--> Skip to main content
Menu

Pengertian Anggaran Usaha Tujuan Manfaat dan Cara Membuatnya

Dalam menjalankan sebuah usaha ada berbagai aspek yang perlu dipersiapkan, salah satunya yaitu anggaran usaha. Keberadaan anggaran usaha ini sangatlah penting karena tanpa adanya anggaran usaha tersebut usaha tidak akan bisa berjalan. Lalu, seperti apa itu Anggaran Usaha? Nah, bagi kamu yang belum tahu silahkan simak penjelasan tentang pengertian anggaran usaha, tujuan dan manfaat beserta dengan cara membuat anggaran usaha dalam artikel ini.

Pengertian Anggaran Usaha

Pengertian Anggaran Usaha

Anggaran usaha adalah sebuah rencana aktivitas secara sistematis pada suatu perusahan yang meliputi semua biaya dan pendapatan dalam jangka panjang. Membuat anggaran usaha ini sangat penting dilakukan meskipun bagi pengusaha yang masih pemula. Kedisiplinan dalam membuat anggaran usaha dari mulai menjadi pengusaha dapat menentukan keberhasilan usaha di masa mendatang. Semakin disiplin dan cermat pengusaha dalam membuat dan menggunakan anggaran, maka dapat membuat usahanya menjadi lebih cepat mengalami kemajuan. Hal tersebut karena pengusaha sudah terbiasa dalam mengontrol keuangan ataupun Modal Usaha yang dimilikinya.

Dibuatnya anggaran usaha bertujuan supaya usaha yang berjalan dalam jangka waktu tertentu mempunyai arah dan tujuan yang jelas sehingga bisa meraih keuntungan secara maksimal. Dengan cara melihat anggaran tersebut, maka seorang pengusaha menjadi lebih mudah untuk mengetahui apakah ada dana yang cukup untuk keperluan anggaran operasional, apakah penggunaannya sudah benar sesuai dengan yang diharapkan, dan juga bisa tahu bagian-bagian mana yang kelebihan dan kekurangan anggaran serta masih banyak hal yang lainnya. Jadi kesuksesan sebuah usaha sangat dipengaruhi bagaimana kecermatan seorang pengusaha dalam menggunakan anggaran usahanya.

Tujuan dan Manfaat Anggaran Usaha

Disusunnya anggaran usaha tentu mempunyai tujuan tertentu. Selain itu dengan adanya anggaran usaha, maka perusahaan bisa memperoleh berbagai manfaat yang besar. Adapun tujuan dan manfaat dibuatnya anggaran usaha yaitu sebagai berikut:

  • Anggaran dapat mempermudah pengusaha dalam mengetahui seberapa besar biaya yang perlu dikeluarkan untuk sebuah proyek.
  • Anggaran usaha menjadi barometer bagi semua pihak dalam sebuah perusahaan pada saat hendak membuat maupun menggambil proyek berikutnya.
  • Anggaran usaha bisa berfungsi sebagai alat ukur seberapa besar pencapaian yang telah dirahi suatu perusahan.
  • Anggaran bisa dijadikan sebagai alat acuan bagi otoritas keuangan atau finansial.

Cara Membuat Anggaran Usaha

Melihat begitu pentingnya anggaran usaha, maka dalam pembuatan anggaran usaha harus dilakukan dengan teliti. Jika terjadi kesalahan dalam pembuatannya maka akan berpotensi menimbulkan masalah pada perusahaan. Untuk membuat anggaran usaha yang baik ada beberapa hal yang harus dilakukan perlu dilakukan. Nah, berikut ini adalah cara membuat anggaran usaha yang baik.

1. Membuat Gambaran Kerja

Gambaran kerja merupakan acuan dasar untuk menentukan jenis pekerjaan dan berbagai komponen yang terdapat didalamnya. Dalam gambaran kerja ini pastikan semua material yang dibutuhkan telah tercantum.

Sebagai contoh dalam usaha produksi sepatu. Sebelum membuat anggaran, buat dulu gambaran kerja produksi sepatu yang akan digunakan. Apa saja bahan-bahan baku yang diperlukan, berapa jumlahnya, peralatan apa saja yang dibutuhkannya. Dengan cara membuat gambaran produksi secara jelas, maka dapat memperhitungkan berapa anggaran yang akan dikeluarkan untuk setiap kali proses produksi. Misalnya anggaran untuk bahan baku sepatu, anggaran untuk persiapan peralatan produksi, anggaran untuk mendistribusikan sepatu hingga anggaran untuk melakukan promosi sepatu yang telah diproduksi.

2. Menghitung Volume Pekerjaan

Selanjutnya membuat perhitungan volume pekerjaan yang dilakukan. Cara melakukannya yaitu urutkan seluruh komponen dan item yang ada dalam proyek tersebut berdasarkan dari gambaran kerja yang sebelumnya sudah dibuat. Seluruh item kerja yang ada kamu masukkan ke dalam anggaran kemudian hitunglah masing-masing volume. Untuk mempermudah pekerjaan ini kamu dapat memanfaatkan Excel.

3. Menghitung Harga Satuan Pekerjaan

Langkah berikutnya yaitu membuat perhitungan harga pada satuan pekerjaan yang akan dilaksanakan.Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat perhitungan harga satuan pekerjaan, diantaranya yaitu:

  • Jumlah produksi harian.
  • Harga material yang diperlukan dalam pekerjaan.
  • Besarnya upah pekerja per hari.

4. Menghitung Jumlah Biaya Pekerjaan

Jika perhitungan diatas sudah dibuat semua, maka akan menjadi lebih mudah untuk melihat berapa harga untuk setiap item pekerjaan. Buatlah perhitungan secara terpisah antara harga material dengan upah pekerja sehingga akan diperoleh rincian biaya untuk tiap-tiap item.

5. Membuat Rekapitulasi

Langkah terakhir dalam membuat anggaran usaha adalah melakukan rekapitulasi. Rekapitulasi ini bisa membuat rincian harga untuk tiap-tiap sub item dan apabila dilakukan perhitungan secara total maka akan terlihat semua biaya pekerjaan. Melalui rekapitulasi inilah nantinya kamu dapat memperhitungkan beberapa hal penting seperti biaya mana yang dapat ditangguhkan dan biaya mana yang harus segera. Sebagai contoh kenaikan gaji karyawan untuk setiap tahunnya dapat diperhitungkan berapa kisarannya.

Demikian penjelasan tentang pengertian anggaran usaha, tujuan dan manfaat serta cara membuatnya. Berdasarkan informasi di atas maka dapat diketahui bahwa anggaran usaha merupakan hal penting bagi suatu perusahaan supaya dapat menjalankan kegiatan operasionalnya dengan baik.