--> Skip to main content
Menu

Pengertian Fashion dan Faktor Yang Mempengaruhi Fashion

Tidak dapat dipungkiri bahwa berbagai informasi yang dimuat di media massa dapat mempengaruhi kehidupan masyarakat termasuk dalam hal fashion. Media massa, baik itu meida cetak maupun media elektronik banyak yang menyajikan informasi seputar dunia fashion. Melalui media tersebut, trend fashion seakan-akan disosialisasikan kepada masyarakat sehingga banyak masyarakat yang mengikuti trendnya. Berbicara tentang fashion, lalu seperti apa itu pengertian fashion? Apa saja faktor yang mempengaruhi perkembangan fashion? Simak penjelasannya di sini.

Pengertian Fashion

Pengertian Fashion

Kata fashion jika dilihat secara etimologi itu berasal dari Bahasa Latin “factio” yang mempunyai arti “melakukan”. Kemudian, kata tersebut diserap dalam Bahasa Inggris menjadi kata “fashion” yang berarti gaya dalam suatu budaya yang sedang popular untuk menunjang penampilan pada diri seseorang.

Secara umum fashion merupakan gaya dalam berpakaian yang popular di suatu tempat atau wilayah tertentu. Sementara fashion dalam ruang lingkup yang lebih luas tidak hanya berkaitan erat dengan gaya berpakaian saja, akan tetapi dimaknai juga sebagai gaya hidup yang ditunjukkan lewat cara mereka dalam mengenakan tas, sepatu, aksesoris, memilih tatanan make up, hingga model rambut. Biasanya fashion itu dipengaruhi oleh berbagai faktor yang ada di sekitarnya.

Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Fashion

Fashion menjadi trend yang terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Tidak heran apabila sekolah fashion menjadi industri yang tak pernah sepi dari peminat. Hal tersebut dikarenakan semakin banyaknya orang yang tertarik dengan dunia fashion.

Perkembangan fashion di Indonesia sendiri saat ini sudah mengalami perkembangan yang pesat. Tentunya perkembangan tersebut dipengaruhi oleh banyak faktor. Adapun beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan fashion diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Media Internet

Di zaman yang serba online seperti saat ini, media internet menjadi faktor yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan fashion. Di internet banyak kita temui website-website yang membahas tentang tips seputar dunia fashion. Tidak hanya itu saja, kita juga banyak menemukan marketplace yang bejualan produk-produk fashion seperti di Zalora, Shopee, Tokopedia dan lain-lain. Sehingga tidak heran jika media internet dikatakan sebagai media yang paling cepat memberikan pengaruh terhadap masyarakat dalam dunia fashion.

2. Media Massa

Selain media internet, media massa juga turut serta dalam mempengaruhi perkembangan fashion. Dimana dalam hal ini madia massa banyak yang mempublikasikan fashion secara terupdate. Dengan demikian maka dapat membuat masyarakat semakin tertarik untuk mengikuti trend fashion yang sedang berkembang.

3. Dunia Musik dan Film

Dunia musik dan film juga menjadi perantara yang mempengaruhi perkembangan trend fashion. Misalnya dalam dunia musik, kita bisa melihat banyak masyarakat terutama bagi remaja yang terpengaruh dengan trend fashion yang dikenakan oleh para boyband maupun girlband korsel. Sementara dalam dunia film, banyak masyarakat yang juga terpengaruh dengan gaya fashion dari film anime terutama bagi para remaja. Misalnya bercosplay seperti tokoh anime dalam mengikuti acara event-event tertentu.

4. Dunia Bisnis

Selanjutnya faktor yang mempengaruhi perkembangan fashion yaitu dunia bisnis. Banyak diantara designer fashion yang bersaing dalam membuat trand fashion dengan membuat dan merancang pakaian. Sehingga sekarang ini designer fashion telah merambah ke dalam dunia bisnis dan industri.

Demikian penjelasan yang dapat kami tuliskan tentang pengertian fashion dan faktor yang mempengaruhi fashion. Semoga penjelasan yang telah kami tulis dalam artikel ini dapat bermanfaat bagi kamu.