--> Skip to main content

Pengertian Website Portal, Jenis, Contoh dan Kegunaan

Website memiliki berbagai macam jenis, salah satunya yaitu website portal. Website portal memiliki peranan yang penting dalam penyediaan layanan informasi khususnya untuk para penggunanya. Website portal ini bersifat menarik minat baca para penggunanya. Lalu apa itu website portal? Nah, bagi kamu yang belum tahu silahkan kamu simak penjelasan tentang apa pengertian website portalyang kami bagikan pada kesempatan kali ini.

Pengertian Website Portal

Pengertian Tentang Website Portal

Pengertian dari website portal adalah website yang dipakai untuk tujuan tertentu yang mengrahkan pembacanya agar melihat, membaca dan melakukan interaksi pada informasi yang terdapat di website tersebut. Website portal secara teknis merupakan penyedia layanan informasi secara khusus untuk menarik minat para paeembaca supaya masuk ke halaman website yang dicarinya dan bisa diakses menggunakan berbagai perangkat baik itu desktop, tablet maupun mobile.

Jenis–jenis Website Portal

Apabila dilihat dari segi service, website portal terbagi menjadi 2 macam. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut ini:

1. Website portal vertikal

Website portal vertikal meerupakan jenis website portal yang menyajikan informasi secara khusus atau terbatas hanya satu topic saja. Sebagai contoh portal kesehatan, portal life-style, portal game dan lain-lain.

2. Website portal horizontal

Website portal horizontal merupakan jenis website portal yang menyajikan informasi secara umum yang bisa diakses oleh setiap orang. Umumnya website portal horizontal membahas tentang informasi terkait layanan produk atau bisnis.

Contoh Website Portal

Ada banyak sekali contoh website portal di Indonesia yang sering kita temukan. Ada yang berisi informasi tentang teknologi, kesehatan, olahraga, berita, bisnis, dan informasi yang lainnya. Adapun contoh portal web berita terbaik yang ada di Indonesia diantaranya yaitu CNN Indonesia, Kompasiana, News.ashefanews, Tribunnews, Merdeka.com, Detik.com, Okezone.com, Kompas.com, Liputan6.com, Kapanlagi.com, dan masih banyak yang lainnya.

Kegunaan Membuat Website Portal

Sebuah website portal tentunya mempunyai kelebihan yang bisa dirasakan, terutama oleh pengembang website portal tersebut. Adapun beberpa keeuntungan dari website portal diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Dapat membantu untuk meningkatkan strategi marketing dan bisnis

Dengan adanya sebuah website portal, tentu akan membuat proses pemasaran produk maupun layanan bisa menjadi lebih mudah dimonitoring dan dikendalikan dengan baik.

2. Dapat membantu memudahkan pengguna dalam menemukan sumber Informasi yang relevan

Adanya website portal membuat pengguna menjadi lebih mudah dan cepat dalam mendapatkan informasi yang jelas dan akurat. Dengan demikian proses penyampaian informasi menjadi lebih tersampaikan dengan tepat sesuai apa yang menjadi kebutuhan pengguna.

3. Dapat membantu meningkatkan traffic pengunjung website

Tujuan akhir dari dibuatnya website portal yaitu agar bisa memperoleh jumlah traffic yang banyak dengan nilai konversi rate yang besar. Dengan demikian maka dapat membantu meningkatkan Autorithy Website.

Kesimpulan

Website portal merupakan halaman situs web yang menampilkan informasi secara khusus kepada pengguna yang bisa mempengaruhi pengguna untuk masuk ke situs web tersebut.

Apabila dilihat dari sisi layanannya, jenis website portal terbagi menjadi 2 jenis yaitu website portal vertikal dan horizontal. Website portal vertikal menyajikan informasi yang terbatas dengan topiknya yang khusus. Sedangkan website portal horizontal menyajikan informasi atau berita secara umum kepada para pengguna.

Contoh penggunaan website portal di Indonesia bisa berupa website portal berita, bisnis, kesehatan, gaya hidup, teknologi, dan lain-lain.

Demikian penjelasan yang dapat kami tulis tentang pengertian website portal, jenis, contoh dan kegunaan. Semoga penjelasan tersebut dapat bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar