Skip to main content

Pengertian Teknologi Informasi dan Fungsinya serta Manfaatnya

Pengertian teknologi informasi dan fungsinya - Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa teknologi informasi mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Karena itulah penting bagi kita untuk tahu seperti apa itu teknologi informasi, mulai dari arti dari teknologi informasi, tujuan, manfaat, keuntungan dan perlunya teknologi bagi kehidupan kita. Bagi teman-teman yang belum tahu dengan apa yang dimaksud teknologi informasi, teman-teman bisa simak penjelasan tentang definisi teknologi informasi berikut ini.

Pengertian Teknologi Informasi dan Fungsinya

Pengertian Teknologi Informasi

Teknologi informasi merupakan istilah terhadap berbagai macam hal dan kemampuan yang digunakan dalam pembentukan, penyimpanan, dan penyebaran informasi. Sehingga pengertian teknologi informasi adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dari pengirim ke penerima sehingga informasi lebih cepat, lebih luas, lebih lama penyimpanannya.

Dapat pula diartikan, bahwa definisi teknologi informasi adalah berbagai fasilitas yang terdiri dari atas hardware dengan software untuk mendukung serta meningkatkan kualitas informasi bagi manusia secara cepat dan berkualitas.

Jadi secara umum pengertian dari teknologi informasi adalah studi perencanaan, implementasi, dukungan, pengembangan atau manajemen sistem informasi yang berbasis komputer, khususnya hardware dan software.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Pengertian Teknologi Informasi Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah penjelasan tentang definisi teknologi informasi menurut para ahli:

Pengertian Teknologi Informasi Menurut Haag dan Keen (1996)

Teknologi informasi menurut haag dan keen adalah seperangkat alat yang dapat membantu pekerjaan dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan suatu informasi.

Pengertian Teknologi Informasi Menurut Williams dan Sawyer (2003)

Teknologi informasi menurut williams dan sawyer yaitu teknologi yang menggabungkan komputer (komputasi) dengan jalur komunikasi yang berkecepatan tinggi yang bisa membawa data, suara maupun video.

Pengertian Teknologi Informasi Menurut Thompson (2003)

Bahwa teknologi informasi yaitu perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) yang dipakai untuk menyimpan, menangkap, memproses serta mengirim suatu data.

Pengertian Teknologi Informasi Menurut Martin (1999)

Pengertian teknologi informasi menurut martin pada tahun 1999 adalah teknologi yang tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (hardware dan software) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan mencakup teknologi komunikasi untuk menyebarluaskan atau mengirim informasi.

Pengertian Teknologi Informasi Menurut Lucas (2000)

Bahwa teknologi informasi menurut lucas 2000 ialah segala bentuk teknologi yang bisa diterapkan untuk memproses dan mengirim sebuah informasi lewat media elektronik.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Fungsi Teknologi Informasi

Adapun fungsi teknologi informasi adalah sebagai berikut ini:

1. Menangkap (Capture)

Menangkap bisa diartikan sebagai mengcapture atau menginput data dan informasi. Misalnya menerima inputan dari keyboard, mic, scanner dan lain-lain.

2. Mengolah (Processing)

Memproses atau mengolah data masukan yang diterima untuk menjadikan suatu informasi. Pemrosesan atau pengolahan data bisa berupa konversi (mengubah data ke bentuk lain), menganalisis, menghitung, hingga menggabungkan berbagai bentuk data dan informasi.

3. Menghasilkan (Generating)

Mengorganisir atau menghasilkan informasi ke dalam bentuk yang bermanfaat atau dalam bentuk laporan yang bisa dimengerti orang lain. Misalnya yaitu laporan, grafik, tabel, gambar, perhitungan dan lain-lain.

4. Menyimpan (Storage)

Menyimpan atau merekam data dan informasi dalam suatu media yang selanjutnya dapat digunakan untuk kepentingan lain. Misalnya yaitu menyimpan data ke dalam hardisk, flashdisk, CD, tape, disket, compact disk dan lain sebagainya.

5. Mencari kembali (Retrival)

Melakukan penelusuaran untuk mendapatkan kembali informasi atau menyalin data dan informasi yang sudah pernah tersimpan. Misalnya yaitu mencari data klient, data penjualan yang sebelumnya telah tersimpan.

6. Men-Transmisi (Transmission)

Mengirim data atau informasi dari satu lokasi menuju ke lokasi lain dengan memanfaatkan jaringan komputer. Misalnya yaitu mengirim data penjualan dari user x ke user lain.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Tujuan teknologi informasi

Secara umum tujuan teknologi informasi adalah sebagai berikut:

  • Untuk memecahkan masalah.
  • Untuk membuka kreativitas.
  • Untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam melakukan pekerjaan.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Manfaat Teknologi Informasi

Manfaat teknologi informasi di berbagai bidang, diantaranya yaitu:

1. Manfaat Teknologi Informasi Dalam Bisnis

Dengan adanya teknologi informasi maka dapat membantu kegiatan bisnis terutama dalam hal transaksi, penyimpanan berkas, pengelolaan data dan lain-lain menjadi lebih aman dan mudah.

2. Manfaat Teknologi Informasi Dalam Bidang Pendidikan

Dengan adanya teknologi informasi dalam dunia pendidikan membuat kegiatan belajar menjadi lebih efektif. Karena teknologi informasi terutama komputer dapat menjadi sarana atau media belajar untuk menumbuhkan kreatifitas siswa.

3. Manfaat Teknologi Informasi Bagi Perusahaan

Dengan memanfaatkan teknologi informasi, maka perusahan dapat melakukan pengelolaan data karyawan dengan mudah, meningkatkan efisiensi kegiatan produksi, melakukan pemasaran produk dengan mudah melalui internet dan lain-lainl

4. Manfaat Teknologi Informasi di Bidang Kesehatan

Dapat menambah wawasan dalam bidang kesehatan bagi masyarakat, dapat berkonsultasi dengan dokter melalui media internet, memudahkan masyarakat yang ingin berobat, dapat mencari solusi kesehatan dengan mudah dan lain-lain.

5. Manfaat Teknologi Informasi Dalam Bisnis Ritel

Adanya teknologi maka bisnis ritel menjadi lebih mudah dalam melakukan promosi, informasi bisa lebih cepat menyebar dan diketahui oleh banyak oran, serta dapat membuka lapangan kerja.

6. Manfaat Teknologi Informasi Dalam Keperawatan Tatanan Klinis

Adanya teknologi informasi dapat membantu dalam membangun sistem informasi, dapat membantu seorang perawat dalam mendata pasien, dapat membantu sistem klasifikasi pasien, membantu penerapan rekam medis, pengembangan e-health dan lain-lain.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Keuntungan Teknologi Informasi

Beberapa keuntungan teknologi informasi adalah sebagai berikut:

  • Speed (Kecepatan)
  • Consistency (Konsistensi)
  • Precision (Ketepatan)
  • Reliability (Kehandalan)
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Perlunya Teknologi Informasi

Perlunya teknologi informasi karena beberapa alasan berikut ini:

  • Untuk meningkatnya kompleksitas dari tugas manajemen.
  • Mempunyai pengaruh besar ekonomi internasional (globalisasi).
  • Perlunya waktu tanggap (response time) yang lebih cepat.
  • Tekanan akibat dari persaingan bisnis.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Demikian penjelasan singkat dari kami tentang pengertian teknologi informasi dan fungsinya, beserta dengan hal-hal yang berkaitan dengan teknologi informasi. Semoga penjelasan yang sudah kami uraikan dalam blog temukan pengertian ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua.

Buka Komentar
Tutup Komentar