--> Skip to main content
Menu

Pengertian Film Dan Jenisnya

Film menjadi salah satu bentuk hiburan yang sering ditonton oleh banyak orang untuk menghibur diri setelah menjalani rutinitasnya. Untuk menonton film terbaru yang ditayangkan biasanya orang-orang berbondong-bondong datang ke bioskop. Selain itu, saat ini film juga dapat disaksikan di layar kaca maupun di layar ponsel. Lalu apa itu Film dan apa saja jenis-jenis film? Nah, jika kamu belum tahu pengertian film dan jenis-jenisnya, bisa menyimak penjelasan berikut ini.

Pengertian Film Dan Jenisnya

Pengertian Film

Film adalah media komunikasi audio visual yang tidak hanya memberikan hiburan saja, tetapi juga dapat memberikan informasi, bahkan dapat menyentuh emosi para penontonnya. Dapat juga dikatakan bahwa film merupakan media audio visual yang menggabungkan antara dua unsur yaitu unsur naratif dan unsur sinematik. Unsur naratif merupakan hal yang berkaitan dengan tema, sedangkan unsur sinematik merupakan alur atau jalan cerita secara runtun dari awal hingga selesai.

Jenis-jenis Film

Dalam perkembangannya film memiliki beragam jenis. Adapun jenis-jenis film diantaranya adalah:

Film Drama

Drama merupakan jenis film yang banyak dibuat dan mempunyai banyak peminat. Biasanya jenis film drama terinspirasi dari kegiatan-kegiatan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Kedekatan antara cerita yang ada dalam film drama dengan kehidupan nyata membuat jenis film ini banyak diminati oleh masyarakat.

Film Romantis

Film romantis dalam pembuatannya selalu dihubungkan dengan jenis film drama. Hal tersebut tidak terlepas dari kisah romansa yang tidak pernah lepas dari drama. Mungkin orang tidak akan suka ketika menonton film romantis yang hanya berjalan mulus tanpa disertai dengan drama atau konflik.

Film Aksi

Film aksi atau film laga merupakan film yang adegan-adegan di dalamnya sebagian besar memperlihatkan aksi yang dapat memacu adrenalin penontonnya. Biasanya jenis film aksi itu menceritakan kisah si baik dan si jahat yang berhadapan lengkap disertai dengan aksi baku-hantam, kejar-kejaran bahkan tembak-tembakan.

Film Komedi

Film komedi merupakan film yang di dalamnya terdapat unsur komedi sehingga dapat membuat penonton tertawa ketika menyaksikan film ini. Biasanya jenis film ini dibuat secara ringan karena yang menjadi tujuan utamanya adalah membuat penonton tertawa.

Film Horor

Film horror selalu mempunyai segmen pasar tersendiri yang tidak pernah surut. Biasanya jenis film horror ini menayangkan teror hantu atau sesuatu yang menyeramkan yang dapat membuat bulu kuduk penontonnya menjadi berdiri. Menariknya, meskipun menyeramkan masih banyak orang yang tertarik untuk menonton film horror.

Film Dokumenter

Film dokumenter merupakan film yang diambil dari dokumentasi suatu peristiwa yang nyata tanpa ditambah-tambahi dengan dramatisasi. Biasanya jenis film ini untuk mengungkap kebenaran dari suatu peristiwa bahkan dari biografi tentang seorang tokoh.

Film Animasi

Film animasi atau film kartu merupakan film yang dalam pengambilan gambarnya tidak menggunakan aktor asli. Gambar-gambar yang tayangkan biasanya digambar secara langsung oleh seorang animator sebelum dirangkai menjadi cerita dengan ditambahkan suara dari para aktornya.

Film Thriller

Film thriller merupakan film yang sangat dekat dengan jenis film aksi. Biasanya film thriller ini dipenuhi oleh aksi-aksi yang dapat memacu adrenalin, akan tetapi eksekusi dalam film ini lebih ganas jika dibanding dengan film aksi.

Film Fiksi Sains (Sci-Fi)

Film Fiksi Sains (Sci-Fi) adalah jenis film yang bertema dengan latar fiksi dengan didukung sains. Biasanya film-film fiksi sains mengangkat tema robot-robot yang canggih, kehidupan luar angkasa, monster-monster yang dihasilkan oleh imajinasi kreatornya.

Film Fantasi

Film fantasi merupakan film yang menceritakan hal-hal yang tidak masuk akal atau mustahil. Ide film ini biasanya berasal dari fantasi sang kreator ketika membuat sebuah cerita.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan tentang pengertian film dan jenisnya, semoga dapat bermanfaat.