--> Skip to main content
Menu

Apa Itu Restorasi Foto: Pengertian dan Caranya

Tentunya diantara kita banyak yang masih menyimpan foto-foto lama baik itu foto cetak maupun foto digital. Foto lama terkadang menjadi satu-satunya yang dapat menghubungkan kita dengan masa lalu. Hal tersebut karena foto lama mempunyai kesan tersendiri dan mempunyai memori kenangan bagi setiap pemiliknya. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, terkadang foto lama bisa saja kualitasnya sudah menjadi buruk atau mengalami kerusakan. Maka dari itulah dalam hal ini restorasi foto sangat diperlukan. Bagi yang mempunyai keahlian restorasi foto mungkin bisa melakukannya sendiri, namun bagi yang tidak punya, mungkin bisa memanfaatkan jasa restorasi foto jadul seperti cahaya content. Lalu sebenarnya apa itu restorasi foto? Nah, bagi kamu yang belum tahu simak penjelasannya dalam artikel ini.

Apa Itu Restorasi Foto

Pengertian Restorasi Foto

Restorasi foto adalah proses perbaikan terhadap foto yang kualitasnya buruk atau mengalami kerusakan sehingga membuat foto bisa menjadi lebih berkualitas dan enak dilihat. Proses restorasi foto dapat mengembalikan keaslian foto, kualitas foto dan bentuk foto. Jadi, restorasi foto ini berguna untuk memperbaiki tampilan foto yang kurang memuaskan menjadi lebih memuaskan. Misalnya untuk foto-foto cetak, sering kali mengalami kerusakan karena sudah termakan usia, maka diperlukan restorasi agar kualitasnya menjadi lebih baik. Mungkin juga foto digital yang pengambilan fotonya menggunakan ponsel lama, tentu kualitasnya kurang bagus, maka restorasi foto perlu dilakukan agar kualitasnya menjadi lebih baik.

Restorasi foto dapat menjadi hal yang tepat untuk dilakukan, mengingat foto menjadi benda fisik yang mampu menghubungkan kita dengan masa lalu, baik itu kenangan bersama pasangan, keluarga, maupun taman. Apabila foto-foto tersebut dibiarkan rusak begitu saja, maka kenangan akan hilang. Untuk itu restorasi foto sangat diperlukan. Lalu bagaimanakah caranya?

Cara Melakukan Restorasi Foto

Dulu, untuk melakukan restorasi foto memerlukan proses yang cukup lama karena sangat kompleks. Namun, dengan semakin canggihnya teknologi yang ada saat ini, restorasi foto dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Adapun gambaran umum cara melakukan restorasi foto jadul yang pudar atau rusak yaitu sebagai berikut ini:

  • Bersihkanlah permukaan pada fotonya dari kotoran maupun debu. Foto yang masih kotor atau berdebu dapat mengganggu proses restorasi yang menyebabkan hasilnya menjadi jelek.
  • Pindailah foto menggunakan alat scanner dan pilihlah resolusi antara 300 dpi sampai 600 dpi. Apabila tidak mempunyai alat scanner, sebagai gantinya bisa juga menggunakan kamera yang beresolusi tinggi untuk melakukan pemotretan terhadap foto cetak, sehingga kualitasnya tidak menurun.
  • Download aplikasi restorasi foto yang banyak tersedia secara gratis di perangkat smartphone android maupun iPhone.
  • Editlah file foto lama tersebut menggunakan bantuan aplikasi restorasi. Ada berbagai fitur yang dapt digunakan untuk melakukan pengeditan, misalnya penghilangan noda atau goresan pada foto, perbaikan wana yang telah memudar dan penajaman foto yang sudah buram.

Meskipun dalam melakukan restorasi foto telah dibantu oleh aplikasi, akan tetapi bagi yang belum pernah melakukanhya tentu perlu melakukan pemahaman dengan baik tentang setiap fitur dan pengeditan yang dilakukan dengan cermat. Kabar baiknya, bagi kamu yang tidak mau repot-repot melakukan restorasi foto sendiri, bisa juga memanfaatkan bantuan jasa perbaikan foto jadul dari cahaya content. Kenapa memilih cahaya content? Karena cahaya content telah bepengalaman dalam menangani setiap permintaan klien untuk memperbaiki foto yang usang atau rusak sehingga menjadi lebih baik. Selain itu cahaya content juga didukung oleh software terbaik dalam melakukan restorasi foto sehingga hasil yang didapatkan bisa sangat memuaskan. Untuk harganya pun terjangkau dan tersedia juga layanan revisi jika memang ada bagian yang perlu diperbaiki.