--> Skip to main content
Menu

Pengertian Fintech Manfaat dan Jenis-jenisnya

Dengan teknologi yang terus berkembang tentu akan memberikan dampak pada munculnya berbagai inovasi untuk memudahkan aktivitas manusia. Salah satunya yaitu financial technology atau yang lebih dikenal dengan sebuatan Fintech. Fintech menjadi salah satu sektor usaha dalam bidang teknologi yang telah berkembang pesat, yang tidak hanya di Indonesia saja tetapi juga di seluruh dunia. Lalu seperti apa itu fintech? Nah, dalam pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang pengertian fintech, manfaat, dan jenis-jenisnya.

Pengertian Fintech

Pengertian Fintech

Fintech adalah sebuah inovasi dalam bidang jasa keuangan dengan memanfaatkan penggunaan hasil perkembangan teknologi. Biasanya dalam suatu produk teknologi fintech bisa berupa sistem yang dibangun untuk menjalankan mekanisme transaksi keuangan secara spesifik. Hadirnya teknologi fintech dapat diakses dalam layanan jasa keuangan dengan praktis, efisien dan ekonomis.

Keberadaan fintech dapat sangat berpengaruh terhadap gaya hidup perekonomian masyarakat. Perpaduan antara teknologi dan efektivitas mempunyai dampak yang positif bagi masyarakat pada umumnya. Fintech juga dapat disebut sebagai suatu perusahaan financial teknologi yang memberikan layanan finansial atau keuangan bagi masyarakat.

Manfaat Fintech

Ada beberapa manfaat dari kehadiran fintech, diantaranya yaitu sebagai berikut:

Mempermudah dalam melakukan transaksi keuangan

Adanya fintech ini membuat masyarakat tidak perlu repot-repot keluar rumah untuk mencari ATM jika ingin melakukan transaksi keuangan. Hanya dengan menggunakan smartphone yang terkoneksi dengan jaringan internet, maka sudah bisa melakukan transaksi dengan cepat dan mudah.

Taraf hidup menjadi lebih meningkat

Adanya fintech membuat masyarakat dapat memiliki kemudahan akses dalam hal pendanaan. Mereka bisa memanfaatkan dana tersebut untuk membiayai kebutuhannya. Dengan demikian, taraf hidup masyarakat bisa menjadi lebih meningkat.

Membantu perputaran ekonomi

Tentunya dengan akses keuangan yang mudah dan cepat akan bisa mendorong perputaran ekonomi menjadi lebih cepat. Dengan demikian, maka bagi para pelaku usaha yang memerlukan modal akan bisa memperoleh pinjaman secara cepat dan bunga yang relatif rendah.

Jenis-Jenis Fintech

Adapun Jenis-Jenis fintech diantaranya adalah sebagai berikut:

Digital Payment System

Digital payment system layanan keuangan yang bergerak dalam bidang penyediaan pembayaran seperti pembayaran tagian listrik, PDAM, pulsa, paket data, kartu kredit dan lain-lain tanpa harus keluar rumah karena cukup dilakukan dengan smartphone.

Payment Gateway

Payment Gateway merupakan penghubung antara pelanggan dengan perusahaan fintech khususnya dalam hal transaksi keuangan, dimana dalam teknologi ini telah dilandasi hukum dari Bank Indonesia sehingga transaksinya aman.

Investasi

Investasi merupakan bentuk menanamkan modal, baik itu secara langsung maupun tidak, dengan harapan suatu saat pemilik modal bisa mendapatkan keuntungan dari hasil penanaman modal yang dilakukan. Hadirnya fintech ini memudahkan dalam hal melakukan investasi. Tidak heran saat ini telah hadir banyak aplikasi investasi yang menydiakan layanan online, misalnya investasi reksadana hingga investasi bitcoin.

Microfinancing

Microfinancing adalah layanan keuangan yang telah disediakan perusahaan fintech untuk membantu masalah keuangan yang dialami oleh masyarakat kelas menengah ke bawah.

Crowdfunding

Crowdfunding merupakan penggalangan dana dimana perusahaan fintech yang menawarkan layanan ini mengajak kepada masyarakat untuk melakukan penggalangan dana pada sebuah program tertentu.

Peer to Peer (P2P) Lending

P2P lending adalah layanan yang menawarkan pendanaan dan penerimaan pendanaan dimana dalam layanan ini akan mempertemukan antara investor dengan mereka yang sedang memerlukan dana untuk keperluan modal usaha dan lain sebagainya.

Market Comparison

Market Comparison teknologi yang dipakai untuk membandingkan produk keuangan dari penyedia jasa keuangan untuk perencanaan finansial.

Manajemen Aset

Manajemen Aset merupakan jenis layanan fintech yang digunakan untuk pengelolaan keuangan. Dengan adanya Manajemen aset, maka pengelolaan keuangan menjadi hal yang mudah.

Remitansi

Remitansi adalah jenis fintech yang memberikan layanan untuk pengiriman uang antar Negara. Tujuan remitansi adalah membantu masyarakat yang tidak mempunyai rekening bank dalam negeri maupun luar negeri untuk melakukan sebuah transaksi.

Insurtech

Insurtech merupakan platform yang menawarkan produk asuransi, yang memudahkan masyarakat untuk mengakses layanan asuransi mulai dari produk asuransi, evaluasi, data nasabah dan juga pembelian polis.

Demikian penjelasan tentang pengertian fintech manfaat dan jenis-jenisnya, semoga penjelasan tersebut dapat bermanfaat.