--> Skip to main content
Menu

Pengertian Bisnis dan Tips Sukses Bisnis Bagi Pemula

Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh seseorang dalam menambah penghasilan untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidupnya. Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan mendirikan bisnis. Nah, apa itu bisnis? Bagi kamu yang belum tahu tentang pengertian bisnis, maka bisa menyimak penjelasannya di sini. Selain itu, untuk menambah pengetahuan tentang bisnis kamu bisa memahami tentang tips sukses bisnis bagi pemula di sini.

Pengertian Bisnis

Pengertian Bisnis

Bisnis merupakan istilah yang diambil dari bahasa Inggris yaitu busy yang artinya sibuk dalam konteks individu, komunitas, maupun masyarakat. Sibuk artinya mengerjakan berbagai pekerjaan atau aktivitas yang dapat mendatangkan keuntungan.

Secara umum pengertian bisnis adalah kegiatan produksi, penjualan atau pembelian maupun pertukaran barang dan jasa yang melibatkan orang maupun perusahaan. Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa pengertian bisnis adalah segala bentuk usaha yang terdiri dari berbagai aspek kegiatan. Aspek tersebut dapat meliputi produksi, komunikasi, distribusi, transportasi, pertanian, konstruksi dan berbagai sektor yang lain.

Tujuan bisnis adalah untuk memperoleh keuntungan atau laba. Selain itu ada juga beberapa tujuan yang lain dalam bisnis. Adapun tujuan lain tersebut diantaranya yaitu pengadaan barang dan jasa, pemanfaatan faktor produksi, meningkatkan kesejahteraan, dan lain-lain.

Tips Sukses Bisnis Bagi Pemula

Bagi para pemula yang akan mulai menjalankan bisnis tentunya perlu memahami beberapa Tips sukses bisnis bagi pemula supaya nantinya bisnisnya bisa berjalan dengan lancar. Adapun beberapa tips tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

Menentukan Ide bisnis

Dalam memulai sebuah bisnis maka hal pertama yang perlu dilakukan yaitu menentukan ide bisnis. Ide bisnis ini bisa didasarkan pada minat, keahlian, kebutuhan pasar dari pelanggan. Selain hal itu, perlu juga menganalisis pesaing agar bisa tahu bagaimana bisnis bisa berbeda dan bisa lebih unggul dari pesaing.

Menyusun Business Plan

Business plan merupakan dokumen berisi tentang tujuan bisnis, strategi bisnis dan juga rencana bisnis. Dalam penyusunan business plan harus mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan juga ancaman bisnis. Bagi pebisnis pemula ini sangat penting karena bisa membantu dalam menentukan fokus dan memastikan bisnis bisa berjalan baik.

Menentukan Anggaran Dan Mencari Sumber Pendanaan

Hal penting yang perlu dilakukan bagi pebisnis pemula yaitu menentukan anggaran dan mencari sumber pendanaan. Terdapat cara yang bisa dilakukan untuk mencari sumber pendanaan diantaranya yaitu dari uang pribadi, dari investor hingga dari meminjam bank.

Mendaftarkan Legalitas Bisnis

Legalitas bisnis ini penting agar bisnis bisa telindungi dan bisa beroperasi sesuai dengan peraturan yang berlaku. Jadi, dalam memulai bisnis harus mendaftar dan memenuhi persyaratan legal yang berlaku yang prosesnya bervariasi tergantung dari jenis bisnis dan Negara beroperasinya bisnis tersebut.

Menjaga Kualitas Produk dan Layanan

Kualitas produk dan layanan menjadi hal yang penting untuk dipertahankan demi kepercayaan pelanggan sehingga bisnis bisa berjalan dengan lancar. Standar kualitas harus diukur dan ditentukan secara teratur guna memastikan produk dan layanan bisa sesuai dengan harapan para pelanggan. Selain itu untuk mengatasi persaingan penting juga untuk melakukan inovasi dan meningkatkan kualitas produk.

Pemasaran dan Promosi Bisnis

Agar sebuah bisnis bisa dikenal oleh banyak orang maka penting untuk memasarkan binis atau melakukan promosi bisnis. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk pemasaran atau promosi binis, misalnya pasang iklan di televisi, menyebarkan brosur, memasang spanduk, promosi di sosial media, hingga di website tertentu.

Menjaga Hubungan baik dengan Pelanggan

Menjaga hubungan baik dengan pelanggan ini penting dilakukan untuk memastikan kepuasan para pelanggan. Kunci menjaga hubungan baik dengan pelanggan yaitu dengan menjalin komunikasi yang baik dan memberikan pelayanan terbaik. Dengan demikian maka akan bisa membantu meningkatkan kepercayaan pelanggan dan mamastikan bisnis akan terus bertahan dan berkembang.

Mengelola Keuangan dan Akuntansi

Pengelolaan keuangan yang baik dapat memastikan bahwa uang digunakan secara efektif. Sementara sistem akuntansi yang baik dapat memastikan bahwa laporan keuangan yang dibuat itu tepat dan akurat. Dengan mengelola keuangan dan akuntansi dengan baik ini menunjukan bahwa bisnis mampu dikelola dengan baik dan bisa mencapai tujuannya.

Demikian penjelasan yang dapat kami tulis tentang pengertian bisnis dan tips sukses bisnis bagi pemula, semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat.