--> Skip to main content
Menu

Pengertian Properti Manfaat dan Keuntungan Berbisnis Properti

Istilah Properti menjadi salah satu istilah yang sering ada ketika sedang membicarakan tentang tanah atau rumah. Dalam pembicaraan tersebut tidak jarang juga berhubungan dengan istilah bisnis properti. Properti sendiri bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat bagi seseorang yang ingin berbisnis atau berinvestasi dalam jangka panjang. Lalu sebenarnya apa itu properti? Apa manfaatnya dan apa saja keuntungan berbisnis properti? Simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Properti

Pengertian Properti

Istilah properti sering kali dikaitkan dengan tanah yang luas atau bangunan yang mewah, tetapi sebenarnya satu petak tanah pun sudah dapat dikatakan sebagai properti apabila sudah memiliki hak milik yang sah secara hukum. Jadi, pengertian properti adalah penyebutan untuk tanah atau bangunan yang dimiliki oleh seseorang. Bisa dikatakan bahwa properti tidak hanya sebatas bangunan yang telah berdiri kokoh, akan tetapi juga meliputi keterangan tanah dan bangunan yang berdiri di atasnya. Sedangkan berdasarkan KBBI, properti adalah harta dalam bentuk tanah, bangunan dan sarana-prasarana yang tidak terpisahkan dari hak milik tanah atau bangunan yang dimaksudkan.

Dilihat dari penjelasan pengertian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa pengertian properti yaitu suatu hak, baik itu berupa hak milik, hak guna, atau hak sewa untuk memanfatkan suatu bangunan, sebidang tanah dan juga apa saja yang berada di atas lahan tanah tersebut.

Manfaat Properti

Seperti yang telah diketahui bahwa properti merupakan aset yang bisa memberikan berbagai manfaat bagi pemiliknya. Terlebih lagi apabila didukung dengan adanya kemajuan ekonomi secara global, dimana hal tersebut dapat membuat properti menjadi semakin dipentingkan. Lalu, apa saja manfaat properti? Berikut ini adalah penjelasannya:

1. Sebagai agunan Bank

Properti dapat dijadikan sebagai agunan atau jaminan ketika mengajukan pinjaman di bank. Dalam hal ini properti menjadi jaminan yang paling dipertimbangkan untuk disetujui oleh Bank dibandingkan dengan harta yang lainnya ketika mengajukan pinjaman.

2. Penghasilan Tetap

Manfaat properti yaitu dapat disewakan baik itu dalam jangka waktu pendek maupun panjang. Hal tersebut tentu bisa membuat pemilik properti memiliki penghasilan tetap yang pasif.

3. Tidak Terpengaruh oleh Inflasi

Manfaat properti selanjutnya yaitu menjadi salah satu aset yang tidak terpengaruh oleh inflasi. Dimana properti ini menjadi aset yang setiap tahunnya harganya selalu naik.

Keuntungan Melakukan Bisnis Properti

Apabila dilihat dari beberapa manfaat properti yang ada, maka tidak heran jika saat ini banyak orang yang memilih properti sebagai sarana untuk berbisnis atau berinvestasi. Bisnis properti merupakan bisnis yang bergerak dalam bidang kepemilikan properti yang dapat dilakukan oleh perorangan maupun perusahaan. Kegiatan dalam bisnis properti diantaranya yaitu sewa-menyewa properti hingga jual beli properti.

Tentunya setiap bisnis ditujukan untuk mendapatkan keuntungan, termasuk juga dalam bisnis properti. Adapun beberapa keuntungan dari bisnis properti yang bisa didapatkan diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Harganya akan terus mengalami kenaikan setiap tahunnya

Setiap tahunnya, harga jual properti di Indonesia akan selalu mengalami kenaikan, sehingga tidak heran jika aset jenis properti banyak diminati oleh para pebisnis.

2. Kebal terhadap adanya inflasi

Seperti yang telah diterangkan di atas, properti menjadi salah aset yang kekayaan yang kebal terhadap inflasi. Dimana terjadinya inflasi ini tidak akan dapat mempengaruhi nilai suatu properti. Jadi akan sangat menguntungkan jika menjalankan bisnis properti karena kemungkinan besar bisnis properti ini tidak akan terganggu oleh inflasi.

3. Nilai jual yang tinggi di tempat yang strategis

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika lokasi properti yang strategis mempunyai harga yang tinggi. Meskipun dijual dengan harga tinggi, kebutuhan tanah dan bangunan di lokasi yang strategis akan selalu ada bahkan akan selalu mengalami peningkatan.

Demikian penjelasan yang dapat kami tulis tentang pengertian properti manfaat dan keuntungan berbisnis properti, semoga penjelasan yang telah kami tulis di atas dapat bermanfaat.