--> Skip to main content

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Modal Kecil

Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti berhenti mengejar mimpi untuk menjadi seorang pengusaha. Hal tersebut karena ada banyak sekali peluang usaha sampingan ibu rumah tangga yang dapat dimulai dengan modal yang kecil. Dengan perkembangan zaman seperti yang terjadi saat ini, tidak menutup kemungkinan seorang ibu rumah tangga bisa mendapatkan penghasilan meskipun hanya berada di rumah saja.

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Modal Kecil

Salah satu bentuk usaha yang bisa dijalankan oleh seorang ibu rumah tangga khususnya bagi mereka yang berkeinginan untuk mengembangkan usaha kecil-kecilan adalah dengan berjualan. Meskipun usaha berjualan kecil-kecilan untuk ibu rumah tangga kelihatan sepele, tetapi ada kalanya sulit untuk dijalankan karena minimnya modal. Jika kamu merupakan salah satu ibu rumah tangga yang ingin menjalankan usaha namun hanya memiliki modal kecil, mungkin dengan melihat daftar usaha yang akan kami bahas di sini bisa menjadi inspirasi bagi kamu.

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Modal Kecil

Meskipun berada di rumah, berikut ini adalah beberapa usaha rumahan untuk ibu rumah tangga yang banyak dilakukan untuk menambah penghasilan meskipun dengan modal yang kecil.

1. Membuka Jasa Catering

Bagi ibu rumah tangga yang mempunyai hobi memasak, ini dapat menjadi peluang yang sangat baik dalam berbisnis. Bisnis catering ini tidak memerlukan biaya tambahan seperti sewa tempat layaknya sebuah restoran. Kamu dapat memanfaatkan dapur pribadi untuk memulai bisnis catering. Untuk memulai mempromosikan bisnis catering, kamu bisa menawarkan menu andalan melalui media sosial atau melalui orang-orang terdekat. Umumnya menu andalan yang biasa disajikan adalah menu untuk kebutuhan prasmanan seperti paket nasi box, kue basah, kue kering dan lain-lain. Perlu untuk diketahui, usaha ibu rumah tangga berupa catering ini butuh banyak relasi. Maka dari itu bangunlah komunikasi yang baik dengan para client maupun supplier bahan baku.

2. Berbisnis Tanaman

Gaya hidup minimalis belakangan ini sedang banyak digemari oleh banyak orang dan dibahas di berbagai sosial media. Dari gaya hidup minimalis tersebut, salah satu bagian yang terpenting yaitu menanam tanaman hias di dalam rumah agar rumah bisa menjadi lebih segar dan terasa asri. Melihat situasi seperti itulah, maka kamu sebagai ibu rumah tangga bisa memanfaatkan kesempatan tersebut sebagai usaha untuk menjual tanaman hias. Kamu dapat menjajakan tanaman hias yang paling banyak digemari misalnya tanaman lidah buaya. Untuk menjalankan usaha yang satu ini tergolong cukup mudah dilakukan dan tidak memerlukan modal yang banyak mengingat beberapa dari bibit tanaman hias mudah didapatkan dengan harga yang murah.

3. Menjadi Penulis Lepas

Di zaman yang serba digital seperti sekarang ini, penulis memiliki peranan yang sangat penting. Kamu bisa perhatikan setiap website, aplikasi maupun konten sosial media pasti membutuhkan peran seorang penulis konten. Menulis memang kemampuan yang belum tentu dimiliki oleh setiap orang. Namun, bagi kamu ibu rumah tangga yang mempunyai kemampuan menulis, tentu dapat memanfaatkan hal tersebut sebagai usaha yang dapat menghasilkan uang. Terlebih lagi jika kamu mempunyai kemampuan menulis konten yang menarik dan mampu memperkenalkan sesuatu dengan baik, tentu tawaran kerjaan sebagai penulis lepas akan banyak berdatangan. Untuk meyakinkan calon client, jangan lupa menyertakan portofolio kamu.

4. Menjadi Dropshipper

Tentunya keberadaan e-commerce sangat memudahkan bagi siapa pun dalam memulai bisnis, bahkan dari rumah. Hal ini pula yang banyak dilakukan oleh orang dalam merintis usaha dagang dengan menjadi seorang dropshipper. Dropshipper merupakan usaha yang dilakukan dengan cara menyalurkan suatu produk atau barang dari distributor kepada konsumenmu. Untuk bisa menjadi dropshipper cukup mudah, kamu dapat melihat trend produk yang banyak peminatnya, kemudian mulailah untuk menawarkan produk tersebut kepada banyak orang. Dengan menjadi dropshipper kamu tidak perlu khawatir dengan stok barang dan juga pengirimannya, karena hal itu semuanya dilakukan oleh supplier kamu. Jadi, kamu cukup mencari supplier yang terpercaya yang menjual produknya dengan harga yang relatif murah supaya dalam menjualnya kamu bisa bersaing di pasaran.

5. Membuat Kerajinan Tangan

Apabila kamu seorang ibu rumah tangga yang mempunyai keahlian dalam membuat kerajinan tangan, maka tidak ada salahnya mencoba membuat kerajinan tangan untuk menambah penghasilan. Kamu bisa memanfaatkan barang-barang yang ada kemudian mengubah barang tersebut menjadi memiliki nilai jual yang lebih. Misalnya kerajinan tangan dalam bentuk souvenir, bingkisan, parcel, atau mungkin karangan bunga dan lain sebagainya. Modal utama membuat kerajinan tangan adalah kreativitas. Kreativitas akan terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu dan bertambahnya pengalaman.

Itulah beberapa usaha sampingan ibu rumah tangga modal kecil yang mungkin dapat menginspirasi kamu. Semoga penjelasan yang telah kami tulis di sini dapat bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar