utamanya yaitu untuk menekan banyaknya sampah kantong plastik. Seperti yang sudah diketahui bahwa selama ini kita sering menggunakan kantong plastik sebagai wadah untuk membungkus berbagai barang seperti barang-barang fashion, minuman, makanan dan lain-lain. Dalam penggunaannya kantong plastik gampang sobek sehingga sering kali hanya digunakan sekali lalu dibuang. Jadilah sampah plastik yang semakin banyak. Sampah plastik bisa menyebabkan polusi lingkungan, karena sampah platik tidak mudah diuraikan. Sementara kalau kita menggunakan paper bag, bisa kita gunakan berulang kali dan karena berbahan kertas tentu akan lebih mudah teruraikan.

Jika anda membutuhkan paper bag untuk berbagai keperluan seperti untuk souvenir, bungkus makanan, atau untuk berbagai hal lainnya dapat menghubungi PT. Restu Agung Wijaya. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang pengertian paper bag, fungsi dan kelebihannya. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar