Pengertian Produksi

Advertisement
Pengertian produksi – Kegiatan produksi merupakan kegiatan yang pengint dalam kehidupan kita. Kamu mungkin sering mendengar istilah produksi, namun tahukah kamu apa itu produksi? Seperti apakah produksi itu?. Dalam pembahasan kali ini kami akan memberikan sedikit penjelasan tentang apa yang dimaksud produksi. Penjelasan di sini dimaksudkan agar bagi kamu yang masih belum tahu arti dari produksi bisa menjelaskan definisi dari produksi. Dalam artikel ini selain menjelaskan tentang apa yang dimaksud dengan produksi, juga kami berikan beberapa contoh kegiatan produksi dan juga faktor yang mempengaruhi produksi. Oke langsung saja, silahkan di simak penjelasannya sebagai berikut ini.
Pengertian Produksi

Pengertian Produksi

Pengertian produksi adalah setiap kegiatan yang dilakukan untuk menciptakan atau menghasilkan atau meningkatkan nilai guna suatu barang. Bisa juga dikatakan kalau produksi merupakan kegiatan untuk menghasilkan atau meningkatkan suatu barang untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Atau produksi yaitu menghasilkan barang atau jasa yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Kebutuhan manusia merupakan tujuan sekaligus motivasi untuk melakukan kegiatan produksi. Namun tidak semua kebutuhan manusia dapat terpenuhi. Kebutuhan manusia akan terpenuhi apabila ia mengkonsumsi barang atau jasa sesuai yang dibutuhkan. Padahal barang/ jasa hanya akan tersedia untuk mencukupi kebutuhan apabila diproduksikan.

Contoh Kegiatan Produksi

Contoh Kegiatan Produksi adalah sebagai berikut ini:
  • Menternakkan ikan untuk dijual kepada konsumen.
  • Pembuatan lemari dan meja.
  • Pembuatan minuman.
  • Pengusaha roti, memproduksi roti ke konsumen.
  • Petani menanam padi di sawah.

Faktor Yang Mempengaruhi Produksi

Faktor yang mempengaruhi produksi adalah sebagai berikut ini:
  • Alam.
  • Tenaga Keja.
  • Modal.
  • Kewirausahaan. Melalui sektor-sektor produksi: premier, sekunder, publik, swasta, konsumsi dan investasi.


Demikian penjelasan mengenai Pengertian Produksi, semoga bermanfaat. Semoga penjelasan yang kami tulis pada blog temukan pengertian ini dapat memberikan manfaat.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru